1. Tak Berkategori

Mengenal Self Awareness: Arti, Manfaat & Cara Membangunnya

Self awareness adalah salah satu hal penting yang bisa Bunda tanamkan guna melatih mental berani, percaya diri, serta potensi Anda. Yup, bukan cuma sekadar mengenali kelebihan maupun kekurangan diri, self awareness nyatanya memiliki peran lebih besar terhadap kualitas pribadi.

Namun, sebetulnya tahukah Bunda apa itu self awareness? Lalu, apa pentingnya bagi kehidupan? Agar lebih paham, berikut ini telah Bunda Times ulas secara lengkap mengenai pengertian self awareness, jenis, manfaat, hingga kiat-kiat membangunnya. Simak, yuk!

Apa itu Self Awareness?

Secara bahasa, self awareness artinya kesadaran diri. Bila dijabarkan, pengertian self awareness adalah suatu kondisi dimana seseorang mampu mengenali atau memahami dirinya sendiri dengan baik. Kesadaran tersebut meliputi emosi, pikiran, nilai, kekuatan, maupun kelemahan diri.

Dalam kata lain, self awareness artinya ialah kemampuan seseorang dalam mengetahui kapasitas pribadi sehingga dapat menempatkan diri di keadaan apapun. Adapun contoh self awareness adalah Mom jadi bisa lebih mudah mengontrol emosi serta memahami situasi sekitar.

Jenis-Jenis Self Awareness

Jenis-Jenis Self Awareness (sumber: Pexels)
Jenis-Jenis Self Awareness (sumber: Pexels)

Berdasarkan Harvard Business Review, self awareness terbagi menjadi dua jenis, yaitu kesadaran diri internal dan eksternal. Berikut penjelasannya.

1. External Self Awareness

External self awareness adalah kemampuan dalam memahami orang lain. Artinya, Bunda bisa mengerti bagaimana seseorang melihat diri Anda, sehingga hal ini biasanya akan membentuk rasa empati yang tinggi. External self awareness juga membantu Bunda membangun hubungan baik bersama orang lain.

2. Internal Self Awareness

Berbeda dari sebelumnya, internal self awareness adalah kemampuan memahami diri sendiri, mulai dari passion, value, dan sebagainya. Dengan memiliki kesadaran ini, Bunda menjadi sosok yang lebih mengenal kapasitas pribadi serta mampu mengendalikan emosi di situasi manapun.

Manfaat Self Awareness

Manfaat Self Awareness (sumber: Pexels)
Manfaat Self Awareness (sumber: Pexels)

Setelah mengetahui pengertian self awareness dan jenis-jenisnya di atas, lalu apa manfaatnya memiliki kesadaran diri tersebut? Secara umum, pentingnya self awareness adalah sebagai berikut.

1. Mengenali Potensi Diri

Salah satu manfaat self awareness adalah Bunda mampu mengenali potensi dalam diri, seperti kelebihan, kekurangan, maupun keinginan dalam hidup. Hal ini akan membantu Anda mengembangkan kualitas diri menjadi sosok yang lebih baik.

2. Open Minded

Self awareness juga bisa menjadi seseorang memiliki pemikiran yang lebih luas dan terbuka. Sebab, dengan menanamkan kesadaran diri, Bunda akan cenderung menerima, melihat, ataupun mempelajari segala hal baru secara bijak.

3. Mudah Bersosialisasi

Selain memiliki pemikiran terbuka, manfaat self awareness lainnya ialah Bunda akan jauh lebih baik dalam bersosialisasi. Yup, menjalin hubungan bersama orang lain bukanlah perkara sulit jika Anda memiliki self awareness yang tinggi. Selain itu, komunikasi juga tidak akan menjadi penghambat karena Bunda bisa menyampaikan pendapat dengan efektif.

4. Lebih Percaya Diri

Manfaat self awareness yang tak kalah penting ialah meningkatkan kepercayaan diri. Bukan cuma mempermudah membangun jalinan pertemanan, Bunda juga akan jauh lebih baik ketika menyampaikan gagasan dalam suatu forum.

5. Membuat Keputusan dengan Baik

Self awareness juga akan melatih Bunda membuat suatu keputusan dengan lebih baik. Sebab, kesadaran diri tersebut menjadikan Anda lebih bijak dan berhati-hati sebelum melakukan tindakan.

6. Menjadi Lebih Kreatif

Tahukah Bunda, tanpa disadari, self awareness dapat menjadikan seseorang lebih kreatif dalam banyak hal. Ini dikarenakan Anda menjadi fokus pada pengembangan kapasitas diri dan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan Bunda.

Cara Membangun Self Awareness

Cara Self Awareness (sumber: Pexels)
Cara Self Awareness (sumber: Pexels)

Pentingnya self awareness di atas tentu sangat sayang bila Bunda abaikan begitu saja. Untuk itu, Anda sebetulnya bisa menanamkan kesadaran diri dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan kondusif tentu akan menjadikan Bunda lebih mudah mengatur waktu dan pekerjaan. Sehingga, Anda pun bisa mengelola segalanya secara baik dan terorganisir tanpa ada masalah berarti. Untuk itu, cobalah jalin hubungan harmonis terhadap orang-orang di sekitar, sebab lingkungan cukup banyak berpengaruh dalam proses perkembangan diri Bunda.

2. Selalu Ingin Tahu

Tips lainnya membangun self awareness adalah Bunda harus selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tentunya terhadap hal-hal positif dan bermanfaat terhadap kualitas diri. Meskipun saat ini Anda belum mengenali passion ataupun kemampuan diri, namun Bunda akan mudah mengetahuinya dengan mendorong rasa ingin tahu.

3. Bertukar Pikiran

Melakukan diskusi atau bertukar pikiran bersama orang lain juga bisa menjadi salah satu cara membangun self awareness lho, Bund. Melalui hal ini, Anda dapat memperoleh wawasan dan pengalaman baru dari berbagai sisi.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk membangun self awareness adalah berani keluar dari zona nyaman. Yup, jika Anda selama ini berada dalam situasi tak berkembang, cobalah temukan hal-hal baru lainnya yang belum pernah Bunda ketahui. Anda bisa mulai dengan melakukan pengalaman unik dan bermanfaat bagi diri.

Baca juga: 15 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam, Bunda Wajib Tanam!

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu self awareness, jenis, manfaat, hingga tips menanamkannya dalam diri. Bisa dikatakan, self awareness adalah hal penting yang patut Anda miliki agar Bunda bisa mencapai kedamaian dan kesuksesan hidup. Untuk itu, jangan ragu melatihnya dengan menerapkan sejumlah cara membangun self awareness di atas, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Self Awareness: Arti, Manfaat & Cara Membangunnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]