1. Home & Living

15 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam, Bunda Wajib Tanam!

Apakah Bunda suka menanam berbagai jenis tumbuhan di depan rumah? Ya, terkadang aktivitas sederhana seperti bercocok tanam ini dapat Bunda lakukan sebagai sarana refreshing. Tanaman-tanaman hijau yang memanjakan mata pun terasa semakin menambah keindahan dan nilai estetika tempat tinggal Bunda.

Tapi, sebenarnya beberapa jenis tanaman yang ditanam di depan rumah dipercaya dapat mendatangkan rezeki dan keberuntungan bagi keluarga lho, Bund. Penasaran apa sajakah tanaman tersebut? Yuk, simak penjelasan mengenai 15 tanaman pembawa rezeki menurut Islam di bawah ini!

Benarkah Beberapa Jenis Tanaman Bisa Membawa Rezeki?

Menanam beberapa jenis tumbuhan di depan rumah merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menjadi sarana refreshing bagi Bunda. Tak jarang, tanaman hias serta jenis bunga-bunga cantik pun dipilih untuk memperindah bagian depan rumah. Tapi, percayakah Bunda bila terdapat beberapa tanaman yang dipercaya membawa rezeki dan keberuntungan?

Ternyata, ada beberapa jenis tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Bahkan, nama tanaman-tanaman tersebut disebutkan dalam kitab suci Al Quran. Adapun beberapa jenis tanaman yang dipercaya mampu mendatangkan rezeki dan keberuntungan adalah: kurma, zaitun, tin, dan masih banyak yang lainnya.

15 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam 

Penasaran apa saja tanaman pembawa rezeki menurut Islam? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Bund!

1. Labu

Labu (sumber: SehatQ)
Labu (sumber: SehatQ)

Labu merupakan tanaman yang buahnya bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat. Selain enak untuk diolah dan dijadikan berbagai macam hidangan, tanaman labu ternyata juga dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Tanaman yang memiliki buah berwarna kuning ini bahkan tertulis dalam Al Quran, tepatnya di surah As-Shaffat ayat 146.

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang satu ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan labu memiliki banyak zat baik yang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Adapun salah satu zat baik yang terkandung dalam buah labu adalah potassium, yang berperan sebagai vasodilator dalam tubuh.

2. Tin

Buah Tin (sumber: Bola)
Buah Tin (sumber: Bola)

Seperti yang kita ketahui, buah tin memang disebut di dalam Al Quran. Bahkan, kitab suci umat muslim ini juga memuat surah tersendiri, yaitu surah At-Tin yang khusus untuk membahas kemuliaan dari buah tin ini. Sampai di sini, tentu tak heran mengapa buah Tin dianggap merupakan salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Buah Tin sendiri merupakan buah yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam, tanaman yang satu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal ini tentu sepadan dengan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh buah tin itu sendiri.

3. Zaitun

Zaitun (sumber: Pexels)
Zaitun (sumber: Pexels)

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang selanjutnya adalah Zaitun. Selain dipercaya sebagai tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan, tanaman Zaitun bahkan disebut sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Tanaman yang satu ini bahkan diklaim mampu mencegah kanker dan penuaan dini lho, Bund!

Karena memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, tak heran bila Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang satu ini memiliki harga jual yang sangat tinggi. Kendati demikian, harga jual yang tinggi tak menghalangi masyarakat untuk turut menanam Zaitun ini. Bunda jangan sampai kalah karena tak menanam Zaitun di rumah, ya!

4. Kacang Adas

Kacang Adas (sumber: Bola)
Kacang Adas (sumber: Bola)

Kacang Adas merupakan salah satu makanan yang kerap menjadi oleh-oleh dari tanah suci Mekkah. Dalam QS. Al Baqarah ayat 61, disebutkan bahwa tanaman Kacang Adas merupakan tanaman pembawa keberuntungan. Bahkan, Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang satu ini disebut sebagai makanan yang dibenci oleh kaum Yahudi dalam sejarah Islam.

Tak hanya menjadi salah satu tanaman yang dimuliakan dalam agama Islam, nyatanya Kacang Adas ini memang memiliki banyak manfaat yang bisa menjaga kesehatan tubuh Bunda. 

