1. Kehamilan

17 Tanda Pasti Hamil Ini Wajib Dipantau Saat Program Hamil!

Kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan, terutama bagi Bunda yang sedang melakukan program hamil. Hari demi hari, dan tanda demi tanda mulai Bunda pantau secara intens demi menanti kehadiran si jabang bayi. Namun, terkadang ada juga Bunda yang sedang tidak melakukan program hamil, namun mengalami beberapa hal yang mengindikasikan tanda pasti hamil.

Untuk para Bunda yang sudah tak sabar menanti kehadiran si baby bump, terutama bagi pasangan yang baru menikah, sudah tahukah apa-apa saja yang menjadi tanda pasti sebuah kehamilan? Berikut ini Diary Bunda akan sajikan beberapa tanda pasti hamil yang wajib Bunda pantau secara intens. Simak penjelasannya di bawah ini, Bund!

Pentingkah Tanda-Tanda Kehamilan untuk Diketahui?

Apa tanda pasti hamil? Mungkin begitulah pertanyaan yang muncul di benak Bunda kala menanti kehadiran si jabang bayi. Tanda-tanda kehamilan sangat penting untuk diketahui karena hal ini menyangkut keberlangsungan hidup si calon bayi. Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan, Bunda jadi semakin siap dan bisa segera memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk Bunda dan calon bayi.

Namun, tanda pasti hamil pada setiap wanita itu ternyata berbeda lho, Bund. Beberapa wanita yang sudah hamil bahkan tidak merasakan kram perut sama sekali saat awal kehamilan. Ini tentu merupakan hal yang wajar, karena hal tersebut didasari oleh respon tubuh tiap wanita yang berbeda. Secara tak langsung, hal ini membuat Bunda harus semakin memperhatikan apa saja tanda pasti hamil yang harus Bunda ketahui untuk menjaga kondisi Bunda dan calon bayi.

5 Tanda Pasti Hamil Muda yang Perlu Bunda Ketahui

Tanda Kehamilan Usia Muda (sumber: Pexels)
Tanda Kehamilan Usia Muda (sumber: Pexels)

Si calon ibu yang baru menikah, sudah tahukah tentang apa saja tanda pasti hamil muda yang wajib diketahui? Berikut ini 5 tanda pasti hamil muda beserta penjelasannya!

1. Sakit Kepala

Salah satu tanda pasti hamil muda yang seringkali tak disadari adalah sakit kepala. Sakit kepala saat hamil muda disebabkan oleh meningkatnya aliran darah di kepala, yang pada akhirnya akan membuat Bunda merasa sakit kepala.

Saat hamil, tubuh Bunda akan menerima 50% volume darah tambahan. Maka dari itu, bila Bunda merasa sakit kepala saat kemungkinan sedang hamil muda, segera periksakan ke dokter, ya!

2. Perubahan Mood

Saat hamil muda, Bunda akan mengalami perubahan mood yang tidak menentu, atau yang juga disebut dengan moodswing. Pada masa-masa ini, Bunda akan menjadi pribadi yang lebih perasa, dan memiliki mood yang lebih sensitif.

Saat mengalami perubahan mood gara-gara hamil muda, hendaknya Bunda harus tetap bisa mengontrol diri supaya orang-orang di sekitar Bunda tak merasa takut bila Bunda tiba-tiba marah-marah, ya. Hehe!

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

Tanda pasti hamil itu tak hanya terjadi bila Bunda telah mengalami telat haid, kok. Faktanya, lebih sering buang air kecil merupakan sebuah tanda pasti hamil sebelum telat haid, lho. Bahkan, beberapa ibu hamil sama sekali tak menyadari bahwa lebih sering buang air kecil merupakan salah satu tanda pasti hamil muda. 

Kondisi ini biasanya terjadi saat Bunda memasuki usia kehamilan 6-8 minggu, yang diakibatkan oleh tingginya hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Jadi, ada baiknya Bunda selalu perhatikan intensitas buang air kecil Bunda dalam sehari, ya!

