1. Kehamilan

7 Merk Pil KB yang Bagus dan Aman Serta Efek Sampingnya

Bagi Bunda yang menginginkan keluarga berencana, tentu harus mengkonsumsi pil kontrasepsi atau penggunaan alat kontrasepsi lainnya. Namun, Bunda harus pintar-pintar dalam memilih pil KB yang bagus dan aman untuk dikonsumsi karena maraknya pil kontrasepsi yang kurang terpercaya. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pil KB yang bagus, yuk, kita bahas terlebih dulu cara kerjanya. Pil kontrasepsi mencegah terjadinya proses pembuahan dengan cara mempengaruhi indung telur dan rahim. Berikut ini adalah 7 merk pil KB yang bagus dan aman serta efek sampingnya. 

7 Merk Pil KB yang Bagus

Beberapa merk pil KB yang bagus di bawah ini telah direkomendasikan oleh tenaga kesehatan dan bisa didapatkan di apotek dan toko obat.  

1. Pil KB Andalan

Pil Andalan. (Sumber: Orami)

Pil kontrasepsi yang bagus ini merupakan salah satu pil kontrasepsi yang terkenal dan harganya yang terjangkau. Pil KB andalan mengandung levonorgestrel dan kandungan lainnya seperti ethinyl estradiol. 

2. Pil KB Diane 35

Pil Diane 35. (Sumber: KlikDokter)

Merk pil kontrasepsi yang bagus selanjutnya adalah pil kontrasepsi Diane 35. Dalam pil kontrasepsi ini mengandung etinil estradiol 35mcg dan siproteron 2mcg. 

Karena pil kontrasepsi Diane 35 merupakan obat keras dan psikotropika, maka untuk mendapatkan pil kontrasepsi ini harus berdasarkan resep dokter. Harga pil kontrasepsi Diane 35 ini seharga Rp 135.000 – Rp 150.000  

Baca Juga:  Mari Ketahui 7 Ragam Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

3. Pil KB Microgynon

Microgynon merupakan salah satu merk pil kontrasepsi yang bagus. Pil kontrasepsi yang mengandung levonorgestrel dan etinilestradiol. Cara kerja pil KB microgynon ini adalah dengan mengubah lapisan rahim dan mencegah ovulasi. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah pil kontrasepsi ini tidak dianjurkan untuk perempuan yang memiliki riwayat penyakit hati. Harga pil microgynon ini dibanderol sekitar Rp 17.000 – Rp 20.000.  

4. Postinor

Rekomendasi pil kontrasepsi selanjutnya adalah postinor. Pil kontrasepsi postinor mengandung levonorgestrel sebesar 0,75 mg. Postinor termasuk ke dalam pil KB darurat yang dapat dikonsumsi sekali setelah berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman. 

Pil kontrasepsi postinor harus diminum 12 – 72 jam setelah melakukan hubungan seks. Pil kontrasepsi ini bisa Bunda dapatkan di apotek dengan harga yang cukup terjangkau. 

5. Trinordiol

Pil kontrasepsi trinordiol sama dengan postinor yang dapat dikonsumsi setelah melakukan hubungan badan. Trinordiol mampu mencegah pelepasan sel telur, dan dapat mencegah pembuahan sel telur. Pil kontrasepsi trinordiol dapat Bunda temukan di apotek dengan harga yang terjangkau. 

6. Pil KB Yasmin

Pil kontrasepsi yasmin mengandung hormon progestin dan estrogen seperti drospirenone 3mg, dan ethinyl estradiol sebanyak 0,3mg. Hormon tersebut dapat menghentikan pembentukan sel telur. 

Pil kontrasepsi yasmin memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah mencegah terjadinya risiko kista pada ovarium dan mengurangi darah yang berlebihan saat sedang haid, serta mengurangi nyeri haid. Harga pil KB yasmin sekitar Rp 225.000.

7. Planotab

Bagi Bunda yang menderita penyakit maag, pil kontrasepsi planotab cocok untuk dikonsumsi karena tabletnya dilapisi dengan selaput gula sehingga tidak membuat lambung iritasi. Pil kontrasepsi planotab dapat Bunda temukan di beberapa apotek dan toko obat. 

Baca Juga:  Inilah 18 Tanda Tanda Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu!

Cara Minum Pil KB

Ada beberapa panduan yang harus diperhatikan sebelum meminum pil kontrasepsi. Simak langkah-langkahnya berikut ini ya Bunda. 

Cara Minum Pil KB Kombinasi

Pil kontrasepsi kombinasi mengandung hormon progesteron dan estrogen. Pil kontrasepsi kombinasi dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap hari, dan bisa dimulai kapan saja. Ada baiknya untuk mengkonsumsi 5 hari setelah mulai menstruasi. Jadi, pil kontrasepsi kombinasi akan bereaksi untuk mencegah kehamilan setelah selesai menstruasi. 

Cara Minum Pil KB Progestin

Pil kontrasepsi progestin adalah jenis pil yang mengandung hormon progesteron sintetik atau disebut juga sebagai progestin. Pil kontrasepsi progestin biasanya dikonsumsi oleh para Bunda yang berusia 35 tahun ke atas dan memiliki riwayat penyakit seperti pembekuan darah dan tekanan darah tinggi. 

Pil kontrasepsi ini juga memberikan perlindungan yang lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan pil kontrasepsi kombinasi. Pil kontrasepsi progestin dapat diminum sebanyak 1 pil setiap hari dan harus diminum di waktu yang sama. dengan toleransi keterlambatan selama 3 jam. 

Misalnya, Bunda minum pil ini pertama kali pada pukul 7 pagi, maka Bunda harus minum untuk keesokan hari dan seterusnya setiap jam 7 pagi, dan paling lambat jam 10 pagi.

Efek Samping Pil KB

Hal yang Bunda wajib ketahui adalah bahwa pil KB juga memiliki efek samping. Yuk, kita cari tahu bersama. 

1. Mual

Reaksi mual biasanya akan hilang setelah 2 bulan penggunaan. Untuk sementara waktu, konsumsi pil kontrasepsi bersama dengan makanan atau sesudah makan agar tidak mual.

2. Pendarahan di Luar Masa Haid

Efek samping ini dapat dicegah dengan mengonsumsi pil kontrasepsi pada waktu yang sama setiap harinya. Jika Bunda sudah mengkonsumsinya secara teratur tetapi masih mengalami perdarahan di luar masa haid, sebaiknya periksakan ke obgyn.

Baca Juga:  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

3. Kenaikan Berat Badan

Efek samping ini hanya terjadi jika pil kontrasepsi yang dikonsumsi mengandung estrogen dengan kadar yang tinggi, sehingga nafsu makan meningkat dan memicu penimbunan cairan di dalam tubuh.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Pil kontrasepsi yang beredar saat ini mengandung estrogen dengan kadar yang efektif tetapi tidak sampai menyebabkan peningkatan berat badan.

Baca juga: 13 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Bunda Ketahui!

Nah Bunda, itu tadi rekomendasi 7 merk pil kontrasepsi yang bagus dan aman untuk dikonsumsi beserta efek samping dan cara meminumnya. Yuk, kita sukseskan keluarga berencana dengan pil kontrasepsi. Ikuti terus artikel kehamilan dan parenting hanya di laman Bunda Times. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Merk Pil KB yang Bagus dan Aman Serta Efek Sampingnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]