1. Balita & Anak

8 Merk Susu UHT untuk Anak 1 Tahun yang Aman Dikonsumsi

Susu merupakan sumber nutrisi yang bagus bagi anak, terlebih saat anak telah memasuki masa usia pertamanya, yakni 1 tahun. Tak jarang Bunda pun kebingungan mencari alternatif supaya anak tak bosan mengonsumsi ASI terus menerus. Salah satu nutrisi selingan yang dapat Bunda berikan kepada si kecil adalah susu UHT.

Susu dengan kemasan yang praktis ini tentu aman untuk dikonsumsi anak batita. Namun, konsumsi terhadap susu UHT untuk anak 1 tahun tak serta merta bisa dilakukan lho, Bund. Sebab, susu UHT sama sekali tak dapat dijadikan pengganti ASI. 

Lantas, susu UHT seperti apa yang aman dikonsumsi oleh anak berusia 1 tahun? Berikut ini Diary Bunda sajikan 8 rekomendasi merk susu UHT untuk anak 1 tahun. Ada berbagai penjelasannya juga, lho. Bunda wajib simak bak-baik!

Apa Itu Susu UHT, dan Amankah Susu UHT untuk Anak 1 Tahun?

UHT, atau Ultra High Temperature merupakan sebuah istilah yang identik dengan proses produksi susu siap minum, yang umumnya banyak dijual di pasaran. Susu UHT merupakan produk yang diolah menggunakan temperatur ultra tinggi. Hal ini memungkinkan bakteri yang terkandung dalam susu mentah akan musnah melalui proses UHT, sehingga produk susu aman untuk dikonsumsi.

Bagi Bunda yang bertanya-tanya, susu UHT untuk anak 1 tahun bolehkah? Jawabannya boleh, Bund! Susu segar yang diolah melalui proses UHT justru memiliki banyak manfaat yang baik bagi si kecil. Mengonsumsi susu UHT dapat membantu pemenuhan nutrisi bagi anak. 

Namun, Bunda perlu mengetahui bahwa tak semua susu UHT diperbolehkan untuk anak usia 1 tahun, lho. Bunda juga harus paham bahwa susu UHT sama sekali tak bisa dijadikan pengganti ASI, sebab kandungan nutrisi yang ada pada susu UHT dan ASI Bunda tentu berbeda jauh. ASI tetap yang terbaik ya, Bund!

Manfaat Susu UHT untuk Anak 1 Tahun

Susu Memiliki Banyak Manfaat untuk Anak (sumber: Pexels)
Susu Memiliki Banyak Manfaat untuk Anak (sumber: Pexels)

Masih merasa sedikit ragu untuk memberikan susu UHT untuk anak 1 tahun? Yuk Bunda, ketahui manfaat susu UHT untuk anak 1 tahun berikut ini!

1. Memiliki Banyak Jenis yang Membuat Anak Tidak Bosan

Seperti yang kita tahu, susu UHT memiliki banyak rasa dan jenis yang enak untuk dikonsumsi. Beberapa jenis susu UHT yang mungkin Bunda ketahui adalah jenis full fat, low fat, less fat, dan skim milk. Susu UHT untuk anak 1 tahun yang diperbolehkan adalah jenis full fat, karena mengandung banyak kalori yang baik untuk pertumbuhan si kecil.

Selain itu, susu UHT terdiri dari banyak rasa yang nikmat, sehingga hal ini tak akan membuat anak bosan kala Bunda memberikannya sebagai selingan nutrisi. Beberapa rasa susu UHT yang disukai anak-anak antara lain: full cream, coklat, dan stroberi.

2. Lebih Tahan Lama

Lebih tahan lama merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh susu UHT. Bila Bunda sengaja membeli banyak susu UHT untuk persediaan, selama tanggalnya belum expired, masih aman lho, untuk dikonsumsi. Hal ini dengan catatan bila kemasan susu UHT belum dibuka.

Saat kemasan susu UHT telah dibuka, anak harus cepat menghabiskannya supaya tidak basi. Selain itu, susu UHT dikemas dengan higienis, jadi Bunda tak perlu khawatir akan banyak bakteri yang terkandung dalam kemasan susu UHT. 

