1. Bayi

Anti Mubazir! 15 Rekomendasi Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Hadirnya momongan adalah momen yang amat dinantikan oleh keluarga dan orang-orang di sekitar. Memberikan kado kepada ibu dan bayi adalah salah ungkapan rasa suka cita dan selamat atas kelahiran bayi. Namun, beberapa aspek perlu dipertimbangkan supaya kado yang diberikan benar-benar bermanfaat di kemudian hari. Berikut tips dan rekomendasi  kado bayi yang dapat diberikan kepada Bunda.

15 Rekomendasi Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Simak 15 rekomendasi kado untuk bayi baru lahir di bawah ini.

1. Car Seat

Car Seat (sumber: Pixabay)
Car Seat (sumber: Pixabay)

Rekomendasi kado untuk bayi baru lahir yang pertama ini sangat bermanfaat apalagi jika orang tua bayi sering bepergian dengan menggunakan mobil. 

Bayi memiliki kondisi fisik yang amat rentangan, tak terkecuali dengan goncangan. Car seat adalah salah satu cara untuk memastikan bayi selalu aman saat bepergian. Barang ini sejatinya merupakan safety chair bagi bayi dan anak dan hanya bisa digunakan dengan rear-facing position atau posisi berlawanan dengan kursi di mobil. Car seat ini dapat digunakan bagi bayi hingga usia 2 tahun. 

2. Playmat

Playmat (sumber: Pixabay)
Playmat (sumber: Pixabay)

Bagi orang lain, matras bermain mungkin tidak diperlukan karena telah terdapat alas lainnya di rumah yang dapat dimanfaatkan untuk bayi bermain, berguling-guling, dan merangkak. Padahal, playmat bisa menjadi kado untuk bayi baru lahir yang usability nya tinggi dan pasti digunakan. 

Karakternya yang lucu menarik mata anak-anak untuk bermain diatasnya. Dengan bahan yang anti-air, membuat playmat lebih mudah dibersihkan setelah anak selesai bermain. Praktis sekali, bukan?

3. Selimut Bayi

Selimut Bayi (sumber: Pixabay)
Selimut Bayi (sumber: Pixabay)

Kado untuk bayi baru lahir yang berikutnya adalah selimut bayi. Selimut biasa digunakan pada bayi baru lahir untuk menghangatkan tubuh mereka. Tersedia berbagai jenis selimut bayi sesuai usia dan desain sesuai jenis kelamin.

4. Tas Diaper

Tas Diaper (sumber: Pexels)
Tas Diaper (sumber: Pexels)

Tas diaper sudah seperti barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap ibu yang memiliki buah hati berusia dibawah 2 tahun. Tas multifungsi ini digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan bayi untuk bepergian, mulai dari diaper, perlengkapan mandi, tisu serbaguna, botol dot, makanan atau minuman bayi, dll. 

Sekarang sudah banyak tersedia tas diaper dengan desain yang keren dan kapasitas besar, tetapi ringan dibawa yang cocok sebagai teman perjalanan Bunda.

5. Penutup Menyusui (Breastfeeding Cover)

Breastfeeding Cover (sumber: Pixabay)
Breastfeeding Cover (sumber: Pixabay)

Kado untuk bayi baru lahir tidak selalu berhubungan dengan bayi itu sendiri. Kado dapat berupa barang-barang yang bermanfaat bagi sang Ibu. Breastfeeding cover inilah yang bisa menjadi pilihan tepat. Dengan penutup menyusui, ibu akan lebih nyaman ketika harus menyusui sewaktu-waktu. Pilihlah breastfeeding cover dengan bahan yang tidak gerah dan menyerap keringat agar bayi tidak rewel.

6. Teether Bayi

Teether Bayi (sumber: Pixabay)
Teether Bayi (sumber: Pixabay)

Pertumbuhan gigi pada bayi dimulai dari usia 5-9 bulan. Pada saat inilah, bayi mulai curious dan menggigiti benda-benda yang ada di sekitar mereka. Apabila tidak diawasi, hal ini bukan tidak mungkin akan membahayakan mereka. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan teether atau mainan gigitan bayi yang dapat mendukung proses pertumbuhan giginya dengan aman. Oleh karena itu, teether bayi bisa masuk ke dalam rekomendasi kado bayi baru lahir.

7. Manicure Set untuk Bayi

Manicure Set (sumber: Pixabay)
Manicure Set (sumber: Pixabay)

Jangan salah, bayi juga memiliki produk manicure khusus untuk perawatan kukunya. Kuku bayi harus selalu dipotong secara rutin setiap 1 minggu sekali bagi kuku tangan dan 2 minggu sekali bagi kuku kaki agar tidak melukai bagian tubuhnya. Manicure set yang terdiri dari potongan kuku, kikir, pinset, dan gunting manicure bayi bisa dijadikan kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat.

8. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi (sumber: Pexels)
Peralatan Mandi (sumber: Pexels)

Terdengar klise, nyatanya peralatan mandi memiliki kebermanfaatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kado untuk bayi baru lahir yang lain karena pasti digunakan. Tak peduli berapapun usia bayi, peralatan mandi selalu dibutuhkan. Terdapat berbagai brand yang kini telah menyediakan set peralatan mandi seperti sabun dan shampoo sebagai kado newborn baby.

9. Dekorasi Kamar

Dekorasi Kamar (sumber: Pexels)
Dekorasi Kamar (sumber: Pexels)

Dekorasi kamar yang disesuaikan dengan jenis kelamin bayi bisa menjadi kado untuk bayi baru lahir cowok maupun cewek yang memorable dan menggemaskan. Bisa berupa karpet berbulu dengan karakter kartun populer, wall decoration bertuliskan nama bayi, pigura-pigura gemas, sampai boneka jumbo sebagai teman tidur. 

10. Baby Stroller

Baby Stroller (sumber: Pixabay)
Baby Stroller (sumber: Pixabay)

Baby stroller atau kereta dorong bayi dibutuhkan ketika mengajak bayi jalan-jalan untuk mencari udara segar. Baby stroller cocok digunakan sebagai kado bayi laki-laki dan perempuan. Pilihan harganya pun variatif. Mulai dari harga kisaran normal sejuta hingga puluhan juta. Jangan lupa untuk selalu mengecek kualitasnya terlebih dahulu, ya, Bunda!

12. Bath Tub Bayi

Bath Tube Bayi (sumber: Pexels)
Bath Tub Bayi (sumber: Pexels)

Mandi bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi bayi, yang tidak lain adalah dengan bermain air. Selain mainan bebek-bebek yang lucu, memilih bathtub yang besarnya disesuaikan proporsi tubuh bayi juga penting. Pilihlah bathtub sebagai kado untuk bayi baru lahir yang memiliki pengaman agar bayi tidak mudah terpeleset.

13. Bottle Sterilizer

Bottle Sterilizer (sumber: Pixabay)
Bottle Sterilizer (sumber: Pixabay)

Sterilisasi botol bayi dapat dilakukan dengan merebus botol selama beberapa saat agar bakteri dan kuman dapat mati. Namun, seiring berkembangnya teknologi, telah tersedia alat yang mampu mensterilkan botol secara otomatis dan amat praktis dibawa kemana-mana. 

Tidak hanya itu, alat ini juga mampu menghangatkan makanan dan minuman bayi, seperti ASI. Sangat serbaguna sekali, ya, Bunda. Cocok, nih untuk dijadikan sebagai kado bayi laki-laki maupun perempuan.

14. Buku Seputar Parenting

Parenting Book (sumber: Pixabay)
Parenting Book (sumber: Pixabay)

Rekomendasi kado bayi lainnya adalah buku seputar parenting. Bagi orang tua dengan newborn baby pertama, pengalaman ini terkadang membuat cemas dan khawatir. Untuk Mengobati kekhawatiran dalam mengurus buah hati, buku seputar parenting yang berisi berbagai macam informasi seputar pengasuhan anak adalah kado yang tepat

15. Pompa ASI

Pompa ASI (sumber: Pixabay)
Pompa ASI (sumber: Pixabay)

Perlengkapan menyusui memang makin mudah dijumpai di pasaran. Belum lagi, pilihan dan rentang harganya yang sangat beragam. Tak terkecuali pompa ASI ini. Bagi Bunda yang memiliki ASI lancar dan sebagai upaya pencegahan terhadap penumpukan ASI di payudara, memompa ASI adalah kegiatan rutin yang bisa dilakukan. 

Pompa ASI kini tersedia dalam bentuk elektrik yang otomatis dan yang manual. Tinggal dipilih mana yang paling cocok dengan preferensinya. 

Tips Memilih Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Bingung pilih yang mana? Ketahui beberapa tips dalam memilih kado untuk bayi baru lahir, yuk! Berikut ini adalah beberapa tips singkat memilih kado untuk bayi baru lahir: 

  • Utamakan manfaat dan efisiensi
  • Utamakan kualitas kado yang diberikan, jangan terkecoh dengan harga rendah supaya awet dan tahan lama.
  • Sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin bayi.
  • Pilih kado yang unik dengan tetap mempertimbangkan usability.

Sebenarnya, ada beragam pilihan lain kado untuk bayi baru lahir, tetapi jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa kado yang diberikan akan membawa manfaat jangka panjang bagi Sang Ibu dan bayi, ya, Bunda!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Anti Mubazir! 15 Rekomendasi Kado Untuk Bayi Baru Lahir

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

    Trending

    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
    Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]