1. Gaya Hidup
  2. Home & Living

15 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik untuk Qtime Keluarga

Quality time atau Qtime bersama keluarga sangat diperlukan dalam rangka mempererat hubungan antar anggota keluarga. Sebenarnya, banyak kegiatan-kegiatan simpel yang bisa dilakukan untuk melengkapi quality time ala keluarga. Salah satu hal yang dapat Bunda lakukan adalah dengan menonton film keluarga terbaik.

Meski terdengar simpel, kegiatan yang satu ini sangat menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga tercinta, lho. Lalu, film-film seperti apa sih, yang cocok ditonton bersama keluarga saat quality time? Tak perlu risau, karena berikut ini Diary Bunda sajikan rekomendasi film keluarga terbaik yang worth it untuk ditonton saat quality time bersama keluarga. Check this out, Bund!

Tonton Film Keluarga Terbaik untuk Qtime ala Keluarga Bunda!

Quality time bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan positif bersama keluarga. Salah satu kegiatan sederhana yang bisa mengisi quality time bersama keluarga adalah menonton film. Namun, tahukah Bunda bahwa tak sembarang genre film bisa asyik ditonton bersama keluarga lho, Bund.

Menonton film keluarga terbaik dengan genre komedi, animasi, hingga petualangan mampu menjadi opsi seru, terutama untuk anak-anak. Saat memilih film, Bunda juga harus pastikan bahwa film tersebut layak ditonton dan lulus sensor untuk anak-anak. Dengan memilih film yang benar, aktivitas quality time Bunda bersama keluarga pun akan terasa lebih menyenangkan.

Genre Film Keluarga Terbaik untuk Ditonton

Genre film seperti apa sih yang pantas untuk ditonton bersama keluarga? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini, Bund! 

1. Animasi

Animasi merupakan genre film yang terdiri dari gambar-gambar berurutan yang bertransisi dengan cepat seolah-olah gambar tersebut sedang bergerak. Genre film yang satu ini juga dikenal sebagai film kartun. Adapun beberapa perusahaan besar di dunia yang memproduksi film kartun ternama, antara lain: Studio Ghibli, Pixar, dan Disney.

2. Drama

Drama merupakan genre film yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Biasanya, film bergenre drama memadukan berbagai emosi dari pemainnya, bahkan juga memainkan emosi dari penontonnya. Beberapa film yang memiliki genre drama adalah Cek Toko Sebelah, Keluarga Cemara, dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

3. Komedi

Seperti yang kita ketahui, film dengan genre komedi memiliki banyak scene yang mengundang tawa bagi penontonnya. Dipenuhi dengan aksi jenaka, film dengan genre komedi ini menjadi salah satu genre film yang disukai oleh keluarga. Kini, banyak film bergenre drama, petualangan, dan animasi yang mulai memasukkan beberapa scene komedi dalam filmnya supaya banyak menarik penonton.

4. Petualangan

Banyak aksi yang ditampilkan film dengan genre petualangan. Seperti namanya, film dengan genre petualangan ini biasanya menampilkan petualangan secara fisik yang dilakukan oleh si tokoh. Beberapa film dengan genre petualangan yang asyik ditonton adalah Petualangan Sherina, Raya and The Last Dragon, dan Finding Nemo.

Rekomendasi Film Keluarga Terbaik versi Diary Bunda

Penasaran seperti apa film-film yang cocok ditonton saat quality time bersama keluarga tercinta? Berikut ini Diary Bunda sajikan 15 rekomendasi film keluarga terbaik untuk Bunda sekalian, silahkan dicatat!

1. Finding Nemo

Finding Nemo (sumber: Tabloidbintang)
Finding Nemo (sumber: Tabloidbintang)

Finding Nemo secara garis besar bercerita tentang kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Mengisahkan ayah Nemo yang berjuang menyusuri lautan selama berhari-hari demi menemukan anaknya yang hilang, kisah dalam film keluarga terbaik yang satu ini berhasil membuat siapapun meleleh hatinya. Dari film ini, anak-anak Bunda akan tahu bahwa orangtua akan selalu melakukan apapun demi anaknya, meski harus bertaruh nyawa.