5. Anggur

Anggur (sumber: SehatQ)
Anggur (sumber: SehatQ)

Siapa sangka bahwa Anggur merupakan salah satu jenis tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Bahkan, tanaman Anggur ini beberapa kali disebut di dalam Al Quran, lho. Diriwayatkan bahwa buah Anggur merupakan buah kesukaan Rasulullah SAW karena memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang satu ini memiliki manfaat yang berkenaan dengan kesehatan tubuh adalah: menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan otak. Memiliki banyak manfaat yang baik, beberapa jenis Anggur bahkan dijual dengan harga yang cukup fantastis. 

6. Kurma

Kurma (sumber: Popmama)
Kurma (sumber: Popmama)

Siapa sih, yang tak akrab dengan tanaman atau buah yang satu ini? Kurma merupakan buah yang umumnya disajikan saat Bulan Ramadhan tiba, atau kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh bagi mereka yang pulang beribadah dari tanah suci Mekkah. Memang, tanaman Kurma sendiri banyak ditemui di kawasan Timur Tengah.

Tanaman Kurma disebut-sebut memiliki peran tersendiri dalam peradaban sejarah agama Islam. Tanaman yang satu ini juga dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam, lho. Meski begitu, sayangnya tanaman Kurma di Indonesia belum ditanam sebanyak di kawasan Timur Tengah.

7. Pisang

Pisang (sumber: Kompas)
Pisang (sumber: Kompas)

Pisang merupakan salah satu tanaman yang semua organ tanamannya bisa dimanfaatkan. Buah serta jantungnya yang bisa diolah menjadi hidangan lezat, daunnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan, serta pelepahnya yang bisa digunakan untuk merancang beberapa jenis kerajinan. Tanaman yang satu ini juga dipercaya mampu mendatangkan hoki, alias keberuntungan.

Selain itu, Pisang memiliki banyak kandungan zat baik yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti: vitamin, protein, lemak, dan mineral. Tanaman Pisang ini sangat mudah untuk Bunda temukan, dan cara pembudidayaannya pun tergolong tak terlalu sulit.

8. Delima

Delima (sumber: SehatQ)
Delima (sumber: SehatQ)

Tanaman yang memiliki buah berwarna merah yang segar nan cantik dipandang ini dipercaya mampu membawa keberkahan, yang bahkan disebut dalam Kitab Suci Al Quran. Tak hanya membawa keberkahan, nyatanya Delima memiliki manfaat yang sangat kaya bagi tubuh kita, Bund. Salah satu manfaat dari Delima ini adalah menjaga kesehatan tubuh, dan juga menjaga kecantikan kulit. 

Delima memiliki peminat yang sangat tinggi di pasaran, dan tak heran bila buah yang satu ini juga kerap ditanam sendiri oleh masyarakat. Harga jualnya pun sangat variatif, dan beberapa jenis buah Delima bahkan dijual dengan harga yang cukup mahal. 

9. Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang Merah & Bawang Putih (sumber: detikHealth)
Bawang Merah & Bawang Putih (sumber: detikHealth)

Siapa sih Bund, yang tak kenal dengan kedua bahan baku aneka masakan ini. Baik Bawang Merah dan Bawang Putih, pasti keduanya merupakan kebutuhan primer bagi dapur Bunda. Kedua tanaman ini dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam.

Selain kaya akan manfaat, membudidayakan tanaman Bawang Merah dan Bawang Putih ini sama sekali tak akan membuat Bunda rugi, lho. Sebab, permintaan akan kedua bahan baku masakan ini selalu tinggi, diikuti dengan harga pasarnya yang naik turun. 

10. Bidara

Daun Bidara (sumber: Tokopedia)
Daun Bidara (sumber: Tokopedia)

Tahukah Bunda bahwa Bidara merupakan tanaman pembawa rezeki menurut Islam, yang disebut pada QS. Al Waqi’ah ayat 28? Ya, tanaman yang satu ini dipercaya mampu membawa keberkahan, dan merupakan salah satu tanaman yang dimuliakan dalam agama Islam. Tanaman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa diminimalisir dengan Bidara ini adalah: diabetes, wasir, hingga keputihan pada wanita. Biasanya, tanaman Bidara ini dimanfaatkan bagian daunnya untuk kemudian diolah menjadi obat herbal yang mampu mengatasi aneka gangguan kesehatan.

11. Anggrek

Anggrek (sumber: Lifestyle Kompas)
Anggrek (sumber: Lifestyle Kompas)

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan Anggrek memanglah memiliki tampak yang cantik, dengan bunga yang berwarna-warni. Beberapa jenis tanaman Anggrek bahkan dipatok dengan harga yang fantastis lho, Bund.

