1. Bayi

8 Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan untuk Tumbuh Kembang

Usia 4 bulan adalah usia yang krusial karena bayi mulai berada pada fase tumbuh kembang dari berbagai aspek, mulai dari aspek fisik hingga aspek psikis atau emosional. Maka dari itu, membelikan mainan untuk si Kecil tidak boleh asal dan sembarangan. Mainan harus bermanfaat dan mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Banyaknya variasi mainan yang beredar tak ayal membuat para orang tua sedikit kesulitan memilihkan mainan yang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan oleh anak. Supaya tidak mubazir karena salah beli, Bunda Times telah menyajikan 8 rekomendasi mainan bayi 4 bulan beserta manfaat-manfaatnya.

Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan

Memberikan mainan untuk mendukung perkembangan si bayi memang penting untuk dilakukan lho, Bund. Bingung mau kasih mainan apa untuk bayi yang baru berusia 4 bulan? Simak beberapa rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang dapat menjadi pertimbangan sebelum Bunda memutuskan untuk membelinya berikut ini.

1. Buku Edukasi Anak

Buku Edukasi Bayi (sumber: Shopee)
Buku Edukasi Bayi (sumber: Shopee)

Meskipun anak belum bisa membaca pada usia sekitar 4 bulan, orang tua dapat menstimulasi perkembangan linguistiknya sejak dini, salah satunya dengan rutin membacakan cerita untuk si Kecil. Buku cerita edukasi sangat direkomendasikan sebagai mainan bayi 4 bulan karena pada usia ini, si kecil sudah menunjukkan perkembangan fisik, emosi, serta mulai berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. 

Mendengarkan suara orang tua juga dipercaya mampu meningkatkan kemampuan linguistik atau berbahasa, Bunda bisa dengan rutin dan terjadwal mendongengkan cerita mendidik kepada si kecil. Pilihlah buku yang dominan dengan ilustrasinya agar si kecil tertarik melakukan aktivitas ini.

2. Rattle Toys

Rattle Toys (sumber: Amazon)
Rattle Toys (sumber: Amazon)

Rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang berikutnya adalah rattle toys atau yang biasa dikenal dengan sebutan mainan krincing. Bunda dapat memberikan mainan-mainan krincing sebagai sarana hiburan bagi si kecil yang juga bermanfaat bagi proses tumbuh kembangnya.

Mainan kerincing atau rattle toys dirancang sedemikian rupa agar membantu proses perkembangan auditorik dan visual bayi. Contohnya adalah ketika si kecil sudah mulai merangkak, Bunda bisa menstimulasinya untuk terus bergerak dengan menggunakan mainan ini. Selain itu, pilihlah mainan kerincing yang dapat digenggam sehingga dapat dimainkan sendiri oleh si kecil.

3. Teether Toys (Mainan Gigitan)

Mainan Gigit (sumber: Shopee)
Mainan Gigit (sumber: Shopee)

Teether adalah mainan yang sangat direkomendasikan sebagai mainan bayi 4 bulan. Teether alias mainan gigitan dapat membantu perkembangan anak bayi yang tengah berada dalam fase oral. 

Fase oral adalah tahapan pertama tumbuh kembang anak bayi ketika mereka berusaha mengenali segala hal yang ada di lingkungan sekitarnya dengan gigitan. Inilah sebabnya jika si Kecil sering penasaran akan suatu barang dan langsung menggigitnya. Fase oral ini penting untuk dipenuhi dan ‘difasilitasi’ karena akan berpengaruh bagi pertumbuhan gigi, kekuatan gusi, bahkan dapat berpengaruh pada segi psikologis si kecil. 

Mainan bayi 4 bulan ini berfungsi untuk memenuhi fase oral anak bayi. Memiliki desain lucu dan warna yang mentereng, si Kecil tentu akan makin penasaran dan tertarik untuk memainkan teether ini. Teether dibuat dari bahan yang aman agar dapat digigit oleh bayi. Teether tersedia dalam ukuran, bentuk, dan harga yang beragam.

4. Mainan Gantung

Mainan Gantung (sumber: Pexels)
Mainan Gantung (sumber: Pexels)

Mainan bayi 4 bulan yang satu ini memang umum ditemukan dan mudah dijumpai di berbagai toko mainan dan perlengkapan bayi. Mainan-mainan gantung yang menarik ini mempunyai fungsi yang beragam. 