2. Raya and The Last Dragon

Raya and The Last Dragon (sumber: Cinema Daily US)
Raya and The Last Dragon (sumber: Cinema Daily US)

Film keluarga terbaik yang satu ini mengisahkan seorang gadis bernama Raya, yang berpetualang demi memulihkan kondisi di tempat tinggalnya. Dengan kegigihan yang dimilikinya, Raya pada akhirnya berhasil mendamaikan seluruh penduduk di tempat tinggalnya dan semua orang pun hidup dengan damai. Dari film ini, anak-anak akan tahu bahwa perdamaian adalah segalanya.

3. Spirited Away

Spirited Away (sumber: IMDb)
Spirited Away (sumber: IMDb)

Serial kartun dari Studio Ghibli ini dirilis pada tahun 2001, namun masih menjadi salah satu film keluarga terbaik masa kini. Berkisah tentang seorang gadis bernama Chihiro yang berusaha menyelamatkan kedua orangtuanya dari pengaruh sihir, film ini akan mengajarkan bahwa seorang anak harus menyayangi kedua orangtuanya dengan sepenuh hati. Siap-siap berlinang air mata, deh!

4. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara (sumber: REVIEWINSKUY)
Keluarga Cemara (sumber: REVIEWINSKUY)

Keluarga Cemara merupakan salah satu film keluarga terbaik Indonesia yang masih banyak ditonton hingga tahun 2022. Dirilis ulang dalam bentuk film pada tahun 2019, Keluarga Cemara mengisahkan tentang keluarga kecil penuh kasih sayang dan saling menyayangi satu sama lain. Film ini memiliki makna bahwa harta yang paling berharga hanyalah keluarga.

5. Inside Out

Inside Out (sumber: Disney + Hotstar)
Inside Out (sumber: Disney + Hotstar)

Mengajarkan tentang berbagai macam bentuk emosi merupakan sesuatu yang penting untuk anak. Dalam film ini, anak-anak akan diajarkan tentang bagaimana megimbangi segala emosi yang ada. Bahkan, tokoh-tokoh yang ada di film ini juga dinamai dengan emosi-emosi yang biasa dirasakan oleh manusia, seperti: Joy, Sadness, Anger, Disgust, dan Fear.

6. Petualangan Sherina

Petualangan Sherina (sumber: Liputan6)
Petualangan Sherina (sumber: Liputan6)

Film keluarga terbaik Indonesia yang satu ini merupakan film lama yang hingga kini masih menjadi favorit keluarga. Mengisahkan petualangan tokoh yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero, film Petualangan Sherina ini sangat menyenangkan untuk ditonton anak-anak. Selain itu, Bunda dan Ayah juga bisa bernostalgia dengan menonton film ini, lho!

7. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (sumber: Unpaders)
Laskar Pelangi (sumber: Unpaders)

Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari sebuah novel milik Andrea Hirata. Banyak pelajaran hidup yang akan didapat setelah menonton film keluarga terbaik Indonesia yang satu ini. Berkat kisah filmnya yang penuh makna, Laskar Pelangi tetap menjadi salah satu film favorit keluarga hingga kini.

8. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

NKCTHI (sumber: Viva)
NKCTHI (sumber: Viva)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah buku yang ditulis oleh Marchella FP. Mengisahkan banyak cerita hidup sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan 3 orang anak, film ini mampu membuat siapapun banjir air mata kala menontonnya. Dari film ini, Bunda akan belajar bahwa keterbukaan di antara seluruh anggota keluarga sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan keluarga itu sendiri.

9. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro (sumber: IDN Times)
My Neighbor Totoro (sumber: IDN Times)

Satu lagi film animasi yang diproduksi oleh Studio Ghibli dari Jepang. Film berjudul My Neighbor Totoro ini bercerita tentang kakak beradik yang tinggal di sebuah desa, dan menemukan makhluk yang mirip dengan kelinci raksasa bernama Totoro. Banyaknya karakter lucu dalam film animasi ini akan membuat anak-anak happy saat menontonnya, Bund!