Beberapa orang pun percaya bahwa Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan. Pasalnya, Anggrek dipercaya mampu meningkatkan keharmonisan keluarga. Selain itu, tanaman yang satu ini juga dipercaya mampu mempercepat Bunda punya momongan bila Bunda menanamnya di depan rumah.

12. Bunga Kertas

Bunga Kertas (sumber: Kompas)
Bunga Kertas (sumber: Kompas)

Bunga Kertas merupakan sebuah tanaman yang memiliki bunga tipis dan bertekstur seperti kertas. Hal ini pada akhirnya mendasari mengapa tanaman ini disebut sebagai tanaman bunga kertas. Memiliki tampak bunga berwarna-warni yang indah, tahukah Bunda bahwa tanaman yang satu ini juga dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan?

Bila Bunda menanam tanaman Bunga Kertas di depan rumah, konon katanya hal ini dapat membantu Bunda untuk membangun keluarga yang langgeng dan penuh kasih sayang. Tanaman Bunga Kertas ini dapat tumbuh hingga 10 meter ke atas, dan tentunya mampu mempercantik teras rumah Bunda.

13. Lidah Mertua

Lidah Mertua (sumber: Kompas)
Lidah Mertua (sumber: Kompas)

Tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan selanjutnya adalah Lidah Mertua. Tanaman yang lumrah ditemui di setiap halaman depan rumah ini dipercaya mampu mengusir energi negatif yang bermaksud mengganggu kedamaian di dalam rumah. Singkatnya, tanaman ini dipercaya mampu mengusir energi sihir yang berusaha masuk ke dalam rumah.

Memiliki bentuk menjulur seperti lidah, tanaman hias yang satu ini tergolong mudah untuk didapatkan. Terlepas dari benar atau tidaknya kepercayaan tersebut, Lidah Mertua merupakan tanaman hias yang apik untuk Bunda jadikan hiasan teras depan rumah Bunda.

14. Sri Rejeki

Sri Rejeki (sumber: Haibunda)
Sri Rejeki (sumber: Haibunda)

Dari namanya saja, mungkin Bunda sudah bisa menyimpulkan mengapa tanaman yang satu ini dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan. Ya, Sri Rejeki dipercaya mampu menghadirkan keberuntungan serta memperlancar rezeki bagi Bunda yang menanamnya di rumah. Benar atau tidaknya, hal ini merupakan kepercayaan masing-masing, Bund.

Tak hanya dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan, tanaman yang satu ini memiliki tampak fisik yang unik dan cantik. Warna daun unik yang terdiri dari gradasi warna hijau dan putih ini membuat tanaman Sri Rejeki semakin sedap untuk dipandang. Jadi, Bunda tak akan rugi bila menanamnya di depan rumah.

15. Peace Lily

Peace Lily (sumber: Blog Elevenia)
Peace Lily (sumber: Blog Elevenia)

Peace Lily merupakan sebuah tanaman yang lumrah ditemukan di setiap teras rumah. Tanaman yang satu ini memang banyak digemari karena memiliki bunga yang cantik. Bentuk daunnya yang melebar pun semakin menambah kesan cantik dari tanaman Peace Lily itu sendiri.

Tahukah Bunda bahwa Peace Lily dipercaya sebagai salah satu tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan? Seperti namanya, yakni Peace, tanaman yang satu ini dipercaya mampu menghadirkan kedamaian dan kebahagiaan bila Bunda menanamnya di rumah. Selain itu, tanaman Peace Lily juga memiliki manfaat untuk menyaring udara, sehingga udara di sekitar rumah Bunda akan menjadi lebih sehat.

Baca juga: 12 Aplikasi Belajar Mengaji Anak yang Menarik Bagi Si Kecil

Itulah tadi beberapa informasi mengenai tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Di antara 15 tanaman di atas, manakah yang paling ingin Bunda tanam di sekitar rumah? Percaya atau tidak, hal ini tentu kembali pada kepercayaan masing-masing. Kendati menanam tanaman pun bisa mendatangkan rezeki, hendaknya Bunda tetap berikhtiar dengan senantiasa beribadah dan memohon untuk diperlancar rezekinya oleh Allah SWT, supaya Bunda selalu mendapatkan rezeki yang berkah dan dirahmati oleh-Nya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam, Bunda Wajib Tanam!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]