1. Kehamilan

9 Tips Agar Melahirkan Normal yang Lancar dan Tidak Sakit

Kelahiran buah hati adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh para calon orang tua. Namun tak jarang, beberapa ibu justru merasa khawatir dan cemas akan prosesi kelahiran yang identik dengan rasa sakit. Belum lagi memikirkan jenis persalinan mana yang akan ditempuh, apakah itu persalinan normal atau operasi caesar. Lantas, adakah tips melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit? Bunda Times telah merangkum informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Rutin Senam Yoga

Rutin Senam Yoga (sumber: Pixabay)
Rutin Senam Yoga (sumber: Pixabay)

Tips Agar Melahirkan Normal yang Lancar dan Tidak Sakit yang pertama adalah dengan rutin berolahraga, salah satunya olahraga yoga. Yoga merupakan pilihan olahraga yang baik bagi ibu hamil karena intensitasnya yang rendah dan efeknya yang dapat menguatkan otot-otot paha, perut, dan punggung. Tak hanya itu, yoga dipercaya dapat mengatur dan melatih pernapasan Bunda sebagai persiapan menjelang proses persalinan.

Ibu hamil disarankan melakukan prenatal yoga pada trimester kedua kehamilan karena pada trimester pertama, dikhawatirkan belum sepenuhnya kuat untuk melakukan gerakan-gerakan yoga. Beberapa pose prenatal yoga yang dapat dipraktekkan di rumah adalah duduk dengan menyilangkan kaki dengan menegakkan badan (sukhasana), child pose (balasana), Butterfly Pose atau (Baddha Konasana), dan banyak lagi.

2. Melakukan Gerakan Jongkok

Melakukan Gerakan Jongkok (sumber: Pixabay)
Melakukan Gerakan Jongkok (sumber: Pixabay)

Melakukan gerakan jongkok juga dapat menjadi salah satu Tips Agar Melahirkan Normal yang Lancar dan Tidak Sakit. Tidak semua orang mampu berjongkok dalam kurun waktu yang lama, apalagi pada ibu hamil yang tengah berbadan dua. Oleh karena itu, diperlukan latihan yang rutin.

Posisi jongkok dipercaya mampu membuka area panggul mengurangi spasme  alias tegang pada otot punggung, bahu, hingga leher. Untuk mempraktekkannya, Bunda bisa mengambil referensi dari gerakan yoga squat pose atau Malasana. Lakukan gerakan tersebut secara rutin minimal 5 menit dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu fokus pada latihan pernapasan.

3. Menciptakan Suasana yang Tenang

Menciptakan Suasana yang Tenang (sumber: Pixabay)
Menciptakan Suasana yang Tenang (sumber: Pixabay)

Menciptakan suasana yang tenang dan membiasakannya dalam aktivitas sehari hari selain bisa mengurangi stres, juga dapat dikategorikan sebagai tips agar melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit. Ketenangan dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuat emosi lebih stabil sehingga Bunda lebih siap secara psikis dalam menghadapi persalinan. 

Menciptakan suasana yang tenang di lingkungan sekitar, utamanya rumah tidak bisa dilakukan tanpa kerjasama antar anggota keluarga. Mulailah membiasakan untuk melakukan aktivitas secara halus dan perlahan, seperti menghindari argumen, menutup perabot rumah secara pelan, sampai memainkan musik klasik yang bernuansa kalem.

4. Pijat Perineum

Pijat Perineum (sumber: Pixabay)
Pijat Perineum (sumber: Pixabay)

Bunda mungkin kurang familiar dengan jenis pijat yang satu ini. Pijat perineum secara medis dapat diartikan sebagai gerakan pijatan untuk ibu hamil yang dilakukan secara berkala mulai trimester akhir kehamilan. Pijat perineum dimaksudkan agar otot-otot yang berada pada jalan lahir bayi lebih rileks dan lentur. 