4. Sembelit

Sembelit juga merupakan salah satu tanda pasti hamil muda yang harus Bunda ketahui. Susah buang air besar ini diakibatkan oleh tingginya hormon progesterone yang memperlambat kinerja usus. Hal ini akan membuat Bunda lebih susah untuk mengeluarkan feses. 

Tanda kehamilan yang satu ini biasanya terjadi saat minggu-minggu awal, namun juga tak menutup kemungkinan bahwa sembelit masih bisa Bunda rasakan hingga beberapa bulan ke depan.

5. Adanya Bercak Darah Seperti Haid

Keberadaan bercak darah yang mirip dengan haid ini seringkali dikira sebagai darah haid oleh Bunda. Adanya bercak darah yang mirip seperti haid ini merupakan salah satu tanda pasti hamil muda.

Sel telur yang sudah dibuahi bisa menempel di dinding rahim, akan menimbulkan bercak darah. Bila Bunda mengalami hal yang demikian namun dicurigai bukan darah haid, segera lakukan tes kehamilan atau periksakan diri ke dokter, Bund!

12 Tanda Pasti Hamil Pada Umumnya

Tanda Kehamilan pada Umumnya (sumber: Pexels)
Tanda Kehamilan pada Umumnya (sumber: Pexels)

Setelah membahas beberapa tanda pasti hamil muda, yuk intip penjelasan mengenai tanda pasti hamil yang umumnya terjadi pada wanita. Cek di bawah ini!

1. Terlambat Haid

Terlambat haid merupakan tanda pasti hamil yang pertama. Pada umumnya, terlambat haid akibat hamil terjadi pada 4-5 hari dari tanggal yang seharusnya. Sel telur yang menempel di dinding rahim akan berkembang menjadi janin dalam waktu 9 bulan 10 hari, dan hal ini disebabkan oleh lepasnya hormon hCG yang mengakibatkan indung telur berhenti memproduksi sel telur baru.

2. Morning Sickness

Morning sickness merupakan tanda pasti hamil yang membuat Bunda merasa mual dan ingin muntah. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena sebagian besar wanita hamil akan merasakan morning sickness saat mengandung. Jadi, Bunda yang mulai merasakan morning sickness, Bunda tak perlu khawatir karena itu bisa jadi merupakan pertanda bahwa rahim Bunda sedang dihuni oleh calon adik bayi!

3. Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan tanda pasti hamil yang selanjutnya nih, Bund. Bunda yang merasa badannya mulai merasa cepat lelah, lesu, atau bahkan tidak fit dalam melakukan aktivitas apapun, sebaiknya segera periksakan diri Bunda. Terlebih jika Bunda sedang melakukan program hamil, hal ini bisa jadi suatu pertanda baik yang mengisyaratkan bahwa Bunda akan segera dikaruniai momongan. 

4. Sakit Punggung

Tanda pasti hamil yang umum terjadi adalah sakit punggung. Namun, Bunda perlu tahu bahwa sebenarnya tak semua wanita hamil akan merasakan sakit punggung, karena setiap wanita memiliki reaksi tubuh yang berbeda menerima rasa sakit. Rasa sakit punggung yang diterima oleh Bunda bisa jadi sebuah pertanda akan hadirnya si kecil. Bila Bunda mulai merasakan rasa sakit punggung yang tak biasa saat sedang program hamil, segera periksakan kondisi Bunda ke dokter kandungan.

5. Perut Terasa Kembung

Morning sickness atau rasa mual yang Bunda rasakan bersamaan dengan perut yang terasa kembung, bisa jadi suatu tanda pasti hamil yang Bunda alami. Pada umumnya, rasa kembung di bagian perut ini terjadi saat Bunda sedang mengandung pada usia 4-6 minggu kehamilan. Kembung yang Bunda rasakan pun sebenarnya berasal dari hormon progesteron yang terus meningkat, dan berpotensi memperlambat sistem pencernaan.

