1. Gaya Hidup
  2. Home & Living

10 Menu Makan Malam untuk Keluarga Ini Wajib Banget Dicoba!

Bunda, menjalin keintiman dengan keluarga dalam momen-momen hangat tentu sangat diperlukan. Banyak cara yang dapat Bunda lakukan untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga. Tahu nggak sih, Bund, kalau sebenarnya momen hangat itu dapat diciptakan sesimpel membuat hidangan makan malam untuk keluarga, lho.

Saat membuat hidangan makan malam pun sebaiknya Bunda tak sembarangan, karena Bunda juga wajib memperhatikan kandungan-kandungan bahan makanan, sehingga Bunda pun akan menciptakan sajian makan malam untuk keluarga yang sehat dan lezat. Penasaran makanan apa saja yang cocok Bunda hidangkan untuk makan malam keluarga? Simak rekomendasinya berikut ini!

Hidangkan Sajian Sehat dalam Makan Malam untuk Keluarga

Menjalin keakraban dengan seluruh anggota keluarga sangat diperlukan, dan Bunda dapat memanfaatkan momen-momen hangat untuk semakin intim dengan keluarga. Salah satu momen yang pas untuk meningkatkan keakraban dengan keluarga adalah saat makan malam bersama. Membuatkan beberapa hidangan makan malam untuk keluarga nampaknya bisa Bunda jadikan opsi yang bagus.

Namun, Bunda tak bisa sembarangan dalam menyajikan makanan. Sebaiknya, Bunda memasak makanan sehat yang kaya kandungan baik untuk keluarga, seperti sayur, buah, dan lauk yang kaya akan protein. Dengan ini, selain menjadi lebih akrab dengan keluarga, Bunda juga menghidangkan sajian sehat untuk keluarga tercinta.

Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Keluarga

Penasaran apa saja rekomendasi menu makan malam untuk keluarga? Berikut ini Diary Bunda sajikan 10 rekomendasi menu makan malam untuk keluarga yang dijamin bakal bikin momen makan malam keluarga menjadi lebih hangat!

1. Capcay

Capcay (sumber: @sarigading.sby on Instagram)
Capcay (sumber: @sarigading.sby on Instagram)

Capcay sangat cocok dihidangkan bagi keluarga yang menggemari Chinese Food. Mengandung sayuran serta beberapa lauk bergizi seperti ayam, sosis, dan bakso ikan yang disukai keluarga seringkali menjadikan Capcay sebagai salah satu menu makan malam untuk keluarga yang terfavorit. Tak hanya itu, Capcay juga banyak mengandung zat yang baik bagi tubuh, seperti: kalsium, protein, dan fosfor dengan angka yang cukup tinggi.

2. Steak

Steak (sumber: @wijaya91 on Instagram)
Steak (sumber: @wijaya91 on Instagram)

Steak, merupakan hidangan simpel yang bisa menjadi favorit keluarga saat makan malam. Bunda dapat menggunakan daging sapi atau daging ikan salmon untuk diolah menjadi steak yang bergizi, khususnya untuk anak-anak. Setelah mengolah dagingnya, jangan lupa untuk membuat saus sebagai pelengkap steak. Bunda bisa membuat saus barbeque untuk menambah cita rasa dari steak yang Bunda sajikan dalam makan malam untuk keluarga.

3. Nasi Goreng

Nasi Goreng (sumber: @yolandaliee.kitchen on Instagram)
Nasi Goreng (sumber: @yolandaliee.kitchen on Instagram)

Nasi goreng merupakan salah satu sajian tradisional dan simpel yang bisa Bunda sajikan untuk makan malam bersama keluarga. Ditemani dengan beberapa lauk yang bergizi, seperti ayam dan telur, nasi goreng menjadi semakin lengkap untuk dinikmati keluarga. Jangan lupa tambahkan beberapa sayuran supaya sajian Bunda semakin sehat. Bunda perlu tahu bahwa nasi goreng mengandung beberapa zat baik seperti: karbohidrat, protein, serat, dan natrium.

