1. Kehamilan

13 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Bunda Ketahui!

Para calon bunda, menantikan kehadiran sang buah hati tentu adalah momen yang sangat mendebarkan sekaligus menyenangkan. Terutama untuk para bunda yang sudah memasuki trimester ketiga. Tapi, bunda tahu nggak sih, apa tanda-tanda mau melahirkan?

Nah, di artikel kali ini, Diary Bunda mau mengajak para calon bunda dan calon ayah untuk mengetahui tanda-tanda akan melahirkan dalam kurun waktu satu minggu, dan tanda-tanda melahirkan normal. Yuk, kenali tanda-tandanya berikut ini. 

Tanda Tanda Mau Melahirkan Seminggu Lagi

Berikut ini adalah tanda-tanda mau melahirkan dalam satu minggu lagi. Apakah bunda mengalami salah satu ciri-ciri di bawah ini? 

Tanda Tanda Mau Melahirkan Seminggu Lagi (sumber: Healthline)
Tanda Tanda Mau Melahirkan Seminggu Lagi (sumber: Healthline)

1. Berat Badan Menyusut

Tanda-tanda mau melahirkan yang pertama adalah berat badan bunda yang menyusut. Menjelang persalinan, berat badan sebagian bunda akan menurun. Akan tetapi, bunda tidak perlu khawatir akan berpengaruh terhadap bayi karena hal tersebut normal terjadi.   

2. Mood Swing

Tidak semua gejala mau melahirkan berupa gejala pada fisik. Tanda-tanda yang ditimbulkan juga bisa berupa perubahan mood, loh, bunda. Perubahan mood atau mood swing disebabkan oleh hormon estrogen yang mengatur suasana hati yang dikaitkan dengan kecemasan dan meningkatnya emosional menuju hari persalinan. 

3. Susah Tidur

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa tanda-tanda mau melahirkan salah satunya adalah kualitas tidur seorang ibu yang akan menurun. Tanda-tanda tersebut sangat umum dirasakan oleh para bunda karena didukung oleh perasaan gelisah saat menjelang hari persalinannya. 

4. Janin Turun Ke Bawah

Dalam kurun waktu satu pekan, tanda-tanda mau melahirkan yang akan mulai dirasakan oleh bunda adalah janin yang berpindah turun ke area panggul. Dalam istilah medis, hal ini dinamakan sebagai lightening, di mana bayi akan berpindah posisi ke jalan keluar lahir. Kepala bayi akan turun ke daerah panggul selama beberapa minggu terakhir. Bunda akan merasakan sesak nafas saat mau duduk karena adanya tekanan di panggul dan rektal. 

5. Serviks Mengembang

Satu pekan menjelang hari persalinan, leher rahim/serviks mulai mengembang dan mengecil. Seiring dengan mengembangnya serviks, akan menimbulkan rasa sakit saat persalinan. Maka dari itu, wajib bagi para bunda untuk mengukur pelebaran dan penipisan melalui tes internal kepada bidan atau dokter obgyn.  

Tanda Tanda Mau Melahirkan Bayi Normal

Tahukah bunda, bahwa tanda-tanda mau melahirkan bayi normal yang paling umum dirasakan adalah timbulnya kontraksi rahim yang spontan dan teratur sehingga menyebabkan perlunakan serta pembukaan mulut rahim. Yuk, kita simak bersama ciri-ciri melahirkan normal berikut ini

Tanda Tanda Mau Melahirkan SBayi Normal (sumber: Parents)
Tanda Tanda Mau Melahirkan SBayi Normal (sumber: Parents)

1. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda mau melahirkan yang dialami para calon bunda yang pertama adalah sering buang air kecil. Ciri yang satu ini disebabkan karena posisi bayi di perut yang semakin menurun dan memberikan tekanan pada paru-paru sehingga mendesak kandung kemih. 

2. Diare

Jangan panik dulu ya, bunda. Diare ini bukan disebabkan karena salah makan, melainkan karena otot-otot pada bagian tubuh bunda yang meregang termasuk pada bagian dubur. Akan tetapi, faktor hormonal dan konsumsi vitamin prenatal juga tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab terjadinya diare dalam tanda-tanda mau melahirkan. 

3. Sakit Punggung & Kram Pada Perut

Tanda-tanda melahirkan bayi normal yang ketiga adalah sakit pada bagian punggung yang disertai dengan kram perut. Biasanya, sakit yang dirasakan adalah di punggunng bagian bawah dan kram perut yang mirip dengan sakit saat menstruasi. 

