1. Bayi

10 Rekomendasi Salep Biang Keringat Bayi Di Apotik Terampuh

Bunda, kulit bayi sangat sensitif sehingga membuat mereka sangat mudah terkena biang keringat, lho. Hal ini mengakibatkan rasa tidak nyaman pada bayi seperti gatal dan perih hingga membuat mereka menangis. Untuk mengatasi hal ini, Bunda perlu memberikan penangan khusus, salah satunya dengan menggunakan salep biang keringat bayi di apotik.

Perlu Bunda diketahui pula bahwa biang keringat yang dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan infeksi. Tentu, Bunda tidak inginkan hal ini terjadi pada bayi kesayangan? Maka dari itu, yuk pelajari jenis dan rekomendasi salep biang keringat bayi di apotik yang ampuh!

Jenis Biang Keringat Bayi

Sebelum membahas rekomendasi produk salep biang keringat bayi di apotik, ada baiknya Bunda mengetahui jenis-jenis biang keringat. Mengapa harus mengetahui jenisnya? Karena setiap jenis biang keringat memiliki cara penanganan yang berbeda. Agar tidak salah produk salep, yuk pelajari jenis biang keringat bayi.

1. Miliaria Rubra

Jenis biang keringat yang pertama adalah miliaria rubra. Biang ini terjadi pada lapisan kulit yang cukup dalam dengan gejala terdapat rasa gatal yang menyengat dan bintil merah. Ukuran biang keringat ini sekitar 1-2 mm berwarna merah yang menyebar. Penyebab dari biang yang satu ini adalah dikarenakan kulit bayi terlalu tertutup dan pakaian yang kasar sehingga menggesek kulit bayi.

2. Miliaria Profunda

Biang keringat jenis miliaria profunda terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam dari jenis yang pertama. Gejala dan ciri-ciri dari miliaria profunda hampir mirip dengan miliaria rubra namun dengan bintik yang lebih besar dan keras seperti butiran pasir. Khusus jenis ini sangat jarang terjadi, namun ketika muncul dapat dikatakan bahwa jenis ini bersifat kronis dan sering kambuh.

3. Miliaria Crystallina

Jenis miliaria crystallina adalah biang keringat yang sangat sering muncul pada lapisan kulit teratas. Bintil-bintil berisi cairan jernih ini akan membuat kulit bayi memerah. Meski menyebabkan kemerahan pada kulit, miliaria crystallina tidak gatal dan membuat sakit kok sehingga Bunda tidak perlu khawatir.

Penyebab Biang Keringat Bayi

Ada beberapa penyebab biang keringat pada bayi yang perlu diketahui untuk pencegahan agar biang keringat tidak muncul lagi pada bayi.

  • Penyumbatan pori-pori pada kulit bayi sehingga keringat tidak dapat keluar.
  • Pakaian yang kasar dan tidak lembut membuat kulit sensitif bayi akan tergesek dan mengakibatkan biang keringat.
  • Pakaian tidak menyerap keringat dengan sempurna.
  • Bayi berada ditempat yang panas sehingga memicu biang keringat terjadi. Biang keringat pada bayi memang bukanlah hal yang serius, namun untuk kasus dimana bayi diletakkan pada suhu yang membuat mereka panas, ada beberapa kasus kepanasan akan menyebabkan kematian mendadak pada bayi. Hal ini terjadi karena bayi tidak dapat mengendalikan suhunya sendiri sehingga akan mengalami serangan panas atau heat stroke

Gejala Biang Keringat Bayi

Bagi beberapa Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi, terkadang sedikit kesulitan membedakan antara keringat atau alergi. Perlu Bunda ketahui bahwa biang keringat dan alergi memiliki gejala yang mirip yakni membuat kulit bayi menjadi merah.

Penyebab dari biang keringat dikarenakan keringat yang terperangkap di bawah kulit, sedangkan alergi muncul karena respon tubuh karena alergi berupa makanan, debu, produk, dan perawatan bayi yang mengandung zat kimia yang tidak cocok untuk bayi. 

Gejala biang keringat pada kulit bayi umumnya adalah:

1. Kulit merah, bersisik, dan beberapa biang keringat terlihat seperti jerawat yang memiliki mata berisi air.

2. Bayi menjadi gelisah, menangis, dan sering menggaruk kulitnya. Mereka terlihat tidak nyaman.

3. Kulit sangat kering dan bersisik karena sering digaruk.

4. Banyak terdapat di leher, punggung, ketiak, dan beberapa anggota tubuh yang sering mengeluarkan keringat.

10 Rekomendasi Salep Biang Keringat Bayi di Apotik

Ketika Bunda sudah melakukan pencegahan namun bayi tetap terkena biang keringat, cek rekomendasi salep biang keringat bayi di apotik berikut ini.

1. Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream

Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream
Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream (Sumber: Shopee)

Produk pertama rekomendasi salep biang keringat bayi di apotik untuk bayi adalah Cusson Baby Sensi Care Intensive Soothing Cream yang terbuat dari 100% bahan organik. Ketika digunakan oleh si kecil maka akan memberikan kelembaban dan mencegah timbulnya rasa gatal. Produk ini sangat aman dan aman bagi kulit bayi karena khusus untuk kulit sensitif. 

