1. Balita & Anak

7 Rekomendasi Susu UHT yang Bagus untuk Anak 2 Tahun

Saat menginjak usia 2 tahun, pemenuhan nutrisi buah hati menjadi aspek yang harus diperhatikan secara menyeluruh. Namun, pada saat yang sama, produksi ASI bunda juga mungkin mulai menyurut, sehingga diperlukan opsi lain untuk memenuhi kebutuhan kalsium si kecil. Lalu, apakah ada susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun agar bantu penuhi nutrisi hariannya? 

Agar tak lagi bimbang, bunda dapat memeriksa ulasan berikut sebagai acuan informasi. Apakah anak berumur 2 tahun sudah boleh minum susu UHT? Jika boleh, lantas apa saja rekomendasi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun? Temukan jawaban selengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

Apa itu Susu UHT?

UHT merupakan kependekan dari Ultra High Temperature, mengacu pada proses modern dalam tahap pasteurisasi susu. Susu UHT dikenal sebagai produk susu yang tetap aman dikonsumsi meski tidak disimpan di dalam lemari pendingin (kulkas).

Susu UHT adalah susu sapi yang diproses khusus melalui suhu yang sangat tinggi dalam hitungan detik. Proses produksi susu UHT dipercaya memenuhi prosedur keamanan karena telah menggunakan berbagai peralatan modern tanpa sentuhan tangan manusia.

Selain itu, susu UHT juga diproduksi di bawah pengawasan ketat agar terjamin kualitas dan keamanannya. Susu UHT umumnya diproduksi pada suhu tinggi hingga mencapai 135 – 145°C selama 2 – 3 detik lamanya.

Setelah proses pasteurisasi, susu UHT umumnya langsung dikemas dalam wadah yang terjamin steril. Terjaganya proses pasteurisasi dan pengemasan inilah yang membuat susu UHT memiliki jangka waktu simpan lebih panjang dari tipe susu lain (catatan: asalkan susu tetap tersegel rapat).

Apakah Anak Umur 2 Tahun Boleh Mengonsumsi Susu UHT?

Karena menyangkut urusan krusial dalam memenuhi nutrisi buah hati, banyak orang tua seringkali bingung apakah susu UHT sejatinya aman dikonsumsi oleh anak berusia 2 tahun. Apakah bunda juga termasuk salah satunya?

Namun, bunda tak perlu khawatir, karena menurut WHO (World Health Organization), anak yang berumur 1 tahun ke atas sudah diperbolehkan mengonsumsi susu UHT. Namun, meski begitu, takaran konsumsinya tetap harus diperhatikan.

Setiap orang tua harus meninjau kesiapan saluan pencernaan anak ketika menerima produk susu. WHO juga menghimbau bahwa susu UHT tidak boleh diberikan kepada anak di yang memiliki alergi susu sapi. 

Manfaat yang Terkandung dalam Susu UHT

Susu adalah salah satu minuman bernutrisi yang juga menjadi sumber utama kalsium, vitamin D, dan juga vitamin A. Selama rentang usia 1-8 tahun, buah hati bunda membutuhkan paling sedikit 700-1000 mg kalsium setiap harinya.

Selain sebagai penerus asupan kalsium setelah ASI, simak manfaat lain yang terdapat dalam susu UHT berikut ini.

  • Kaya akan kalsium untuk membantu membantu pembentukan dan menjaga kepadatan tulang.
  • Bagus untuk pertumbuhan gigi anak. 
  • Menjadi sumber energi yang kuat dan mengenyangkan. 
  • Membantu proses perkembangan otak secara signifikan. 
  • Menjaga kesehatan otot.
  • Membantu menyerap vitamin dalam tubuh anak. 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.
  • Memastikan kesehatan otot buah hati. 
  • Kaya akan vitamin B1, B2, B7, B5, beta karoten, dan juga asam nikotinat.  

Sebagai tambahan, Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menyampaikan bahwa susu UHT terbukti jauh lebih aman dikonsumsi daripada susu kental manis. Hal ini diakrenakan persentase kadar gula susu UHT cenderung lebih rendah dibanding susu kental manis. 

Rekomendasi Susu UHT yang Bagus Untuk Anak 2 Tahun

Berikut adalah rekomendasi kami terkait susu UHT yang bagus untuk anak usia 2 tahun ke atas. Namun sebelum itu, bunda perlu catat bahwa konsumsi susu UHT tetap harus disertai dengan pola makan yang teratur dan bergizi, ya. 

1. Susu Ultra Mimi Kids

Rekomendasi pertama susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun adalah Ultra Mimi Kids. Susu UHT satu ini hadir dalam varian rasa yang pastinya cocok di lidah buah hati bunda. Ultra Mimi juga berani menjamin bahwa produk susu UHT ini terbuat dari 100% susu segar.

Ultra Mimi Kids mengandung kalsium, mineral, vitamin dan fosfor yang berperan penting dalam masa pertumbuhan si kecil. Selain rasanya menggugah selera dan kaya akan nutrisi, susu ini juga hadir dalam visualisasi menarik yang menyajikan variasi gambar hewan sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi si kecil.

Detail lainnya:

  • Tersedia dalam kemasan 125 ml.
  • Banyak pilihan rasa: full cream, stroberi, cokelat, dan vanilla. 
  • Kemasan menggunakan lapisan plastik food grade yang aman. 

2. Susu UHT Frisian Flag Milky

Bunda pasti sudah mengenal merek Frisian Flag sebelunya bukan? Selain seri susu kental manis, Frisian Flag juga menyediakan opsi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun. Di dalamnya terkandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan buah hati,seperti vvitamin A, B6, B1, dan B12. 