Hal ini dikarenakan otot serta persendian bunda yang meregang dan bergeser. Namun bagi beberapa perempuan akan merasakan sakit yang berbeda karena perubahan posisi bayi. Nyeri punggung juga disertai dengan kontraksi yang dirasakan di titik lain. 

4. Persendian Meregang

Selama masa kehamilan, hormon relaxin yang dimiliki bunda, telah membuat ligamen melonggar. Saat sebelum melahirkan, bunda mungkin akan merasakan sendi dan otot yang lebih rileks dan sedikit kurang kencang. 

Hal ini disebabkan oleh sendi dan otot bunda yang bergeser dan meregang. Dengan meregangnya persendian, menjadi salah satu cara alami untuk membuka panggul agar memudahkan bayi lahir dengan lancar 

5. Bibir Vagina Mulai Membengkak

Dalam fase akhir kehamilan, labia (bibir vagina) bunda akan mulai membengkak. Dikarenakan posisi bayi yang semakin ke bawah sehingga memberikan lebih banyak tekanan pada vagina. 

Selain bibir vagina yang membengkak, lendir cairan serviks dan flek darah akan keluar di antara minggu ke 37 dan 40. Bunda diharapkan untuk tidak panik karena hal tersebut normal dan mampu membantu melindungi bayi dari kuman dan bakteri.

6. Sangat Kelelahan

Ketika hamil tentu perut menjadi buncit ya, bunda. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab kandung kemih yang aktif dan kelelahan. Ketika mengalami kelelahan, terkadang juga bisa membuat bunda merasa kesulitan untuk tidur nyenyak pada malam hari.  

Akan tetapi, bunda bisa mengatasinya dengan tidur siang yang maksimal untuk menghindari kesulitan tidur saat malam. Tanda-tanda ini tidak umum dialami oleh para calon bunda. Ada beberapa bunda yang justru sangat enerjik mendekati hari persalinan. 

7. Leher Rahim Menipis

Leher rahim atau serviks yang menipis juga merupakan salah satu ciri-ciri sang bayi akan lahir ke dunia. Serviks yang dimiliki oleh para calon bunda ini akan menipis atau bahkan menghilang. Kontraksi menjadi salah satu penyebab terjadinya penipisan dan pelebaran serviks. 

9. Air Ketuban Pecah

Tanda-tanda mau melahirkan yang terakhir adalah pecahnya air ketuban. Air ketuban akan pecah secara alami pada periode akhir kehamilan. Kantung yang berisi cairan amnion tersebut akan keluar melalui serviks dan vagina.  

Tips Menjalani Persalinan Normal Dengan Lancar

Tips Menjalani Persalinan Normal Dengan Lancar (sumber: Healthline)
Tips Menjalani Persalinan Normal Dengan Lancar (sumber: Healthline)

Proses persalinan normal tentu sangat diidam-idamkan bagi para bunda yang sedang mengandung. Akan tetapi, untuk bisa menjalankan persalinan secara normal ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar persalinan berjalan lancar. Simak tipsnya berikut ini. 

  1. Membaca buku dan mencari informasi tentang kehamilan dan proses persalinan. Sangat penting untuk dilakukan para calon ibu untuk mencari tahu serba-serbi dalam masa kehamilan seperti menjaga kesehatan, mengatur pola hidup hingga tiba saatnya proses persalinan.
  2. Temukan dokter yang tepat. Biasanya, para calon bunda harus memiliki setidaknya satu bidan atau dokter yang telah dipercaya dan saling terhubung. Menemukan dokter yang tepat sangat berguna demi kelancaran persalinan agar informasi yang diterima para calon bunda akan sangat membantu. 
  3. Mempertimbangkan rencana kelahiran. Faktor ini juga sangat penting agar para calon bunda agar dapat lebih siap ketika proses melahirkan. 
  4. Belajar menghadapi kontraksi. Salah satu hal yang paling berar ketika proses melahirkan adalah kontraksi yang datang menjelang hari persalinan. Untuk itu, baik pagi para bunda untuk belajar mengatur napas dan rileks. 

Berikut tadi adalah tanda-tanda mau melahirkan yang gejalanya mungkin sama dengan bunda. Ingat, jangan panik dan segera rumah sakit atau rumah bersalin terdekat jika tanda-tanda di atas sudah mulai dirasakan oleh bunda. Ikuti terus artikel parenting dan kesehatan lainnya hanya di laman Diary Bunda. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 13 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Bunda Ketahui!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]