3. Tinggi Nutrisi

Meskipun susu UHT merupakan susu siap minum dan terkesan instan, seharusnya Bunda tak perlu terlalu khawatir, lho. Bunda tahu gak sih, kalau susu UHT ini memiliki nutrisi yang dapat membantu perkembangan anak? 

Beberapa zat yang terkandung dalam susu UHT adalah: fosfor, kalium, kalsium, magnesium, protein, bahkan karbohidrat. Zat-zat yang terkandung di dalamnya membuat susu UHT menjadi produk layak konsumsi, dan mengonsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun bisa dibilang aman ya, Bund.

4. Sebagai Sumber Energi Anak

Manfaat susu UHT untuk anak 1 tahun yang berikutnya adalah sebagai sumber energi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu UHT memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh si kecil. Salah satu kandungan pada susu UHT adalah kalori.

Sumber energi bagi anak pun dapat diperoleh dari banyaknya kalori yang terkandung dalam susu UHT, Bund. Susu UHT untuk anak 1 tahun memang memberikan banyak energi, namun juga harus diimbangi dengan makanan bergizi dan ASI ya, Bund!

5. Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Susu UHT memiliki kandungan seperti kalsium dan vitamin D yang mampu membantu menjaga kesehatan tulang si kecil. Dengan memberikan selingan nutrisi berupa susu UHT, itu berarti Bunda turut menjaga tulang anak tetap sehat. Alhasil, si kecil pun semakin gesit dan tumbuh menjadi anak yang sehat.

Kendati demikian, konsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun tetap harus direm dan tak boleh berlebihan, sebab ASI masih merupakan nutrisi terbaik anak usia di bawah 2 tahun.

Rekomendasi Merk Susu UHT untuk Anak 1 Tahun

Sudah mulai tertarik untuk memberikan susu UHT untuk selingan nutrisi si kecil, Bund? Susu UHT seperti apa sih, yang aman dikonsumsi untuk anak batita? Berikut ini Diary Bunda kasih 8 rekomendasi merk susu UHT untuk anak 1 tahun. Yuk, dicatat Bund!

1. Frisian Flag Milky

Frisian Flag Milky (sumber: Frisian Flag Indonesia)
Frisian Flag Milky (sumber: Frisian Flag Indonesia)

Produk susu dari Frisian Flag memang menjadi salah satu produk terbesar di Indonesia. Frisian Flag Milky merupakan salah satu produk susu UHT yang aman bagi si kecil. Hal ini dikarenakan Frisian Flag Milky memiliki kandungan zat gizi makro dan mikro yang kompleks dan kaya manfaat bagi si kecil. Bagi Bunda yang berminat, Bunda dapat membeli produk Frisian Flag Milky di toko terdekat dengan harga sekitar Rp 2.500 per pcs.

2. Bebelac Go!

Bebelac Go! (sumber: Home Tester Club)
Bebelac Go! (sumber: Home Tester Club)

Bebelac Go! Merupakan salah satu brand aman konsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun. Memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari produk susu UHT kebanyakan, kandungan nutrisi baik dalam Bebelac Go tentu lebih memadai. Bagaimana tidak, produk susu UHT satu ini memiliki kandungan omega 3 dan 6, yang berperan untuk kecerdasan otak si kecil. Bebelac Go! Banyak dijual di minimarket dengan harga kisaran Rp 4.500 per pcsnya, Bund.

3. Ultra Mimi

Ultra Mimi (sumber: Blibli)
Ultra Mimi (sumber: Blibli)

Produk susu UHT yang satu ini merupakan hasil produksi dari Ultrajaya. Ultra Mimi merupakan salah satu merk susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman untuk dikonsumsi. Produk susu UHT yang satu ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi si kecil, seperti vitamin dan kalsium. Tak mahal untuk mendapatkan produk susu UHT yang satu ini, sebab harga Ultra Mimi hanya sekitar Rp 3.000 per pcs.

4. Diamond Cereal Milk

Diamond Cereal Milk (sumber: BigGo)
Diamond Cereal Milk (sumber: BigGo)

Produk susu UHT dari Diamond yang satu ini berasal dari susu segar tanpa diberi pengawet sama sekali. Dengan ini, Bunda tak perlu khawatir untuk memberikan Diamond Cereal Milk sebagai selingan nutrisi bagi si kecil. Susu ini juga mengandung sereal yang membuat anak lebih kenyang, alias nyemil sambil minum susu. Dipatok dengan harga yang murah, Bunda dapat membeli produk susu UHT yang satu ini dengan harga sekitar Rp 3.500 per pcs.