Harga produk: Rp75.000

2. Sebamed Baby Care Cream

Sebamed Baby Care Cream
Sebamed Baby Care Cream (Sumber: Sebamed Indonesia)

Produk kedua salep biang keringat bayi di apotik yang dapat dicoba untuk bayi baru lahir yang mengalami biang keringat adalah Sebamed Baby Lotion. Lotion ini memiliki pH 5.5 yang sesuai dengan tingkat keasaman kulit bayi.Sehingga sangat aman dan direkomendasikan untuk bayi,

Harga produk: Rp100.000

3. Sudocrem Baby Care Cream

Sudocrem Baby Care Cream
Sudocrem Baby Care Cream (Sumber: Blibli)

Salep biang keringat bayi di apotik yang satu ini merupakan perawatan kulit bayi yang bersifat hipoalergenik yang membantu menjaga kelembaban kulit bayi dan dapat dijadikan obat biang keringat. Produk ini dapat membentuk pelindung pada kulit bayi yang sensitif.

Harga produk: Rp80.000

4. Allano Baby Lotion

Allano Baby Lotion
Allano Baby Lotion (Sumber: Tokopedia)

Produk rekomendasi salep biang keringat bayi di apotik adalah Allano Baby Lotion. Kandungan dari produk Allano memiliki organic olive oil yang telah melalui dermatology tested sehingga membuat kulit bayi menjadi lebih tenang. Memakai lotion ini akan membuat kulit menjadi lebih halus.

Harga produk: Rp110.000

5. Pure Baby Soothing Moisturizer Cream

Pure Baby Soothing Moisturizer Cream
Pure Baby Soothing Moisturizer Cream (Sumber: kalcare)

Kandungan Pure Baby Rash Cream Baby Lotion terdapat Dexpanthenol dan moisturizer yang memberikan kelembutan pada kulit bayi. Cream ini dapat menjadi salep biang keringat bayi di apotik yang akan membantu mengatasi masalah iritasi dan ruam pada kulit bayi yang memerah.

Harga Produk: 46.000

6. Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion

Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion'
Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion (Sumber: Tokopedia)

Produk rekomendasi untuk biang keringat di apotik selanjutnya. Selain untuk mengatasi biang keringat, lotion ini cocok untuk beberapa alergi. Produk ini mudah didapatkan di berbagai apotik terdekat dan sangat aman untuk bayi kesayangan kamu. 

Harga produk: 259.000

7. Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc

7. Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc
Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc (Sumber: zwitsal)

Produk-produk dari Zwitsal memang sudah terbukti aman pada bayi. Salah satu produk yang sangat ampuh untuk biang keringat adalah Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc. Cream ini dapat diaplikasikan pada daerah lipatan bayi ketika setelah mandi ataupun mengganti popoknya. 

Harga produk: Rp38.000

8. Pigeon Baby Cream

Pigeon Baby Cream
Pigeon Baby Cream (Sumber: Shopee)

Salah satu salep biang keringat bayi di apotik dengan merk Pigeon ini wajib Bunda coba. Salep yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal karena biang keringat ini bernama Pigeon Baby Cream. Produk ini bebas alkohol dan dapat digunakan untuk daerah yang kering dan iritasi.

Harga produk: 17.000

9. Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream

Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream
Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream (Sumber: Shopee)

Banyak Bunda yang merekomendasikan Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream. Produk ini dapat meredakan rasa gatal serta menenangkan kulit iritasi akibat dari biang keringat. Selain itu, cream ini sangat ringan dan dapat membuat bayi menjadi lebih bebas beraktivitas.

Harga produk: 125.000

10. Caladine Baby Liquid Powder

Caladine Baby Liquid Powder
Caladine Baby Liquid Powder (Sumber: Shopee)

Rekomendasi salep biang keringat bayi di apotik yang terakhir adalah Caladine Baby Liquid Powder. Produk ini dapat meredakan rasa gatal akibat biang keringat, teksturnya sangat ringan dan sejuk di kulit sehingga membuat bayi merasa sangat nyaman. Caladine banyak direkomendasikan karena terkenal ampuh mengatasi biang keringat.

Harga produk: 46.000

Beberapa salep biang keringat bayi di apotik terkadang tidak sesuai dengan kulit bayi, sehingga Bunda harus selalu memperhatikan ketika memakai produk, apakah produk meringankan biang keringat atau malah memperparah. Ketika produk tidak sesuai dengan yang dibutuhkan kulit bayi segera hentikan pemakaian dan periksa ke dokter. Semoga artikel ini dapat membantu para Bunda yang memiliki bayi dengan biang keringat!

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Salep Biang Keringat Bayi Di Apotik Terampuh
  • 10 Juli 2023

    Cara Anda menggambarkan segala sesuatu dalam tulisan ini benar-benar menyenangkan, setiap orang dapat dengan mudah menyadarinya, Terima kasih banyak.

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

Trending

Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]