10. Home Alone

Home Alone (sumber: CNN Indonesia)
Home Alone (sumber: CNN Indonesia)

Film khas natal dan tahun baru yang satu ini tentu sudah tak asing di telinga kita. Yup, Home Alone sebenarnya merupakan film lama yang hingga kini pun masih sangat asyik untuk ditonton bersama keluarga. Mengisahkan kocaknya si tokoh, Kevin, yang berjuang sendirian menghadapi para penjahat kala ia terpisah dari keluarganya, film keluarga terbaik Hollywood yang satu ini mampu mengundang gelak tawa. 

11. Avengers: Endgame

Avengers Endgame (sumber: IMDb)
Avengers Endgame (sumber: IMDb)

Bagi Bunda yang memiliki anak laki-laki, sepertinya menonton film dengan tema superhero merupakan sesuatu yang menyenangkan. Avengers: Endgame merupakan salah satu sekuel dari Marvel Studios yang mengisahkan tentang bersatunya para superhero Avengers dalam memerangi kejahatan si toko antagonis, Thanos. Salah satu film keluarga terbaik Hollywood ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu film terlaris di dunia lho, Bund.

12. Ant Man and The Wasp

Antman and The Wasp (sumber: IMDb)
Antman and The Wasp (sumber: IMDb)

Masih dari Marvel Studios, Ant Man and The Wasp menceritakan kisah Scott Lang yang ingin membantu keluarga Hank Pym untuk dapat bersatu lagi. Namun, dalam mencapai tujuannya itu, Scott Lang dan partnernya, Hope Van Dyne menemui banyak masalah yang menyulitkan mereka. Tak hanya mengisahkan perjuangan para superhero, scene yang mempertontonkan kedekatan antara Scott Lang dan putrinya, Cassie, mampu membuat siapapun meleleh. 

13. Nussa: The Movie

Nussa The Movie (sumber: IMDb)
Nussa The Movie (sumber: IMDb)

Film animasi yang bernuansa islami ini pasti akan disuka anak-anak lho, Bund. Dalam film ini, diceritakan Nussa yang sedang mengikuti kompetisi sains, namun orang-orang sekitarnya mulai menaruh perhatian pada Jonni, siswa baru yang juga menjadi saingannya dalam kompetisi sains. Film keluarga terbaik satu ini penuh dengan makna karena Bunda dapat mengajarkan anak-anak tentang kelapangan hati kala sesuatu berjalan tak sesuai harapan si anak. 

14. The Incredibles

The Incredibles (sumber: IMDb)
The Incredibles (sumber: IMDb)

Film yang bergenre action dan komedi ini menceritakan sebuah keluarga yang semuanya adalah pahlawan super. Pada suatu masa, saat mereka telah hidup layaknya manusia normal, terdapat sebuah permasalahan yang mengharuskan mereka kembali bertugas menjadi pahlawan super. Secara tak langsung, film keluarga terbaik satu ini juga dapat mengajarkan pada anak bahwa sebuah tujuan keluarga dapat dicapai dengan bersinergi satu sama lain.

15. Wonder

Wonder (sumber: Mommyasia)
Wonder (sumber: Mommyasia)

Wonder merupakan salah satu film keluarga terbaik Hollywood yang mampu membuat penonton menangis haru. Bercerita tentang anak laki-laki bernama Auggie yang terlahir ‘spesial’, para penonton turut merasakan bagaimana sakit hati rasanya bila anak dibully oleh teman-temannya. Pada akhirnya, orangtua serta keluarga dari Auggie ini berjuang untuk memulihkan kondisi mental dari Auggie sendiri.

Baca juga: 15 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik & Penuh Pelajaran

Itulah tadi beberapa rekomendasi film keluarga terbaik yang bisa Diary Bunda sajikan kali ini. Di antara sederet film di atas, manakah yang akan Bunda tonton bersama keluarga saat quality time? Semua film ini merupakan film yang sarat akan makna, dan tentu saja recommended untuk ditonton bersama anak-anak!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik untuk Qtime Keluarga

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]