5. Greenfields UHT

Greenfields, Merk Susu UHT untuk Anak 1 Tahun (sumber: Shopee)
Greenfields, Merk Susu UHT untuk Anak 1 Tahun (sumber: Shopee)

Greenfields UHT merupakan salah satu produk susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman untuk dikonsumsi. Memiliki kandungan yang bermanfaat, produk susu UHT yang satu ini aman untuk pencernaan anak berusia 1 tahun. Terdiri dari rasa stroberi, choco malt, dan full cream yang nikmat akan membuat anak-anak senang mengonsumsi produk susu UHT yang satu ini. Harganya hanya sekitar Rp 4.000 per pcs lho, Bund!

6. Indomilk Kids UHT

Indomilk Kids (sumber: Shopee)
Indomilk Kids (sumber: Shopee)

Bila Bunda mencari produk susu UHT untuk anak 1 tahun dengan harga terjangkau, Bunda bisa coba membeli Indomilk Kids UHT. Kendati memiliki harga yang terjangkau, kandungan nutrisi di dalam produk susu UHT ini juga worth it lho, Bund. Indomilk Kids UHT memiliki kandungan berupa vitamin A, B1, B6, dan D3 dalam setiap kemasannya. Bunda dapat membeli produk susu UHT yang satu ini dengan harga kisaran Rp 2.500 saja per pcsnya.

7. Dancow Enriched Forti-Gro UHT

Dancow Enriched UHT (sumber: Shopee)
Dancow Enriched UHT (sumber: Shopee)

Dancow Enriched Forti-Gro merupakan produk susu UHT yang memiliki kandungan fosfor 30% lebih tinggi dari produk susu lainnya. Dengan ini, si kecil akan memiliki gigi dan tulang yang sehat. Memiliki kemasan mini yang muat di perut kecil anak, banyak manfaat baik lainnya yang bisa Bunda temukan dalam setiap kemasan produk susu UHT yang satu ini. Bunda dapat membeli Dancow Enriched Forti-Gro UHT ini dengan harga Rp 3.000 saja per kemasan mininya.

8. Frisian Flag Junio Plain

Frisian Flag Junio Plain (sumber: Shopee)
Frisian Flag Junio Plain (sumber: Shopee)

Satu lagi produk susu UHT aman bagi anak berusia 1 tahun, yakni Frisian Flag Junio Plain. Mengandung vitamin A, D, dan B, produk susu UHT yang satu ini mendukung perkembangan anak dalam setiap kemasannya. Bahkan zat-zat baik lainnya seperti fosfor, kalsium, dan magnesium turut terkandung dalam Frisian Flag Junio Plain. Harganya pun murah banget lho, Bund, hanya kisaran Rp 2.500 saja!

Aturan Minum Susu UHT untuk Anak 1 Tahun

Meski konsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun bisa dikatakan sebagai sesuatu yang aman, namun Bunda juga perlu memperhatikan beberapa hal tentang konsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun. Batas maksimal konsumsi susu UHT adalah 700 ml, karena konsumsi susu UHT yang berlebih akan mempengaruhi nafsu makan anak. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada nutrisi yang diterima si kecil.

Selain itu, susu UHT tak bisa dijadikan pengganti ASI. Sampai si kecil berusia 2 tahun, Bunda wajib memberinya ASI dan jangan sekali-kali menggantikannya dengan susu UHT, karena kandungan nutrisinya pun sangat jauh berbeda. Bunda boleh memberikan susu UHT hanya sebagai selingan nutrisi bagi si kecil, ya!

Baca juga: 10 Rekomendasi Salep Biang Keringat Bayi Di Apotik Terampuh

Setelah membaca beberapa penjelasan tentang susu UHT untuk anak 1 tahun, masihkah Bunda ragu untuk memberikan susu UHT sebagai nutrisi tambahan bagi si kecil? Sekali lagi, konsumsi susu UHT untuk anak 1 tahun itu sangat aman, selagi Bunda memperhatikan aturan konsumsinya. Terlepas dari itu, Bunda harus tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi si kecil, demi proses tumbuh kembangnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Merk Susu UHT untuk Anak 1 Tahun yang Aman Dikonsumsi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]