1. Kehamilan

Water Birth: Manfaat, Risiko, Biaya, & Tips. Wajib Tahu!

Bunda yang berencana untuk melakukan persalinan metode water birth harus berpikir secara matang terlebih dahulu. Sebab, pada beberapa kondisi, metode melahirkan yang satu ini tidak direkomendasikan oleh dokter.

Akan tetapi, ada juga manfaat yang tidak bisa disepelekan untuk Bunda dan juga bayi. Apakah Bunda ingin tahu apa saja manfaat, risiko, biaya, hingga tipsnya? Simak artikel ini sampai habis ya, Bund!

5 Manfaat Metode Persalinan Water Birth

Manfaat Melahirkan dengan Metode Water Birth (sumber - Mamapapa ID)
Manfaat Melahirkan dengan Metode Water Birth (sumber – Mamapapa ID)

Bunda, water birth adalah metode melahirkan yang dilakukan di dalam air dan diketahui bisa mengurangi rasa sakit saat persalinan. Metode bersalin ini semakin populer karena banyak artis dan influencer banyak menggunakannya. Maka dari itu, yuk simak beberapa keunggulan water birth di bawah ini. 

1. Bisa Mengurangi Rasa Sakit 

Saat tubuh Bunda berada di air hangat, ada respons kimiawi dalam tubuh yang bisa meningkatkan hormon oksitosin dan endorfin. Hormon oksitosin menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks dan mengatur intensitas kontraksi pada otot vagina. Sementara itu, hormon endorfin membantu mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.

2. Proses Persalinan Lebih Cepat

Berdasarkan penelitian, total durasi persalinan dengan metode ini lebih pendek daripada persalinan normal yang dilakukan di atas tempat tidur biasa. Bisa jadi karena rasa nyaman karena berada dalam air, sehingga membuat Bunda bisa melahirkan lebih cepat.

3. Melahirkan Jauh Lebih Nyaman

Melahirkan di dalam air bisa memudahkan Bunda untuk mengubah posisi untuk menemukan posisi yang nyaman, mengingat persalinan biasa dilakukan dalam posisi telentang saja. Saat water birth, Bunda bisa melahirkan dengan posisi berlutut sambil berpegangan pada sisi kolam dan pasangan.

4. Mengurangi Risiko Vagina Robek 

Selain bisa meredakan kecemasan dan membuat nyaman, selama proses persalinan di air hangat juga membuat lapisan perineum (otot antara kelamin dan anus) menjadi lebih elastis dan rileks. Tentunya, hal ini dapat meminimalisir risiko robeknya vagina Bunda.

5. Mengurangi Trauma pada Bayi

Si kecil yang lahir dengan metode persalinan ini umumnya lebih rileks dan tidak menangis sampai mereka kering dan terpapar udara. Mengapa hal ini bisa terjadi?  Karena hangatnya air kolam mirip dengan dengan suhu di rahim Bunda. Oleh karena itu, persalinan ini dianggap mengurangi trauma bagi bayi.

5 Risiko Persalinan Water Birth

Tampaknya menyenangkan ya kalau Bunda bisa melahirkan dengan metode ini. Akan tetapi, sama seperti metode melahirkan lainnya yang juga punya beberapa risiko dan wajib diketahui. Jadi, untuk Bunda yang ingin melahirkan dengan water birth, harus mempertimbangkan beberapa risikonya.

1. Dapat Menyebabkan Infeksi pada Bayi

Sterilitas air adalah risiko terbesar dari metode persalinan ini. Walaupun air sudah dikatakan steril, namun selama proses melahirkan bisa terkontaminasi dengan mudah. Kontaminasi bisa didapatkan dari kotoran saat Bunda saat mengejan, sehingga bayi rawan terkena infeksi bakteri, vius, maupun jamur. 

2. Bayi Rawan Tenggelam

Ada juga risiko tenggelam yang bisa membuat paru-paru bayi terisi dengan air. Untuk itu, sangat diperlukan tenaga medis yang ahli dan berpengalaman agar dapat segera menempatkan kepala bayi di atas permukaan air sesaat setelah lahir. 

3. Mengakibatkan Aspirasi Mekonium 

Aspirasi mekonium adalah kondisi dimana bayi menghirup cairan ketuban yang telah terkontaminasi oleh fesesnya sendiri, sehingga dapat menyebabkan masalah pernapasan. Mekonium memang normal dimiliki setiap bayi, namun akan menjadi masalah jika bercampur dengan air ketuban dan terminum oleh bayi. 

4. Suhu Tubuh Bayi harus Sangat Diperhatikan

Selama proses persalinan, suhu air harus dijaga dan terus dikontrol agar tetap hangat. Sebab suhu yang tidak tepat bisa membuat bayi hipotermia, sementara suhu air yang terlalu panas bisa membuat bayi panas dan kulitnya bisa mengalami iritasi.

5. Robeknya Tali Pusar

Dalam persalinan ini, bayi akan cepat-cepat dibawa ke atas permukaan air ketika ia lahir, sehingga menimbulkan risiko tali pusarnya robek. Robeknya tali pusar ini membuat janin dapat kehilangan banyak darah dan menyebabkan anemia neonatal.

Biaya Water Birth di Indonesia

Biaya Water Birth di Indonesia (sumber - Kumparan)
Biaya Water Birth di Indonesia (sumber – Kumparan)

Selain bermanfaat, hingga saat ini metode water birth masih ada pro kontra untuk diterapkan di Indonesia. Bahkan pada tahun 2016, Persatuan Obstetri dan Ginekologi (POGI) akan mencabut rekomendasi anggota dokter kandungan yang mendukung metode persalinan ini karena risiko yang ditimbulkan.

Untuk biaya water birth sendiri, nominalnya tak jauh berbeda dengan vaginal birth normal, kok. Kisaran harganya ada di Rp 4,500,000 sampai Rp 15,000,000,  belum termasuk dengan obat, pemeriksaan, dan lainnya.

Tips Melahirkan Metode Water Birth

Tips Melahirkan Water Birth (sumber - Detik Health)
Tips Melahirkan Water Birth (sumber – Detik Health)

1. Selalu Konsultasikan Dengan Dokter

Memilih cara melahirkan dengan metode water birth tidak bisa diputuskan dengan cepat, Bunda harus berkonsultasi dengan dokter. Sebab ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak sesuai dan dilarang untuk memakai metode ini. Misalnya si kecil dalam posisi sungsang, bayi kembar, punya komplikasi kehamilan, dan lain sebagainya.

2. Pilih Klinik dengan Tenaga Profesional dan Reputasi yang Baik

Giatlah mencari tahu klinik dan dokter yang sudah sering melakukan persalinan water birth. Selain itu cari juga dokter berpengalaman yang bisa membantu persalinan Bunda. Jangan cepat memutuskan jika klinik mempunyai reputasi yang buruk dari pelanggan.

Baca juga: Kenali Proses Bayi Tabung: Tahapan dan Biaya yang Dibutuhkan

Sudah tahu kan manfaat dan risiko metode persalinan water birth hingga tipsnya? Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi! Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kehamilan supaya aman hingga hari persalinan ya, Bund.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Water Birth: Manfaat, Risiko, Biaya, & Tips. Wajib Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]