1. Bayi

Mulai MPASI, Ini Panduan Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Paling Ideal

Sampai bayi berusia 6 bulan, memberikan ASI eksklusif adalah cara yang paling dianjurkan bagi Bunda untuk memberikan nutrisi terbaik. Begitu usianya memasuki 6 bulan, Bunda sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI, atau yang juga disebut dengan MPASI.

Meski begitu, pemberian MPASI harus dilakukan secara terencana, mulai dari jadwal, jenis makanan, dan porsinya. Pasalnya, semua faktor tersebut akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Lalu bagaimana jadwal makan bayi 6 bulan yang baik dan benar? Maka dari itu, yuk simak artikel di bawah ini ya, Bunda!

Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Memberi Makan Bayi (Sumber: Pexels)
Memberi Makan Bayi (Sumber: Pexels)

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, sistem pencernaannya pun ikut mengalami perkembangan sehingga siap untuk mengolah makanan di luar ASI. Dengan mengatur jadwal makan bayi 6 bulan, dapat membantunya untuk beradaptasi karena ada perubahan jenis makanan yang ia konsumsi. Sehingga dengan begitu, pencernaan bayi tidak akan ‘kaget’.

Terlebih lagi, bayi kurang peka terhadap rasa lapar dan kenyang, yang menyebabkan ia sering rewel ketika diberikan makan atau bisa muntah/gumoh jika makan terlalu banyak. Padahal, pengaturan rasa lapar dan kenyang ini sangat penting loh, Bunda. 

Untuk itulah perlu mengatur jadwal makan bayi 6 bulan agar ia peka terhadap rasa lapar dan kenyang pada sistem pencernaanya. Hal ini bertujuan agar pemberian MPASI pada bayi berjalan secara efektif dan lancar.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Ingat bahwa mengatur jadwal makan bayi 6 bulan perlu dilakukan secara bertahap, mengingat pencernaan bayi membutuhkan adaptasi dari ASI ke makanan padat. Hal ini disebabkan karena keduanya memiliki perbedaan tekstur, sehingga tidak disarankan untuk diberikan secara langsung dalam jumlah banyak.

Nantinya ketika bayi sudah terbiasa untuk makan, bayi perlu makan 3 kali sehari dengan tambahan snack sebanyak 1-2 kali dan ASI sebanyak 2-3 kali. Diantara waktu makan, sebaiknya bayi hanya diberikan air putih saja ya, Bunda. Lalu, hindari kebiasaan untuk ngemil terlalu banyak karena dapat menyebabkan bayi kenyang sebelum jadwal makanan utama tiba.

Nah, berikut ini merupakan tabel jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak yang dapat Bunda ikuti: 

jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak
Jadwal makan bayi 6 bulan

Setelah mengetahui jadwal makan bayi 6 bulan di atas, mungkin bagian tersulit adalah penerapannya. Meski begitu, wajar saja kok apalagi baru pertama kali memiliki buah hati. Tetapi, Bunda tak perlu khawatir karena realitanya tidak semenyeramkan itu. Kunci dari semua ini adalah telaten dan disiplin, agar Bunda bisa membantu si kecil belajar makan teratur sesuai jadwalnya.

Rekomendasi Menu Makan Bayi 6 Bulan

Makanan Bayi Usia 6 Bulan
Makanan Bayi Usia 6 Bulan (Sumber: thechampatree.files.wordpress)

Untuk bayi usia 6 bulan yang baru mulai makan, sebaiknya Bunda menggunakan satu jenis bahan makanan saja untuk dibuat puree atau bubur. Menu tunggal ini juga diberikan secara bertahap hingga nantinya bayi akan mencoba menu komplit atau yang biasa disebut dengan menu 4 bintang.

Ini dia beberapa rekomendasi menu tunggal yang sangat bergizi untuk bayi, antara lain:

1. Bubur Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak bayi. Berikan bubur alpukat dengan menggunakan sendok, jika terlalu kental bisa diencerkan dengan ASI atau susu formula.

2. Bubur Pisang

Pisang juga merupakan buah yang sangat baik untuk bayi, loh Bunda. Buah ini mengandung banyak serat pangan yang baik untuk pencernaan bayi. Membuat bubur pisang juga sangat mudah karena teksturnya lembut, bisa dihancurkan dengan garpu dan bisa ditambahkan ASI atau susu formula untuk mendapatkan tekstur yang lebih cair.

3. Bubur Beras Merah

Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi usia 6 bulan. Mengandung serat pangan yang tinggi, beras ini pun juga mudah dicerna dan mengandung vitamin B, folat, natrium, kalsium, serta zinc yang tentunya sangat bermanfaat untuk bayi.

Tips MPASI Bayi 6 Bulan

Nah, Bunda Times sudah merangkum beberapa tips pemberian MPASI pada bayi 6 bulan yang dapat dicoba agar MPASI berjalan lancar.

  • Tunggu beberapa menit atau beberapa hari jika si kecil menolak untuk diberikan MPASI, karena memang pencernaan dan indera perasanya masih beradaptasi. Coba pelan-pelan dan bertahap saja.
  • Jika bayi sudah mau makan satu jenis MPASI, tunggu sampai 3 hari sebelum mengganti dengan menu lainnya. Tujuannya agar mengetahui jika bayi memiliki alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.
  • Bunda bisa mencampur makanan dengan ASI atau susu formula agar tekstur MPASI menjadi lebih cair dan mudah dicerna.
  • Hindari memberikan madu untuk bayi dibawah 1 tahun, tunggu sampai usianya 1 tahun jika ingin memberikan madu.
  • Catat, garam dan gula tidak perlu diberikan pada awal MPASI ya, tunda pemberiannya hingga bayi berusia 1 tahun.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter apabila menemui kendala mengenai MPASI.

Demikian beberapa panduan serta jadwal makan bayi 6 bulan yang perlu Bunda perhatikan untuk si kecil. Semoga artikel kali ini membantu Bunda, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mulai MPASI, Ini Panduan Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Paling Ideal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]