1. Bayi

20 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir, Lengkap!

Menyambut kelahiran si buah hati adalah hal yang paling mendebarkan bagi Bunda. Oleh karena itu, mempersiapkan segala perlengkapan bayi baru lahir sangat perlu untuk dilakukan. Ada baiknya juga bila peralatan tersebut di data agar tidak ada yang terlewatkan.

Agar tidak lupa, Diary Bunda sudah menyiapkan list 20 perlengkapan bayi baru lahir yang Bunda harus miliki. Yuk, simak apa saja perlengkapannya berikut!

20 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Lengkap, Dijamin Anti Mubazir!

Bunda, jangan lupa siapkan buku dan langsung dicatat daftar perlengkapan bayi baru lahir lengkap di bawah ini, ya!

1. Popok Kain

Perlengkapan bayi baru lahir yang pertama dan utama adalah popok kain. Ada berbagai macam popok kain yang dapat Bunda beli, namun ada baiknya untuk memilih popok dengan jenis kain katun. Bunda mungkin bertanya mengapa bahan katun sangat direkomendasikan untuk bayi, karena kain katun sangat halus dan dingin, hal ini membuat kulit bayi menjadi lebih nyaman. 

Bayi yang masih merah tentu membutuhkan popok kain dalam kesehariannya,untuk itu Bunda bisa menyiapkan sekitar 12-24 buah popok bayi untuk persedian.

2. Peralatan Mandi

Ada berbagai macam peralatan mandi yang wajib Bunda siapkan sebagai bagian dari perlengkapan bayi baru lahir. Beberapa peralatan yang wajib ada adalah bak mandi, penyangga bak mandi, sabun, dan sampo. Selalu pilih produk-produk yang terpercaya ya, Bunda agar kulit sensitif bayi tidak terkena iritasi.

3. Baju dan Celana Bayi

Pakaian bayi
Pakaian bayi (Sumber: Pixabay)

Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini adalah hal yang disukai oleh hampir semua Bunda, apalagi kalau bukan bagian memilih baju dan celana bayi. Ada berbagai macam baju dan celana yang dapat Bunda pilih yang sesuaikan dengan gender si bayi. Pilihlah warna-warna yang lucu dan menggemaskan untuk mereka. 

Beli baju dengan berbagai jenis seperti baju dengan lengan pendek, lengan panja, baju tidur, baju yang tebal ketika mereka kedinginan ataupun baju yang berbahan katun dan tipis untuk musim panas.

4. Tempat Tidur Bayi

Memilih tempat tidur adalah hal wajib yang perlu dimasukkan dalam list perlengkapan bayi baru lahir. Ada berbagai macam pilihan tempat tidur yang dapat menarik hati Bunda, namun ketika memilih tempat tidur ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Pilih tempat tidur yang memiliki celah sempit dengan tiang kayu dan plastik. Usahakan agar tempat tidur aman dan kepala bayi tidak bisa terselip di antara celah tiang.
  2. Hindari tempat tidur yang pagarnya bisa dinaik turunkan karena dapat membuat bayi beresiko jatuh.
  3. Perhatikan dan pilih bahan ranjang yang terbuat dari bahan stainless, jangan memilih bahan besi karena nantinya akan berkarat dan dikhawatirkan akan memberikan pengaruh kepada kesehatan bayi.
  4. Pilih tempat tidur yang dapat diperluas agar ketika bayi mulai lebih tinggi.   

5. Perlak

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah perlak. Barang yang satu ini sangat perlu untuk alas bayi ketika tidur atau diletakkan di tempat tidur. Dengan menggunakan perlak, kasur tidak akan basah sekalipun bayi mengompol.

6. Kain Bedong

Kehangatan dan kenyamanan adalah hal yang penting bagi bayi. Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini harus diperhatikan ketika Bunda membelinya. Pilihlah kain bedong dengan bahan yang lembut dan membuat bayi tidak kedinginan. Jangan lupa pilih motif yang lucu untuk membuat bertambahnya keimutan bayi Bunda.

7. Kelambu

Ketika memilih kelambu jangan lupa untuk memilih dimensi yang tidak terlalu kecil agar si kecil tetap bisa bergerak di dalam kelambu. Pilih pula yang mudah dilipat sehingga memudahkan Bunda untuk menyimpan kelambu setelah selesai dipakai. Perhatikan bahan jaringan terbuat dari bahan nilon tips.

8. Botol Susu

Botol susu
(Sumber: Pixabay)

Perlengkapan bayi baru lahir tidak lengkap jika tidak membeli botol susu beserta dotnya. Beberapa hal yang harus bunda perhatikan ketika memilih botol susu adalah daya tahan botol, pilih dot yang bengkok dan lunak, hindari merek yang kaku dan keras karena membuat bayi tidak nyaman, serta pilih produk dengan desain yang mirip seperti menyusu di payudara agar si kecil nyaman.

9. Tas Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini sebenarnya tidak terlalu urgent, tas bayi diperlukan untuk perlengkapan bayi ketika Bunda hendak bepergian. Pilih tas berukuran sedang agar perlengkapan bayi cukup dan muat.