4. Sup Tomyam

Sup Tomyam (sumber: @didin_chrida on Instagram)
Sup Tomyam (sumber: @didin_chrida on Instagram)

Sajian khas Thailand yang satu ini dapat Bunda coba bila keluarga sudah mulai bosan dengan sajian lokal. Sup yang memadukan beberapa seafood dengan protein tinggi, dengan kuah asam-segar yang nikmat ini pasti akan digemari keluarga. Tak hanya itu, Sup Tomyam juga mengandung beberapa zat yang baik bagi tubuh, antara lain: protein, karbohidrat, dan kalium.

5. Salad Sayur atau Buah

Salad Sayur (sumber: @eldisoraya on Instagram)
Salad Sayur (sumber: @eldisoraya on Instagram)

Menu makan malam untuk keluarga yang satu ini cocok disajikan bila Bunda sekeluarga sedang tak menginginkan hidangan yang terlalu berat. Mengolah beberapa jenis buah atau sayuran menjadi salad juga bisa menjadi favorit keluarga bila diolah dengan benar lho, Bund. Sebagai pendamping supaya lebih nikmat, Bunda dapat membuat beberapa saus yang sekiranya cocok dipadukan dengan salad buah atau sayuran yang sedang Bunda olah.

6. Omelet Mie

Omelet Mie (sumber: @warungmarung on Instagram)
Omelet Mie (sumber: @warungmarung on Instagram)

Bila Bunda ingin menyajikan sajian simpel yang disukai keluarga, Bunda wajib coba membuat Omelet Mie. Menu makan malam untuk keluarga yang satu ini sangat mudah diolah, sebab bahan untuk membuatnya hanyalah telur dan mie. Supaya sajian Bunda makin sehat, Bunda bisa tambahkan beberapa sayur serta topping berupa lauk berprotein tinggi seperti daging ayam, sosis, atau bakso ikan.

7. Ayam Goreng Rempah

Ayam Goreng Rempah (sumber: @rinshomemade on Instagram)
Ayam Goreng Rempah (sumber: @rinshomemade on Instagram)

Ayam goreng rempah merupakan sajian makan malam untuk keluarga yang bumbunya terbuat dari aneka rempah-rempah yang cukup komplit. Tak hanya mendapatkan citarasa yang nikmat, aroma dari ayam goreng rempah ini akan sangat wangi bila Bunda mengolahnya dengan rempah-rempah yang benar. Berbeda dari ayam goreng biasa, hidangan yang satu ini mampu membuat keluarga ketagihan untuk menyantapnya!

8. Pizza

Pizza (sumber: @dani_branca on Instagram)
Pizza (sumber: @dani_branca on Instagram)

Tak ingin makan nasi atau makanan yang terlalu berat? Pizza dapat menjadi salah satu referensi menu makan malam untuk keluarga. Berbahan dasar roti pizza yang dapat mengenyangkan, topping yang ada pada pizza pun turut disukai oleh keluarga. Bunda dapat membuat sendiri pizza ala rumahan yang penuh dengan sayur dan daging, sehingga jauh dari kesan junk food yang terkenal tidak sehat.

9. Tumis Jamur

Tumis Jamur (sumber: @jajane.fit on Instagram)
Tumis Jamur (sumber: @jajane.fit on Instagram)

Bila keluarga mulai bosan dengan sajian berupa sayuran hijau, Bunda dapat menjadikan Tumis Jamur sebagai sajian makan malam untuk keluarga. Selain karena mudah diolah, tumis jamur memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, seperti protein, yang akan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Selain itu, jamur juga memiliki banyak manfaat, diantaranya: mencegah kanker, mengontrol diabetes, dan menjaga kesehatan jantung.

10. Kwetiau Kuah dengan Sayuran

Kwetiau Kuah (sumber: @mariaulfah1357 on Instagram)
Kwetiau Kuah (sumber: @mariaulfah1357 on Instagram)

Hidangan makan malam untuk keluarga yang satu ini nampaknya sangat cocok dinikmati saat hujan. Makan malam Bunda sekeluarga akan semakin terasa hangat dengan kehadiran kwetiau kuah yang nikmat ini. Biasanya, kwetiau kuah disajikan dengan potongan-potongan kecil daging ayam dan beberapa jenis sayuran seperti sawi dan wortel. Simpel dan nikmat, Bunda wajib coba memasak hidangan yang satu ini!