Bayi yang berusia 4 bulan biasanya sudah mulai menunjukkan koordinasi yang baik antara tangan dan kaki mereka, inilah alasannya mereka mulai senang menggerak-gerakkan kaki dan tangan serta meraih sesuatu. Tak hanya itu, si Kecil sudah bisa mengidentifikasi warna-warna yang mencolok dan menarik. 

Untuk memfasilitasi dan mendorong tumbuh kembangnya, Bunda dapat memberikan  mainan gantung yang bisa merangsang motorik dan tumbuh kembangnya.

5. Mainan Musik yang Berbunyi

Mainan Musik Bayi (sumber: AliExpress)
Mainan Musik Bayi (sumber: AliExpress)

Mainan musik berbunyi masuk ke dalam deretan rekomendasi mainan bayi 4 bulan. Jenis-jenis yang tersedia di pasaran pun beragam. Mulai dari piano mini dengan suara yang lucu sampai telepon genggam mainan. Mainan ini tidak memaparkan radiasi terhadap si kecil sehingga aman dimainkan dalam waktu yang lama, belum lagi, anak bayi memang cenderung menyukai sesuatu yang mengeluarkan bunyi-bunyian.

Mainan musik yang berbunyi dibuat untuk dapat menunjang perkembangan indera pendengaran, penglihatan, sampai motorik anak bayi. Hal ini karena mainan berbunyi menghasilkan bunyi-bunyian yang unik dan beragam serta dilengkapi tombol warna-warni yang mudah ditekan.

6. Ayunan

Ayunan Bayi (sumber: Ibupedia)
Ayunan Bayi (sumber: Ibupedia)

Ayunan adalah salah satu rekomendasi mainan bayi 4 bulan dan cocok bagi para Bunda yang mempunyai pekerjaan lain yang mesti lekas diselesaikan. Ayunan bayi berfungsi untuk menenangkan si Kecil yang rewel dan memberikan kenyamanan. Satu hal yang harus diingat adalah jangan pernah mengayun ayunan terlalu keras karena dapat mengakibatkan shaken baby syndrom dan mempengaruhi kondisi kesehatan otak anak bayi. Ayunan yang terlalu keras juga berisiko membuat bayi terjatuh dan cedera.

7. Playmat

Playmat (sumber: Kompas)
Playmat (sumber: Kompas)

Playmat atau matras bermain adalah salah satu mainan bayi 4 bulan yang tengah naik daun akhir-akhir ini. Playmat diperuntukkan bagi si kecil dengan usia 4 bulan ke atas untuk keamannya saat tengah bermain, apalagi saat bayi mulai mengalami tummy time. Besaran playmat bervariasi. Playmat biasanya didesain dengan  karakter binatang yang lucu atau bentuk-bentuk alfabet agar dapat turut melatih otak si Kecil.

Tummy time sendiri dimulai saat bayi berusia 4 bulan. Persis seperti namanya, tummy time adalah waktu yang disarankan untuk mulai melatih anak bayi dalam posisi tengkurap yang menyebabkan perut berhadapan langsung dengan lantai di rumah. Tidak jarang si kecil akan menolak ketika ditengkurapkan. Solusinya adalah tetap dibiasakan dan dilatih minimal 1-2 menit. Bunda juga bisa menggunakan playmat agar aktivitas tummy time semakin menyenangkan.

8. Soft Toys

Soft Toys (sumber: Pexels)
Soft Toys (sumber: Pexels)

Soft toys sederhananya adalah mainan bayi berbentuk boneka dengan beberapa fitur tambahan, salah satunya adalah apabila digerakkan memiliki bunyi ‘kerincing’ yang menarik dan menghibur. Berbeda dengan boneka pada umumnya, soft toys dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan dikombinasikan dengan kain yang cerah yang sekaligus mampu memancing rasa ingin tahu serta melatih motorik kasar bayi.

Tak hanya itu, desain karakternya juga lucu dan menggemaskan. Soft toys aman dimainkan dan digigit oleh si Kecil yang masih berumur 4 bulan karena memiliki bahan dan lembut sehingga tidak akan melukai gusi. Dengan klaim multi teksturnya juga selaras dengan paparan di atas, mainan ini mampu melatih motorik bayi untuk memperkuat genggamannya. 

Baca juga: Yuk, Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan!

Itulah beberapa rekomendasi mainan bayi 4 bulan beserta manfaatnya bagi tumbuh kembang si kecil. Jadi, mainan mana yang akan Bunda berikan untuk si kecil?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan untuk Tumbuh Kembang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]