1. Kehamilan

Manfaat dan Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Kesehatan ibu dan janin menjadi prioritas utama dalam perjalanan kehamilan. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal bagi janin perlu memastikan nutrisi yang tepat dan juga seimbang. Selain itu, kesehatan ibu hamil juga perlu menjadi perhatian utama, salah satunya dengan memberikan nutrisi susu rendah lemak.

Susu rendah lemak mempunyai banyak manfaat yang bagus terhadap kualitas kehamilan dan perkembangan janin. Penasaran apa saja manfaat dan rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil? Simak artikel berikut ini!

Manfaat Susu Rendah Lemak Untuk Ibu Hamil

Kesehatan dan kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan calon buah hati menjadi tanggung jawab yang besar. Untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, salah satunya dengan mengkonsumsi susu rendah lemak. Berikut ini manfaat mengkonsumsi susu rendah lemak bagi ibu hamil.

Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Saat kehamilan, tekanan gula darah akan meningkat pada ibu hamil yang dapat mengakibatkan diabetes gestasional jika tidak bisa mengontrol makanan yang masuk. Perubahan hormon saat hamil perlu disadari agar tidak membuat gula darah melonjak naik.

Jika terjadi diabetes gestasional dapat menyebabkan ibu hamil memiliki bayi yang berukuran besar dan dapat membahayakan kondisi pada ibu dan bayi itu sendiri. Pada bayi yang baru lahir akan mengalami penyakit kuning bahkan memiliki kadar gula yang rendah.

Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya ibu hamil perlu menghindari konsumsi makanan atau minuman yang tinggi lemak. Jadi, jika ibu ingin mengkonsumsi susu saat kehamilan, sebaiknya memilih susu yang rendah lemak untuk ibu hamil. 

Baca juga: 13 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Bunda Ketahui!

Membantu Perkembangan Tulang Janin

Susu rendah lemak memiliki sumber nutrisi seperti kalsium, vitamin D, protein, dan fosfor yang baik untuk perkembangan tulang pada janin. Selain bermanfaat untuk janin, ibu hamil juga membutuhkan sumber nutrisi seperti kalsium untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulangnya agar tercegah dari keropos tulang di kemudian hari.

Membantu Perkembangan Otak dan Organ Janin

Sumber protein yang terkandung dalam susu rendah lemak dapat membantu perkembangan organ pada janin saat masih dalam kandungan. Selain itu, protein juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon selama kehamilan.

Susu rendah lemak untuk ibu hamil juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf janin. Manfaat yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung pada ibu hamil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Ibu hamil perlu menjaga sistem kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, ibu hamil perlu melengkapi sumber vitamin dan nutrisi yang dapat mendukung untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Susu rendah lemak menjadi pilihan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, karena susu rendah lemak mengandung vitamin A, B12, dan zinc yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, serta melindungi dari berbagai infeksi dan penyakit selama kehamilan.

Baca juga: Deretan Bahan-Bahan pada Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

Menjaga Tekanan Darah Dalam Tubuh Ibu Hamil

Riwayat tekanan darah tinggi dapat membahayakan pada ibu hamil  karena dapat menimbulkan serangan jantung atau stroke. Sehingga, Bunda disarankan untuk memilih mengkonsumsi susu rendah lemak satu ini karena mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal.

5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak Untuk Ibu Hamil

Similac Mum

similac mum
Sumber: tokopedia

Similac Mum merupakan susu rendah lemak untuk ibu hamil yang mempunyai kadar kandungan lemak yang cukup rendah yaitu sekitar 1 gram per 100 gram penyajiannya.

Susu ini mempunyai kandungan 23 vitamin esensial, mineral, protein, DHA dan prebiotik yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin. Bunda bisa mengkonsumsi susu Similac Mom 1-2 gelas dalam sehari. Bunda bisa mendapatkan produk susu ini dengan harga sekitar Rp560.000 per kaleng 900 gram. 

Lactamil Pregnasis

lactamil pregnasis
Sumber: Allofresh

Lactamil Pregnasis merupakan susu rendah lemak yang mempunyai kandungan lemak yang rendah yaitu sekitar 2 gram per %AKG. Varian rasa susu ini tersedia dengan rasa coklat, vanila dan stroberi.

Susu ini mengandung vitamin D yang berguna untuk perkembangan janin, zat besi yang dapat mencegah anemia, omega 6 untuk perkembangan otak janin dan kandungan asam folat yang mendukung pertumbuhan janin dan mencegah terserang cacat lahir.

Bunda bisa membeli susu Lactamil Pregnasis di e-commerce maupun supermarket dengan harga Rp85.000 untuk ukuran 400 gram. 

Baca juga: 5 Resiko & Dampak Berhubungan Intim Ketika Hamil Muda

Bellamy’s Organic Pregnancy Formula

Bellamy's Organic Pregnancy Formula
Sumber: tokopedia

Bellamy’s Organic Pregnancy Formula merupakan susu organik untuk ibu hamil yang mempunyai kandungan lemak yang rendah yaitu dengan total 3,3 gram per sajian 228 ml.

Susu ini mengandung 16 vitamin dan mineral penting bagi ibu hamil dan janin. Terdapat kandungan asam folat yang dapat mengurangi resiko cacat, zat besi yang diperlukan untuk perkembangan saraf normal pada janin, vitamin A, B6, B12, C & D untuk sistem kekebalan tubuh, dan Vitamin C & Magnesium untuk membantu mengurangi kelelahan.

Susu ini bisa Bunda beli di toko online dengan harga sekitar Rp545.000,00 untuk ukuran 900 gram. 

Prenagen Mommy

prenagen mommy susu hamil
Sumber: Haibunda

Prenagen Mommy merupakan susu rendah lemak untuk ibu hamil yang memiliki banyak varian rasa yang tersedia, diantaranya yaitu rasa plain,strawberry, moka, coklat, vanila, dan kacang hijau.

Susu ini mempunyai kandungan lemak yang rendah yaitu dengan total 3 gram per sajiannya. Adapun kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu ini yaitu protein, tinggi asam folat, DHA & Omega 3, tinggi kalsium dan tinggi zat besi.

Susu ini bisa bunda beli di toko online, apotek, dan supermarket dengan harga sekitar Rp 45.700 untuk ukuran 200 gram dan Rp 82.000 untuk ukuran 400 gram.

Anmum Materna

anmum materna susu ibu hamil
Sumber: tokopedia

Anmum Materna merupakan susu rendah lemak untuk  ibu hamil dengan kadar lemak yang rendah yaitu  sekitar 3 gram untuk rasa vanila dan 4,5 gram untuk varian rasa coklat per sajiannya.

Nutrisi yang terkandung dalam setiap gelas susu anmum yaitu tinggi folat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, kalsium & zat besi yang penting untuk menunjang perkembangan kehamilan, GA & DHA yang penting untuk perkembangan otak janin, serta serat pangan yang membantu memelihara fungsi saluran pencernaan.

Bunda bisa membeli susu Anmum Materna di berbagai toko swalayan dan e-commerce dengan kisaran harga sekitar Rp 75.000,00 untuk ukuran 400 gram. 

 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai manfaat dan rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil, Bunda! Jadi, sekarang sudah tau kan manfaatnya? Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Manfaat dan Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]