Cara melakukan pijat perineum cukup mudah. Bunda cukup mengoleskan minyak pada area jalan lahir atau vagina dan sekitarnya, kemudian masukkan jari telunjuk, jari tengah, atau bisa keduanya dalam satu inci ke dalam vagina dan mulai tekan-tekan otot arah anus. Ulangi gerakan pijat hingga otot dirasa lebih rileks. 

Disarankan untuk mengompres area sekitar bekas pijatan dengan air hangat agar lebih rileks. 

5. Selalu Aktif

Selalu Aktif (sumber: Pixabay)
Selalu Aktif (sumber: Pixabay)

Meskipun terkesan sederhana, menjaga fisik agar tetap aktif selama masa kehamilan dapat membantu memperlancar proses persalinan, lho, Bunda! Lakukan aktivitas olahraga ringan di samping aktivitas sehari-hari seperti berjalan-jalan keliling kompleks. Dengan selalu aktif, Bunda dapat menjaga kesehatan otot-otot jantung sekaligus menyiapkan otot-otot untuk persalinan.

6. Latihan Gerakan Panggul (Kegel)

Senam Kegel (sumber - KlikDokter)
Senam Kegel (sumber – KlikDokter)

Selain gerakan yoga, ada gerakan lain yang termasuk dalam tips agar melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit. Gerakan tersebut tidak lain adalah gerakan senam kegel yang identik dengan gerakan panggul. Fungsi utamanya memang untuk menguatkan otot-otot panggul, tetapi ada fungsi atau manfaat lain yang tak kalah penting, yaitu dapat mencegah inkontinensia urine yang biasa terjadi pada ibu hamil. 

Sebenarnya, otot manakah yang akan dilatih dalam senam kegel? Spesifiknya adalah otot yang biasa digunakan untuk menahan air kencing. Cara melakukannya juga amat mudah. Bunda tinggal menentukan posisi yang dirasa rileks, bisa dengan duduk maupun berdiri dan perlahan-lahan kencangkan otot tersebut, tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan. Lakukan sebanyak 10-15 kali dalam sehari. 

7. Melahirkan dalam Air

Water Birth (sumber: Pixabay)
Water Birth (sumber: Pixabay)

Dalam kurun beberapa tahun water-birth alias persalinan dalam air menjadi populer karena dipercaya dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Banyak rumah sakit yang telah menyediakan layanan khusus ini. Persalinan dalam air bisa dilakukan dengan menyiapkan bak untuk melahirkan yang telah diisi air hangat bersuhu maksimal 37,5 derajat celcius. Air hangat inilah yang digunakan supaya otot-otot tidak kaku dan menegang.

8. Terapi Sentuhan

Terapi Sentuhan (sumber: Pixabay)
Terapi Sentuhan (sumber: Pixabay)

Tips agar melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit yang berikutnya adalah dengan memberikan sentuhan sebagai dukungan pada ibu yang tengah bersalin. Terapi sentuhan bisa dilakukan oleh suami atau orang yang mendampingi proses persalinan. Lakukan pijatan, genggaman, hingga pelukan sebagai tanda dukungan pada ibu. Tak hanya itu, jika memungkinkan, terapi sentuhan dapat digunakan oleh tenaga medis untuk menginduksi persalinan alami dengan teknik-teknik tertentu.

9. Menggunakan Bius Lokal

Menggunakan Bius Lokal (sumber: Pixabay)
Menggunakan Bius Lokal (sumber: Pixabay)

Cara terakhir sebagai tips agar melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit kali ini hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis yang menangani proses persalinan. Bius lokal ini diperlukan apabila dibutuhkan sayatan lanjutan untuk memperlancar jalan lahir bayi. Bius lokal akan disuntikkan di bagian episiotomi atau sekitar vagina.

Itulah tadi deretan tips agar melahirkan normal yang lancar dan tidak sakit bagi ibu hamil yang bisa dipraktekkan di rumah. Semoga informasi ini membantu Bunda!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Tips Agar Melahirkan Normal yang Lancar dan Tidak Sakit

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]