1. Kehamilan

Inilah 18 Tanda Tanda Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu!

Mengenali tanda kehamilan di minggu-minggu awal sangat penting loh, Bunda. Ketika mengetahui kehamilan maka hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan perawatan terbaik sehingga kehamilan dapat berjalan dengan sehat. 

Namun bagi sebagian orang tanda-tanda kehamilan di minggu pertama sering kali tidak disadari dan tidak menimbulkan banyak tanda-tanda. Atau bahkan terkadang beberapa Bunda malah mengabaikan tanda-tanda tersebut. Padahal hadirnya buah hati di dalam rahim merupakan sesuatu yang ditunggu oleh banyak pasangan. 

Tanda Tanda Hamil 1 Minggu

Bunda perlu mengetahui siklus ovulasi terjadi pada hari ke 13-20 setelah HPHT yang akan menentukan tanggal pembuahan. Ovulasi akan menjadi pengaruh siklus haid seorang wanita. Kebanyakan wanita biasanya mengalami siklus menstruasi 28 hari, namun sebagian wanita lainnya mengalami siklus yang berbeda. 

Mencatat siklus menstruasi sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala apakah seorang perempuan sedang mengalami masalah atau tidak pada sistem reproduksinya. Tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama yang sangat dasar adalah tidak terjadi haid. Masih ada beberapa gejala lagi, yuk simak informasi lengkapnya. 

1. Mual dan Muntah

Banyak perempuan akan mengalami gejala mual dan muntah ketika hamil minggu pertama. Gejala ini dikenal pula sebagai morning sickness dan dapat terjadi kapan dan di mana saja.  Mual dan muntah akan menjadi gejala hamil muda selama 2-3 bulan. 

2. Kram Perut

gejala kehamilan muda
Kram perut adalah tanda-tanda awal kehamilan (Sumber: Pixabay)

Gejala tanda-tanda kehamilan muda selanjutnya adalah kram perut yang terkadang disertai dengan bercak darah. Hal ini terjadi karena proses implantasi janin ke rahim. Bercak darah ini akan lebih sedikit daripada darah haid dengan warna darah kecoklatan. Bercak darah akan keluar maksimal selama 3 hari, apabila lebih dari itu disarankan untuk ke dokter. 

3. Payudara dan Puting Berubah

Perubahan yang terjadi pada tubuh ketika hamil muda adalah payudara akan terlihat lebih besar. Bentuknya akan terasa lebih halus dan lembut serta area areola yang menjadi lebih gelap serta membesar. Bagian puting juga akan menjadi lebih besar dibandingkan biasanya, hal ini sangat wajar sehingga Bunda tidak perlu khawatir.  

4. Perut Kembung

Terjadinya perut kembung dapat menjadi tanda-tanda kehamilan minggu pertama. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dalam menjalankan proses seperti biasanya sehingga mengakibatkan kembung dan sembelit. 

5. Kelelahan

Bunda yang sedang hamil akan mengalami banyak keluhan, seperti kelelahan. Hal ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat sehingga akan menyebabkan cepat lelah. Untuk meringankan gejala ini, sebaiknya Bunda memperbanyak waktu istirahat dan tidur. 

6. Nafsu Makan Berubah

Terjadinya muntah dan mual akan membuat Bunda akan mengalami perubahan nafsu makan. Hal ini akan mengakibatkan penurunan selera makan. Kondisi ini sangat wajar, namun untuk mengendalikan rasa hamil ada baiknya Bunda minum air putih yang banyak dan memakan cemilan. 

Tanda Tanda Hamil Muda

hamil muda
Tanda-tanda hamil muda (Sumber: Pixabay)

Pada dasarnya, tanda-tanda hamil 1 minggu jarang disadari banyak perempuan. Sehingga mereka lebih banyak sadar ketika kandungan berusia lebih dari 2 minggu. Berikut tanda-tanda hamil muda. 

1. Penciuman Lebih Sensitif

Berdasarkan studi Frontiers in Psychology mengatakan bahwa perempuan yang hamil akan memiliki kepekaan hidung yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Bau-bau tertentu akan membuat seseorang menjadi lebih mudah merasa pusing, mual, muntah bahkan mood yang rusak karena wangi yang tidak sedap. Hal ini akan mempengaruhi selera makan Bunda yang hamil karena bau makanan tersebut akan terasa berbeda.

2. Telat Menstruasi

Tanda-tanda hamil yang paling dasar adalah telat menstruasi. Gejala ini menjadi awal untuk memastikan apakah ada yang aneh dengan sistem reproduksi atau terjadi kehamilan. 