10. Deterjen Bayi

Bagi Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi, memilih deterjen bayi harus hati-hati ya. Jangan sampai salah memilih produk karena dapat membuat bayi mengalami iritasi dan memicu alergi. Pilih deterjen yang memiliki label “hypoallergenic” pada kemasan yang artinya telah diformulasikan untuk tidak menimbulkan reaksi alergi, selain itu pilih deterjen tanpa pewangi, bebas pewarna, dan berbahan dasar alami.

11. Bib

Bib atau celemek bayi merupakan perlindungan baju bayi ketika minum susu ataupun makan. Ada berbagai bib yang dapat Bunda pilih dengan motif yang menarik. Bunda dapat membeli sekitar 3-4 bib untuk stok.

12. Perlengkapan Mengganti Popok

Bunda pasti paham si kecil akan sering diganti popoknya, maka dari itu sangat perlu untuk membeli perlengkapan popok bagi bayi yang baru lahir diantara adalah 1-2 lusin popok kain, popok sekali pakai, tempat popok kotor, tisu basah bayi, krim popok untuk membersihkan kulit bayi, handuk sebagai alas untuk mengganti popok.

13. Sarung Tangan & Kaos Kaki

Sarung Tangan & Kaos Kaki (sumber: Product Nation)
Sarung Tangan & Kaos Kaki (sumber: Product Nation)

Bunda dapat membeli 1-2 lusin sarung tangan dan kaos kaki untuk stok bayi. Pilih kain katun yang lembut dan tidak kasar agar bayi kesayangan Bunda tidak alergi.

14. Obat-Obatan

Bayi yang baru lahir terkadang sensitif terserang penyakit. Oleh karena itu Bunda harus menyiapkan beberapa obatan untuk waktu-waktu darurat. Beberapa obat yang harus Bunda siapkan adalah:

  1. Saline spray dan nasal aspirator untuk bayi yang mengalami pilek dan hidung tersumbat.
  2. Acetaminophen merupakan obat untuk bayi yang mengalami demam, nyeri karena tumbuh gigi, dan imunisasi.
  3. Sediakan obat batuk bayi dan jangan lupa untuk memilih merk terbaik.
  4. Menyiakan paracetamol
  5. Krim ruam popok juga sangat penting ketika bayi mengalami iritasi, fungsi krim ini adalah untuk menenangkan kulit bayi.

15. Gunting Kuku & Korek Kuping Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah gunting kuku dan korek kuping bayi. Pilih gunting kuku khusus untuk bayi dan korek kuping dengan kapas yang kecil.

16. Topi Bayi

Topi bayi
Topi bayi (Sumber: Pixabay)

Pelindung kepala bayi atau topi ketika agar tetap hangat. Pilihlah 2 top bayi dengan jenis yang berbeda, pertama yang tipis untuk di rumah dan yang tebal untuk dipakai bayi ketika keluar rumah.

17. Perlengkapan Kamar Bayi

Dekorasi kamar bayi mungkin akan membuat suasana kamar semakin lebih hidup. Beberapa perlengkapan bayi baru lahir untuk kamarnya adalah sprei anti air, lemari kecil, tempat sampah kecil, boks bayi, meja ganti, dan keranjang pakaian kotor.

18. Pompa ASI

Fungsi dari pompa ASI adalah untuk meningkatkan suplai ASI di samping ketika bayi menyusui secara langsung. Menyimpan stok ASI ketika Bunda sedang bekerja atau berada di luar sangat dibutuhkan. Beberapa hal yang harus Bunda perhatikan ketika membeli pompa ASI adalah botol penampung yang besar, corong lembut, dan pilih produk yang mudah dibersihkan. 

19. Stroller

Kereta dorong bayi atau stroller adalah barang yang wajib Bunda beli untuk kebutuhan bayi. Bunda tentu ingin sesekali mengajak buah hati untuk pergi berjalan-jalan atau sekadar berjemur, maka stroller sangat Bunda butuhkan.  Ada berbagai macam pilihan stroller, Bunda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. 

20. Mainan

Mainan bayi
Mainan bayi (Sumber: Pixabay)

Perlengkapan bayi baru lahir yang terakhir adalah mainan. Ketika memilih mainan, pastikan bahwa mainan mengandung bahan yang aman untuk bayi. Pilihlah mainan yang lucu dan sesuai dengan usianya.

Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Setelah mengetahui apa saja yang harus Bunda beli untuk perlengkapan bayi baru lahir, kali ini kita akan bahas tipsnya. Berikut tips memilih perlengkapan bayi baru lahir:

  • Pastikan bahan aman dan sudah diklaim tidak membuat bayi alergi.
  • Untuk pakaian, kain bedong, dan topi atau sarung tangan usahakan untuk memilih kain dengan jenis katun.
  • Popok, pakaian, sarung tangan, dan beberapa barang yang selalu dipakai usahakan untuk membeli dengan tok yang cukup, karena bayi cukup boros dalam hal pakaian.
  • Pilih barang-barang yang tidak mengandung pewarna dan bahan yang memicu alergi kulit.
  • Khusus tempat tidur usahakan untuk membeli tempat tidur yang dapat diperlebar karena bayi sangat cepat bertumbuh.

Itu tadi list-list yang dapat Bunda catat untuk membeli perlengkapan bayi baru lahir. Jangan terlalu membeli banyak banyak barang ya karena bayi sangat cepat tumbuh dan hal ini akan membuat barang menjadi mubazir. Selamat berbelanja, Bunda!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir, Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]