Rekomendasi Tempat Makan Malam untuk Keluarga

Ingin sesekali menikmati acara makan malam bersama keluarga di luar rumah? Simak rekomendasi tempat makan malam untuk keluarga berikut ini!

1. Solaria

Solaria (sumber: @artosmall on Instagram)
Solaria (sumber: @artosmall on Instagram)

Solaria merupakan salah satu restoran yang menyajikan Chinese Food, yang dapat Bunda temui di mal-mal besar yang tersebar di seluruh Indonesia. Sajian menarik seperti nasi goreng, bihun, serta hidangan lain yang identik dengan chinese food dapat Bunda temukan di sini. Tak akan rugi, hidangan-hidangan yang disediakan oleh restoran yang satu ini memiliki rasa yang enak, terbukti dari ramainya pengunjung yang memenuhi seisi restoran.

2. D’Cost

Makanan di D'Cost (sumber: @zibzefry on Instagram)
Makanan di D’Cost (sumber: @zibzefry on Instagram)

Bunda dan keluarga merupakan penggemar seafood? Bunda wajib kunjungi restoran yang memiliki sajian khas seafood satu ini! D’Cost menyajikan beberapa sajian seafood yang disukai oleh keluarga, seperti kerang hijau. Bagi Bunda atau keluarga yang tak ingin menyantap seafood, Bunda bisa memesan hidangan lain karena restoran yang satu ini juga menyajikan banyak hidangan non-seafood yang nikmat.

3. Burger King

Burger King (sumber: @dailyeater on Instagram)
Burger King (sumber: @dailyeater on Instagram)

Makan malam bersama keluarga di Burger King cocok untuk Bunda dan keluarga yang bosan menyantap nasi sebagai hidangan makan malam. Tempat makan malam untuk keluarga yang satu ini menyajikan beberapa jenis burger dengan isian-isian yang menarik, mulai dari daging sapi, hingga daging ayam. Selain itu, tempat makan malam untuk keluarga yang satu ini juga menyajikan beberapa hidangan penutup seperti es krim dan float yang nikmat.

4. McDonalds

Hidangan dari McDonalds (sumber: @dinfoodiary on Instagram)
Hidangan dari McDonalds (sumber: @dinfoodiary on Instagram)

McDonalds merupakan salah satu restoran cepat saji yang sangat terkenal. Restoran yang satu ini dapat Bunda jadikan referensi tempat makan malam untuk keluarga. Menyajikan beberapa sajian nikmat seperti ayam goreng, burger, hingga kentang goreng akan membuat keluarga senang makan malam di sini. Selain itu, McDonalds juga memiliki beberapa hidangan penutup yang juga wajib dicicipi, seperti soft ice cream dan apple pie.

5. Sushi Tei

Hidangan di Sushi Tei (sumber: @hachi6_sushi on Instagram)
Hidangan di Sushi Tei (sumber: @hachi6_sushi on Instagram)

Berkunjung ke Sushi Tei untuk acara makan malam keluarga sangat cocok dilakukan bila Bunda sekeluarga merupakan penggemar makanan Jepang. Terkenal memiliki aneka hidangan sushi yang nikmat, Sushi Tei sama sekali tak pernah sepi pengunjung. Meskipun terkenal memiliki harga yang cukup mahal, sajian khas Jepang yang nikmat di lidah tak akan membuat siapapun merasa rugi, lho.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu! 10 Merk Vitamin C untuk Anak Ini Baik, Lho

Itulah tadi beberapa rekomendasi menu serta tempat makan malam yang bisa Diary Bunda sajikan kali ini. Di antara semua rekomendasi tersebut, manakah yang paling menarik hati Bunda? 

Momen makan malam bersama keluarga memanglah hal simpel yang bisa dilakukan untuk semakin erat dengan keluarga. Namun, Bunda harus tetap memastikan setiap makanan yang dikonsumsi keluarga adalah hidangan sehat dan bergizi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Menu Makan Malam untuk Keluarga Ini Wajib Banget Dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]