1. Balita & Anak

7 Manfaat Daun Miana untuk Anak, Salah Satunya Atasi Batuk

Daun miana adalah daun yang memiliki kombinasi warna merah dan hijau. Namun, tak hanya terlihat indah tampilannya, ternyata ada berbagai manfaat daun miana bagi kesehatan cukup beragam.

Daun miana sebenarnya sudah dikenal sebagai tanaman herbal dengan segudang khasiat sejak zaman dahulu. Namun, beberapa dari Bunda mungkin masih asing dengan nama daun ini.

Pasalnya, di Indonesia sendiri, daun miana memiliki banyak nama dan berbeda-beda di setiap daerah. Orang Sunda menyebutnya sebagai jawer ketok, sedangkan di Madura disebut sebagai majana.

Lantas, apa saja manfaat daun miana bagi kesehatan anak? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Manfaat Daun Miana untuk Anak

Berikut adalah beberapa manfaat daun miana untuk anak, mulai dari meredakan gejala batuk, hingga mengatasi penyakit serius seperti epilepsi.

1. Meredakan Batuk

Salah satu manfaat miana adalah meredakan batuk. Batuk termasuk dalam gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi sehingga sering kali diabaikan dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

Padahal, batuk bisa sangat mengganggu kenyamanan si kecil lho, Bunda. Batuk dapat berdampak pada pernapasan, perubahan suara, nyeri tenggorokan, hingga mengganggu aktivitas makan minum.

Jika Bunda ingin menggunakan daun miana untuk meredakan batuk, Bunda dapat merebus beberapa helai daun kemudian memberikannya air rebusan daun kepada anak. Cara ini dipercaya dapat mengeluarkan dahak saat anak batuk.

2. Menurunkan Demam

Selain meredakan batuk, menurunkan demam juga menjadi salah satu manfaat daun miana bagi anak.

Memang, sebagian besar demam pada anak bukanlah kondisi yang serius, namun Bunda tetap perlu mencari cara untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan bahan alami seperti daun miana.

Bunda dapat merebus beberapa helai daun miana menggunakan tiga gelas air, kemudian tunggu hingga menyusut menjadi 1–2 gelas. Jika sudah dingin, berikan air miana pada anak setidaknya sebanyak setengah gelas.

Baca Juga: Panduan untuk Si Kecil: Susu UHT untuk Anak Usia Berapa?

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika si kecil mengalami masalah pencernaan, Bunda dapat memberikan ramuan herbal dari daun miana untuk mengatasinya.

Caranya pun cukup sederhana, yakni dengan mencuci bersih beberapa lembar daun miana kemudian rebus hingga airnya mendidih. Berikan rebusan daun niama pada anak secara rutin hingga masalah pencernaannya membaik.

4. Meredakan Mata Merah

manfaat daun miana berikutnya adalah meredakan mata merah. Selain menggunakan obat tetes mata, Bunda juga dapat memanfaatkan daun miana untuk meredakan mata merah pada anak akibat iritasi.

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, jika ingin menggunakan daun miana untuk meredakan iritasi, maka cukup cuci bersih daun miana kemudian kompreskan daun miana basah di bagian mata yang iritasi.

5. Mengatasi Bisul

Bisul adalah masalah kulit yang sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri. Meski berawal dari benjolan kecil, namun bisul dapat membesar seiring waktu dan menyebabkan nyeri.

Si kecil tentu akan merasa tidak nyaman saat merasa nyeri akibat bisul. Nah, untuk mengatasinya Bunda dapat memanfaatkan daun miana sebagai obat alami.

Caranya dengan mengambil 1–2 lembar daun miana, kemudian cuci hingga bersih dan keringkan. Kemudian, panaskan daun di atas api secar hati-hati, namun jangan sampai gosong.

Tempelkan daun miana yang masih dalam keadaan hangat ke bagian bisul.

Baca Juga: 9 Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur yang Perlu Diketahui

6. Mengurangi Risiko Obesitas

Manfaat daun miana berikutnya adalah membantu menurunkan risiko obesitas. Pasalnya, ekstrak daun miana diketahui dapat mengurangi lemak tubuh pada pengidap obesitas (berat badan berlebih). 

7. Mengatasi Epilepsi

Epilepsi adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat aktivitas listrik di otak tidak terkontrol, sehingga memunculkan gejala kejang.

Penelitian dalam Journal of Food Science and Technology disebutkan bahwa daun miana mengandung folklorik yang bermanfaat mengatasi gangguan kejang.

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun miana bagi kesehatan. Memang, daun ini dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan pada anak seperti yang disebutkan di atas.

Namun, dibalik manfaatnya, Bunda tetap harus berhati-hati saat akan mengonsumsi atau memberikannya kepada si kecil, ya. Pastikan daun sudah dalam kondisi bersih.

Bunda juga perlu memastikan bahwa si kecil tidak menunjukkan reaksi alergi apapun setelah mengonsumsi ekstrak daun miana atau menempelkannya pada kulit.

Jika si kecil memiliki kondisi khusus atau bawaan penyakit tertentu, sebaiknya Bunda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait dengan efek samping penggunaan obat alami ini, ya.

Baca Juga: Anak Muntah dan Mencret: Penyebab, Pencegahan, dan Perawatan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Manfaat Daun Miana untuk Anak, Salah Satunya Atasi Batuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]