6. Mulai Ngidam

Berkaitan dengan perubahan nafsu makan, tanda pasti hamil yang satu ini sangat umum terjadi, bahkan dialami oleh hampir semua wanita hamil di dunia. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan si janin dan Bunda yang sama-sama memerlukan nutrisi lebih yang berasal dari makanan. Selain itu, tubuh Bunda juga berpotensi untuk memerlukan karbohidrat ekstra selama masa kehamilan, untuk menjaga energi Bunda tetap tinggi. 

7. Rambut Rontok

Tahukah Bunda bahwa rambut rontok juga merupakan salah satu tanda pasti hamil yang umum terjadi, lho. Menurut beberapa penelitian, mencapai 50% wanita hamil mengalami rambut rontok kala mengandung, bahkan banyak wanita hamil yang memilih untuk memotong rambut mereka menjadi pendek. Hal ini bukan tanpa alasan, rambut rontok yang Bunda alami disebabkan perubahan hormon di dalam tubuh. 

8. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan ini umumnya terjadi pada Bunda yang sedang mengandung pada trimester pertama. Sebagian wanita hamil mengalami penurunan selera makan, dan sebagiannya lagi justru mengalami peningkatan nafsu makan yang signifikan. Namun, perubahan nafsu makan ini tak perlu dikhawatirkan oleh Bunda, karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena janin mengalami pertumbuhan di dalam rahim.

9. Penciuman Semakin Sensitif

Tanda pasti hamil yang selanjutnya adalah indera penciuman Bunda akan semakin sensitif. Selama kehamilan, kemampuan penciuman Bunda akan meningkat secara drastis, dan hal ini merupakan hal yang sangat wajar bagi ibu hamil. Hal ini juga berkaitan langsung dengan morning sickness dan mood swing, karena Bunda yang mencium bau-bau tertentu bisa tiba-tiba merasa mual dan mengalami perubahan mood.

10. Sakit Pinggang

Sakit pinggang yang merupakan tanda pasti hamil umumnya terjadi di bagian bawah punggung. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi Bunda yang sedang hamil, namun bila Bunda tak betah dengan rasa sakitnya, Bunda bisa memeriksakan diri ke dokter supaya diberikan obat pereda nyeri. Selain itu, Bunda harus menjaga posisi tidur untuk meminimalisir terjadinya sakit pinggang. 

11. Suhu Tubuh Makin Tinggi

Suhu Tubuh Basal, atau suhu tubuh sewaktu bangun tidur yang meningkat merupakan salah satu tanda pasti hamil yang perlu Bunda ketahui. Tanda pasti kehamilan yang satu ini memang tak selalu dialami semua wanita yang sedang mengandung. Yang perlu Bunda ketahui adalah pertanda kehamilan yang berkaitan dengan kenaikan suhu tubuh ini umumnya berlangsung selama 18 hari. 

12. Nyeri Pada Payudara

Nyeri pada payudara merupakan tanda pasti terjadinya kehamilan yang sangat umum terjadi. Bunda yang sedang mengandung pada umumnya merasakan sensasi nyeri yang mirip dengan payudara bengkak, dan payudara terasa lebih kencang. Selain rasa nyeri, bagian areola Bunda akan terlihat berwarna lebih gelap, serta puting susu yang berwarna lebih kemerahan daripada biasanya.

Baca juga: Inilah 18 Tanda Tanda Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu!

Itulah tadi beberapa informasi mengenai tanda pasti hamil yang wajib Bunda ketahui. Ke-17 tanda pasti kehamilan di atas tentu perlu Bunda perhatikan dengan intens, terlebih saat Bunda memang sedang menjalani program hamil. Mengetahui tanda-tanda kehamilan memang sangat penting untuk dilakukan, sebab hal ini menyangkut keberlangsungan si calon bayi yang ada di rahim Bunda.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 17 Tanda Pasti Hamil Ini Wajib Dipantau Saat Program Hamil!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]