1. Bayi

Punya Makna Indah, Ini 10 Ide Nama Bayi Perempuan Sansekerta

Apakah Bunda sedang bingung memilih nama untuk anak perempuan? Ada banyak pilihan bahasa yang bisa menjadi pilihan ya Bund, salah satunya menggunakan bahasa Sansekerta. Menjadi bahasa sejarah yang mirip dengan bahasa Latin, Yunani, serta Indo-Eropa, nama bayi perempuan Sansekerta ini tidak banyak digunakan dan terkesan unik dari yang lain.

Selain itu, nama si Kecil kelak bisa mempunyai makna yang indah karena di dalamnya terdapat doa dan harapan dari Bunda dan Ayah, bukan? Maka dari itu, berikut nama bayi perempuan Sansekerta dan artinya yang bisa menjadi pilihan Bunda, simak sampai habis ya.

Ide Nama Bayi Perempuan Sansekerta dan Artinya

Umumnya nama bayi terdiri dari tiga suku kata yakni nama depan, tengah, dan belakang. Nah, agar Bunda terinspirasi berikut adalah pilihan nama bayi perempuan dari bahasa Sansekerta beserta artinya, yang tentunya unik dan nggak pasaran.

1. Aretha

Memiliki arti sebagai berbudi baik dan saleh, diharapkan nantinya si Kecil bisa selalu berperilaku baik, saleh, dan disukai oleh banyak orang. Selain itu, Aretha juga punya makna baik dan santun. Contoh rangkaian nama bayi perempuan Sansekerta yang bisa Bunda pakai misalnya “Aretha Dhira Kalyani”, yang bermakna anak perempuan cerdas, sabar, dan punya budi pekerti baik.

2. Bora

Terdengar seperti nama Korea, tetapi Bora juga berasal dari bahasa Sansekerta loh.. Memiliki makna sebagai salju, tetapi bisa juga diartikan sebagai kepintaran dan kecerdasan. Diharapkan nantinya bayi perempuan ini memiliki kecerdasan dan kepintaran di atas rata-rata. 

Ide rangkaian nama bayi perempuan sansekerta yang bisa dicontoh adalah “Bora Malini Ashadiya” yang berarti anak perempuan cerdas, yang selalu menebar ketenangan dan kebaikan.

3. Damayanti

(Sumber: Pexels)

Nama bayi perempuan sansekerta kuno ini memiliki arti sebagai pekerjaan yang sempurna, namun bisa dimaknai sebagai anak perempuan yang pandai bekerja keras.  Jika Bunda ingin menggunakan nama Damayanti, salah satu contoh kombinasi yang bisa digunakan misalnya “Damayanti Akasha”. Nama ini memiliki arti anak perempuan yang bekerja keras dan memiliki wawasan luas seperti langit di angkasa.

4. Dayana

Arti nama bayi perempuan Sansekerta yang satu ini adalah seorang putri. Bunda bisa mengkombinasikan nama ini dengan “Dayana Puspita Dewi”, yang bermakna putri cantik dan anggun yang memiliki sifat menyenangkan seperti bunga.

5. Dineshcara

Dayana (Sumber: Pexels)
Dayana (Sumber: Pexels)

Bunda juga bisa memberikan nama bayi perempuan Sansekerta satu ini, yaitu Dineshcara. Memiliki makna seperti matahari, yang memberi warna, kehangatan, dan menerangi seseorang di sekelilingnya. Contoh kombinasi nama dari Dineshcara misalnya “Nanda Dineshcara Naratama”. Ini berarti anak perempuan yang selalu membawa keceriaan dan cahaya kebahagiaan.

6. Faleesha

(Sumber: Pexels)

Nama bayi perempuan Sansekerta selanjutnya adalah Faleesha yang berarti bunga tulip. Bunga ini diketahui sebagai bunga yang sangat cantik dan tentunya nama ini pun bisa juga digunakan sebagai nama favorit bagi anak perempuan ya, Bund. 

Salah satu kombinasi nama yang bisa Bunda gunakan dengan nama Faleesha misalnya “Faleesha Lakshita Atmaja”. Nama ini memiliki makna baik, yakni anak perempuan cantik yang senantiasa berdoa kepada Tuhan.

7. Hanvi

Bunda, ide nama bayi perempuan lainnya adalah Hanvi, yang berarti berpikir jernih. Buah hati dengan nama Hanvi ini juga diharapkan menjadi sosok yang anggun karena pemikirannya. Contoh rangkaian nama yang bisa Bunda misalnya “Hanvi Janitra” yang bermakna perempuan anggun yang berpikiran jernih dan berderajat tinggi.

8. Hiroki

(Sumber: Pexels)

Wah nama ini terdengar seperti nama orang Jepang ya Bund, tetapi ternyata Hiroki juga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti sebagai puisi. Sehingga diharapkan agar si Kecil kelak menjadi seseorang yang selalu menginspirasi sekitarnya, seperti pada setiap bait puisi. Kombinasi yang bisa dicontoh misalnya “Alin Hiroki” yang artinya perempuan pembawa cahaya dan selalu menginspirasi.

9. Ishana

(Sumber: Pexels)

Nama Ishana tidak hanya menjadi nama bayi Sansekerta yang bagus, tetapi juga kekinian. Dan memiliki makna sebagai kaya harta dan tercukupi kebutuhannya. Nama ini juga sangat populer digunakan bayi modern saat ini, loh Bund. Rangkaian nama yang bisa digunakan seperti “Ishana Anandita” yang berarti perempuan kaya yang selalu ceria.

10. Zora

Zora (Sumber: Pexels)

Ide nama bayi dari bahasa Sansekerta selanjutnya adalah Zora, yang berarti matahari yang terbenam dengan indah. Nama anak perempuan ini cocok bagi Bunda yang menyukai alam dan juga berharap sang anak tumbuh memberikan kehangatan bagi keluarganya. Ide rangkaian nama bayi ini adalah “Zora Dafhina” yang berarti anak perempuan yang memberi kehangatan dan bernilai tinggi.

Baca juga: Doa Mandi Puasa Ramadhan, Niat Keramas, & Tata Cara Melakukannya

Itulah kumpulan rangkaian nama bayi perempuan Sansekerta lengkap beserta artinya yang bisa dijadikan inspirasi Bunda. Apakah Bunda sudah menentukan mau menggunakan nama yang mana? Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Punya Makna Indah, Ini 10 Ide Nama Bayi Perempuan Sansekerta

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]