Susu UHT Frisian Flag Milky juga memiliki sejumlah nutrsi pendukung seperti lemak, protein, karbohidrat, dan tentunya protein. Jika dilihat dari kemasannya, Frisian Flag Milky menjadi susu uht yang bagus untuk anak 2 tahun karena menghadirkan sejumlah karakter kesukaan anak. 

Dengan gambar karakter seperti Spiderman, Pokemon, dan lainnya, buah hati bunda bisa menikmati susu dengan suasana yang lebih menyenangkan. 

Detail lainnya:

  • Terdapat dua pilihan rasa yaitu cokelat dan stroberi.
  • Tersedia dalam dua ukuran berbeda: kemasan 115 ml dan 180 ml.
  • Dapat disimpan hingga ± 12 bulan. 

3. Indomilk Kids Less Sugar

Bunda pasti sudah kenal dengan merek satu ini, bukan? Indomilk adalah salah satu merek susu yang terkenal karena selalu mengedepankan kualitas setiap produk mereka. Salah satu produk mereka, Indomilk Kids, menjadi rekomendasi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun karena menjamin 25% kadar gula lebih rendah dari merek lainnya. 

Indomilk Kids Less Sugar juga sudah mengantongi sertifikasi Halal dan tercatat BPOM sehingga bunda tak perlu meragukannya lagi. Karena tergolong susu less sugar (rendah gula), susu UHT ini menjadi opsi susu UHT yang aman bagi balita Anda. 

Indomilk Kids dilengkapi dengan berbagai nutrisi seperti vitamin D, fosfor, dan kalsium untuk mendukung kebutuhan nutrisi si kecil. Dalam setiap kemasan Indomilk UHT Kids Less Suga juga terdapat 2,4% lebih banyak protein dibanding seri susu Indomilk Kids lainnya.

Detail lainnya: 

  • Bisa bertahan selama 9 bulan. 
  • Berserifikat Halal dan BPOM.
  • Kemasan mini berukuran 115 ml sehingga mudah dibawa kemanapun. 

4. Susu UHT Diamond

Kalau merek yang satu ini mungkin sering bunda jumpai di kedai-kedai kopi. Selain disukai oleh penikmat kopi, Diamond juga menghadirkan varian susu khusus anak. Diamond menjadi salah satu opsi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun karena menawarkan banyak manfaat. 

Di dalamnya terkandung 10 vitamin dan 5 mineral yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang buah hati tercinta. Bahkan, di dalamnya juga terkandung butiran-butiran cereal yang berpotensi membuat si kecil merasa kenyang lebih lama. 

Detail lainnya:

  • Mengandung 10 vitamin (A, D, C, E, K, B2, B3, B1, B5 dan B6)
  • Kaya akan 5 mineral (fosfor, selenium, magnesium, kalsium, dan zinc)
  • Dapat bertahan selama 12 bulan.
  • Memiliki sertifikasi halal.
  • Rasa bervariasi: stroberi, cokelat, dan original

5. Susu Vidoran Xmart 

Rekomendasi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun selanjutnya adalah Vidoran Xmart. Sama seperti produk Vidoran lainnya, Vidoram Xmart UHT Milk juga memiliki kandungan Cod Liver Oil yang bermanfaat bagi anak dalam masa aktif pertumbuhan.

Minyak ikan kod dalam susu Vidoran Xmart dapat membantu jaga imunitas dan meningkatkan kinerja fungsi kognitif si kecil. Susu ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata, serta vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 

Detail lainnya:

  • Kemasan 110 ml, mudah dibawa travelling.
  • Tersedia dalam rasa cokelat.
  • Mengandung vitamin lain seperti B5, B6, B2, dan B12. 

6. Susu Chil-Go!

Susu Chil-Go juga termasuk dalam daftar susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun. Susu ini diproduksi dengan teknologi modern sehingga kebersihan dan kualitas dalam setiap teguknya terjamin. 

Susu UHT satu ini memiliki rasa yang menyenangkan untuk si kecil. Pasalnya, Chil-Go memiliki rasa unik yakni manis bercampur asam segar, sehingga cocok untuk buah hati bunda yang hobi mengeksplorasi rasa. 

Detail lainnya:

  • Tidak mengandung bahan pengawet.
  • Tidak mengandung bahan kimia berbahaya. 
  • Aman dikonsumsi balita di atas 1 tahun.

7. Susu UHT Clevo

Clevo menjadi salah satu satu rekmondasi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun karena rasa dan kemasannya yang mudah disukai anak. Kemasan Clevo menunjukkan sebuah animasi yang menggemaskan. 

Dari segi rasa, susu UHT ini juga terkenal lezat dan sangat creamy, namun tetap memberi aroma khas susu segar. Dengan mengonsumsi susu ini, buah hati bunda bisa memperoleh asupan nutrisi tambahan untuk menjaga tulang serta daya tahan tubuh. 

Detail lainnya: 

  • Kaya akan vitamin D dan vitamin B kompleks.
  • Mengandung kalsium dan protein. 
  • Terdaftar sah pada BPOM.

Itulah tadi beberapa rekomendasi susu UHT yang bagus untuk anak 2 tahun. Selain memberikan sejumlah opsi susu UHT di atas, bunda tetap dihimbau untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi lainnya untuk memastikan gizi si kecil seimbang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Rekomendasi Susu UHT yang Bagus untuk Anak 2 Tahun

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]