3. Sakit Pinggang

Banyak perempuan yang mengeluh ketika mereka hamil mudah bawa pinggangnya menjadi lebih sering sakit. Lokasi nyeri tepat berada di bawah bagian punggung. Hal ini wajar terjadi dan tidak ada hubungannya dengan kembung ataupun sembelit. Untuk mengatasi masalah ini, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter dan menjadi posisi tidur agar mencegah sakit pinggang lebih parah.

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda hamil muda yang terkadang banyak perempuan tidak sadari adalah sering buang air kecil. Penyebab hal ini terjadi karena peningkatan hormon hCG dari aliran darah ke ginjal sehingga akan memproduksi urine lebih banyak. Hormon ini akan membuat kandung kemih tertekan dan menjadi lebih sensitif dan sulit untuk menahan rasa ingin buang air kecil.

5. Rambut Rontok

40-50% wanita hamil akan mengalami kerontokan rambut. Penyebab rontoknya rambut ini adalah perubahan hormon. 

6. Mood Swing

Tanda-tanda hamil mudah selanjutnya adalah mood swing dimana bunda yang hamil akan lebih rentan mengalami emosi yang tidak stabil dan berubah-ubah. Tidak hanya itu, tanda-tanda hamil muda yang sangat terlihat adalah Bunda menjadi lebih cepat gelisah dan marah atau bahkan menangis tersedu-sedu.

7. Sakit Kepala & Pusing

Rasa pusing dan sakit kepala merupakan tanda-tanda hamil muda selanjutnya. Banyak perempuan akan mengalami peningkatan hormon tiba-tiba dan aliran darah sehingga membuat kepala terasa sakit dan pusing.

8. Suhu Tubuh Meningkat

Gejala yang satu ini bukan demam, namun kenaikan suhu internal tubuh menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hal ini terjadi karena naiknya ovulasi, di mana peningkatan progesteron setelah masa ovulasi. Hal ini akan berlangsung selama 2 minggu dan menjadi gejala paling awal seorang Bunda sedang mengandung. 

9.  Lebih Banyak Muncul Pigmentasi Kulit

Tanda-tanda hamil muda selanjutnya adalah pigmentasi kulit, kondisi ini merupakan proses terjadinya pembentukan kulit yang terlihat gelap dibandingkan dengan area kulit di sekitar lainnya.

Hal ini mungkin cukup mengganggu bagi beberapa bunda, namun apabila munculnya pigmentasi kulit ini terjadi secara berlebihan, Bunda dapat langsung memeriksakannya ke dokter.

10. Susah Tidur

Banyak bunda yang merasakan kelelahan di awal kehamilan sehingga berdampak dengan tubuh yang susah tidur. 

11. Muncul Jerawat

Perubahan hormon yang terjadi akan membuat kulit perempuan yang sedang hamil akan menjadi lebih sensitif. Selain munculnya pigmentasi kulit, tanda-tanda hamil muda akan terjadi pada wajah yang timbul jerawat.

12. Sembelit

Tanda-tanda hamil pada perut yang terakhir adalah sistem pencernaan yang terganggu sehingga akan mengakibatkan sembelit atau konstipasi. 

Cara Melakukan Tes Kehamilan

Cara menggunakan test pack
Gambar test pack dengan dua garis merah yang berarti positif hamil (Sumber: Alo Dokter)

Selain mengetahui tanda-tanda hamil muda, maka hal selanjutnya untuk mengetahui apakah benar atau tidaknya gejala tersebut adalah menggunakan tespek untuk hasil yang akurat. Berikut cara memeriksanya:

  1. Siapkan tespek strips serta wadah kecil untuk menampung air seni.
  2. Celupkan tespek strips ke wadah pada bagian putihnya hingga berada pada garis batas MAX.
  3. Tunggu kurang lebih sekitar 5-10 detik lalu angkat tespek.
  4. Tunggu sebenarnya jika garis masih merah, lalu lihat kembali apakah muncul dua garis, merah atau tidak. Tanda dua garis merah berarti menunjukkan kehamilan, jika hanya terlihat satu garis maka hasilnya negatif.

Baca juga: 20 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir, Lengkap!

Nah itu tadi referensi mengenai tanda-tanda hamil muda yang wajib diketahui. Tanda-tanda tersebut sering kali tidak disadari dan mengecoh, sehingga ada sebaiknya langsung periksa ke dokter untuk hasil yang pasti.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah 18 Tanda Tanda Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]