1. Balita & Anak
  2. Parenting

10 Rekomendasi Permainan Anak yang Mendidik & Seru

Belajar tidak hanya dilakukan pada pendidikan formal di kelas saja, tapi juga bisa didapat melalui bermain permainan yang mendidik. Bukan hanya menyenangkan, namun Bunda juga dapat mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, emosi, dan sosialnya. 

Nah, Bunda Times punya referensi jenis permainan anak yang mendidik untuk dimainkan oleh si Kecil berikut ini.

Contoh Permainan Anak yang Mendidik untuk si Kecil

1. Memecahkan Teka-teki

Permainan anak yang mendidik pertama adalah permainan teka-teki. Melalui Bermain teka-teki dapat mendukung anak dalam belajar logika berpikir dan keterampilan memecahkan masalah. Permainan ini juga bermanfaat memperluas kosakata dan meningkatkan pemahaman membaca pada anak, artinya Si Kecil akan paham makna dari kata-kata dan tahu cara penggunaannya. 

2. Menggambar dan Berhitung

Kegiatan Menggambar
Kegiatan Menggambar (sumber: Pixabay)

Dengan menggambar, Bunda dapat memberi kebebasan pada Si Kecil untuk berekspresi dan menuangkan imajinasinya. Permainan anak yang mendidik ini bisa menjadi media bagi Bunda untuk melihat apa yang sedang dirasakan anak, baik perasaan marah, sedih, atau hal-hal yang sedang mengganggu pikirannya. Dengan berhitung, Bunda melatih kemampuan motorik halus pada Si Kecil.

3. Bermain Puzzle

Cara bermain puzzle yakni meminta pemain untuk menyusun kembali potongan gambar yang sebelumnya utuh. Sehingga jika Si Kecil dilatih kemampuan kognitifnya, seperti kemampuan imajinasi dan kesabaran, meningkatkan daya ingat, melatih keterampilan emosi dan sosialnya ketika bekerja sama menyelesaikan puzzle dengan Bunda atau anak lain, juga melatih keterampilan visuospasial dalam mengenal dan memahami warna, ukuran, bentuk, hingga ruang.

4. Scrabble

Permainan scrable
Permainan scrabble (sumber: Pixabay)

Scrabble adalah salah satu permainan olah huruf menggunakan media papan atau karton yang dicetak kotak-kotak seperti pada permainan ular tangga. Para pemain harus menyusun balok-balok huruf tersebut menjadi suatu kata yang memiliki makna. Melalui permainan anak yang mendidik ini, Si Kecil dapat memperkaya kosa katanya lewat cara yang menyenangkan. Scrabble biasanya dimainkan lebih dari 1 orang dan menggunakan perhitungan poin, sehingga melalui permainan ini Si Kecil dapat belajar berkompetisi, melatih fokus dan konsentrasi, juga berhitung.

5. Simon Says

Dalam permainan ini, satu orang akan berperan sebagai instruktur dan akan memberi beragam perintah, pemain hanya boleh mengikuti perintah tersebut jika instruktur mengucapkan “Simon berkata….” sebelum perintah tersebut. 

Permainan anak yang mendidik ini mampu melatih kemampuan mendengar dan konsentrasi pada anak. Si Kecil juga belajar menghormati orang lain dan menaati peraturan atau perintah yang berlaku. Permainan ini akan semakin menyenangkan jika dimainkan banyak orang.

6. Congklak

Congklak
Congklak (sumber: Wikipedia)

Permainan tradisional ini mampu mengasah kemampuan gerak dan berhitung Si Kecil, karena ketika mengisi lubang-lubang dengan cangkang kerang, biji tumbuhan, atau batuan kecil, biasanya Si Kecil juga akan sambil berhitung. Selain itu, Si Kecil juga dilatih kesabarannya ketika menunggu gilirannya bermain. 

7. Lego

Dengan mengajak bermain lego bersama, Bunda dan Ayah dapat membangun bonding dan meningkatkan frekuensi komunikasi dengan Si Kecil. Bermain lego juga memberi keleluasan kepada anak untuk berkreasi menyusun lego menjadi bentuk yang diimajinasikannya. Permainan ini juga tidak terbatas usia, sehingga dapat dimainkan Si Kecil berapapun usianya.

8. Bermain Game Menebak

Bunda dapat mengajak Si Kecil bermain menebak hal-hal sederhana seperti angka, gambar, buah-buahan, lagu, hingga anggota tubuh. Tujuan permainan ini untuk menggali rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir Si Kecil dalam menjabarkan sesuatu yang ada di sekitarnya.

9. Freeze Dance

Aturan dalam permainan ini yaitu anak harus menari saat musik diputar dan berhenti saat musik berhenti, begitu seterusnya. Ada “hukuman” yang harus diberikan, jika Si Kecil melanggar aturan tersebut. Sehingga Si Kecil belajar untuk berkonsentrasi untuk mendengarkan perintah dan membuatnya aktif bergerak.

10. Kelereng

kelereng
kelereng (sumber: Wikipedia)

Bunda pasti tau dong dengan permainan yang memiliki beragam sebutan di beberapa daerah seperti gundu, nekaran, atau kaleci ini. Permainan anak yang mendidik ini adalah kelereng. 

Melalui bermain kelereng, anak dapat belajar menyusun strategi, taktik, dan konsentrasi agar kelereng yang dimainkan dapat mendekati lubang, juga dapat mengenai kelereng lawan. Permainan ini juga menumbuhkan kemampuan sosialisasi, sportivitas, empati, percaya diri, dan kompetisi pada Si Kecil.

Baca juga: 12 Aplikasi Belajar Mengaji Anak yang Menarik Bagi Si Kecil

Nah itu tadi rekomendasi permainan anak yang mendidik. Lewat bermain bersama, Bunda dapat memperkuat ikatan dan hubungan dengan anak. Jadi, sudah menentukan mau bermain apa hari ini dengan Si Kecil? 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Permainan Anak yang Mendidik & Seru

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]