1. Bayi

Memantau Perkembangan Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas

Ketika lahir, bayi belum memiliki kemampuan untuk fokus pada penglihatannya. Bahkan, dia masih begitu asing melihat orang-orang disekitarnya. Namun Bunda tidak perlu khawatir karena penglihatan bayi akan semakin membaik serta fokus dalam melihat ketika mereka bertumbuh.

Perkembangan Si Kecil merupakan momen yang sangat berharga bagi semua orang tua. Maka dari itu terkadang Bunda harus belajar dan mengetahui tahap perkembangan bayi secara medis. Yuk kita bahas secara lengkap tahap kapan bayi bisa melihat dan mendengar.

Mengetahui Perkembangan Kapan Bayi dapat Melihat

1. Perkembangan Bayi ketika berusia 1 Bulan

Ketika Si Kecil baru lahir, mereka biasanya hanya membuka mata dengan sangat kecil. Objek yang mereka lihat pun sangat terbatas yakni hanya sekitar 20-40 cm. Pada usia ini mata bayi cenderung akan melihat pada warna-warna yang cerah dan mencolok. 

Bunda harus memperhatikan bahwa bayi belum bisa melihat secara fokus. Bola mata mereka hanya mampu fokus pada sabtu objek dan tidak terlalu mampu mengikuti gerakan benda. Nantinya, penglihatan bayi akan semakin membaik seiring perkembangan usianya.

2. Perkembangan Usia 2-4 Bulan

Pada usia ini, mata bayi mulai melihat lebih jelas dibanding ketika mereka baru lahir. Mata Si Kecil akan melihat warna-warna yang disenanginya dan mengenai berbagai benda dengan desain yang rumit. 

Diusia ini, Bunda dapat memperkenalkan objek-objek seperti buku berwarna, mainan, dan berbagai benda lainnya. Mereka juga sudah mulai dapat memperkirakan jarak benda dari titik mata. 

3. Perkembangan Mata Bayi Usia 5 Bulan

Jika Bunda bertanya kapan bayi bisa melihat, maka di usia ini bayi kemampuan mata bayi mulai semakin baik. Si Kecil sudah dapat membedakan berbagai warna-warna yang soft. 

4. Perkembangan Usia 8 Bulan

Kapan bayi dapat melihat secara jelas? Pada usia inilah mata bayi mulai berfungsi lebih sempurna. Mata mereka sudah dapat berfungsi layaknya mata orang dewasa, dan sudah dapat mengetahui jarak antara benda dan titik mata. 

5. Mata Bayi di usia 12 Bulan

Perkembangan mata bayi akan sangat pesat pada usia ini. Si Kecil sudah mampu mengenali berbagai orang, terkhusus orang yang selalu mereka temui. Jadi, ada baiknya Bunda selalu berada disisinya pada masa penting ini agar mereka dapat mengenali Bunda.

Cara Merangsang Mata Bayi

Bunda mungkin menyadari bahwa Si Kecil belum memiliki fokus pada penglihatannya. Tidak perlu khawatir, Bunda dapat menggunakan beberapa cara untuk melatih mata si Kecil. Berikut cara merangsang mata bayi:

1. Menunjukkan gambar penuh warna

Buku penuh warna dapat merangsang mata bayi agar dapat membedakan warna
Buku penuh warna dapat merangsang mata bayi agar dapat membedakan warna (sumber: Pixabay)

Bayi biasanya senang dengan warna-warna yang menyegarkan mata. Bunda dapat menggunakan buku cerita yang penuh warna dan gambar sekaligus mengajak si Kecil bercerita. Interaksi ini akan menghasilkan pembelajaran yang baik bagi bayi.

2. Menggunakan Mainan

Mainan bayi
Mainan bayi (sumber: Pixabay)

Mata bayi ketika berusia 4 bulan keatas akan memperkirakan suatu jarak dari titik mata mereka. Bunda dapat melatih matanya dengan menunjukkan berbagai mainan yang menarik.

3. Mengajak Bermain

Bermain bersama bayi (sumber: Pixabay)
Bermain bersama bayi (sumber: Pixabay)

Selalu ajak Si Kecil untuk bermain dan berinteraksi secara langsung. Hal ini akan melatih pendengaran dan matanya. Selalu usahakan untuk berada di masa perkembangan penting ini ya Bunda, karena masa ini merupakan masa penting bagi pertumbuhan motoriknya.

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai kapan bayi dapat melihat. Setiap bulan sejak mereka lahir, mata mereka akan mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga Bunda harus selalu mempelajari apakah Si Kecil berkembang atau tidak. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda menjawab pertanyaan bunda kapan bayi dapat melihat ya! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Memantau Perkembangan Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]