1. Keluarga

15 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik & Penuh Pelajaran

Agar si kecil tidak bosan belajar dengan membaca buku, ada kalanya Bunda memberikan tontonan lucu sebagai hiburannya sebagai bahan belajar. Ada banyak film kartun anak yang mendidik, seru, dan membuat mereka terhibur sekaligus mengetahui banyak hal. Yuk, simak rekomendasi film kartun anak yang mendidik. 

15 Rekomendasi Film Kartun Lucu, Seru, & Penuh Pelajaran

Berikut rekomendasi film kartun lucu yang dapat membuat si kecil terhibur. Jangan lupa untuk mendampingi mereka ketika sedang menonton ya Bunda, karena terkadang beberapa adegan bisa disalah artikan oleh si kecil sehingga Bunda harus bisa menjelaskannya secara tepat.

1. Encanto

Film Encanto
Film Encanto (Sumber: Disney Movies)

Film kartun anak yang mendidik pertama adalah Encanto. Encanto menceritakan tentang seorang perempuan bernama Mirabel Madrigal yang tidak memiliki kekuatan seperti anggota keluarganya yang lain. Ia banyak diabaikan terutama oleh neneknya, namun dengan keceriaan ia tetapberusaha untuk membuat semua orang senang.

Pada suatu hari, lilin yang menyokong kekuatan keluarganya mulai meredup. Kejadian tersebut menjadi awal perjalanan Mirabel untuk menemukan kembali kehangatan dalam keluarganya yang sirna karena keegoisan neneknya yang ingin semua orang mengembangkan kekuatannya.

Film ini merupakan film kartun disney dan mendapatkan ulasan yang bagus. Sangat cocok untuk si kecil yang senang dengan gender musical fantasy comedy. 

2. The Good Dinosaur

Poster Film The Good Dinosaur
Poster Film The Good Dinosaur (Sumber: Wikipedia)

Mengisahkan tentang persahabatan antara anak manusia gua dan dinosaurus yang ramah. Mereka kemudian melakukan petualangan yang misterius, berbahaya, dan lucu. Tingkah anak manusia gua yang polos akan menghibur si kecil. Film kartun anak yang mendidik ini tentunya banyak yang akan menyukainya.

3. Inside Out

Inside Out
Inside Out (Sumber: Wikipedia)

Film kartun anak yang mendidik selanjutnya adalah Inside Out. Sebagai manusia kita memiliki berbagai emosi yang ada di dalam otak. Film ini mengisahkan mengenai seorang gadis dan emosinya yang digambarkan dalam berbagai emosi yakni Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust. Ada banyak ilmu di dalam film ini yang mungkin orang dewasa pun harus ketahui. 

4. Masha and The Bear

Persahabatan antara beruang dan seorang anak kecil yang lucu akan menjadi cerita yang sangat menghibur. Kartun yang satu ini banyak disukai karena melihat gemasnya tingkah beruang yang terkadang pura-pura seram kepada Masha namun ternyata sangat menyayanginya. Mungkin Masha and The Bear dapat masuk ke dalam list film kartun anak.

5. Wall-E

Berkisah tentang masa depan bumi yang telah penuh dengan sampah dan tidak layak huni. Kondisi tersebut membuat manusia harus pindah dan meninggalkan bumi. Wall-E, robot yang berada di bumi yang sepi mengais barang barang dan memiliki ketertarikan terhadap benda-benda yang unik. Ia kemudian menyimpan benda-benda tersebut untuk dikoleksi.    

6. Frozen

Film kartun anak yang mendidik selanjutnya adalah Frozen. Film ini mengisahkan tentang perempuan bernama Elsa yang kesulitan untuk mengendalikan kekuatannya sehingga dia menjadi penyendiri. Kartun ini akan mengajarkan kepada anak bagaimana untuk berkembang dan mengendalikan kekuatan yang mereka punya. Sangat bagus dan mendapatkan banyak review positif.

7. Luca

film kartun anak yang mendidik
Film Luca (Sumber: Wikipedia)

Luca adalah film anak yang berkisah tentang petualang seorang monster laut yang sangat menyukai petualangan di daratan. Ia kemudian berjumpa dengan Alberto, salah satu monster laut dan menyukai hal yang menantang. Mereka berdua pun menjadi sahabat dan memulai petualangan baru. Film ini sangat lucu dan menghibur.

8. Finding Nemo

Rekomendasi film kartun yang mendidik selanjutnya adalah Finding Nemo. Film ini menceritakan tentang seekor ikan jenis clownfish yang berpetualang mencari anaknya yang tidak berhasil kaur dari penangkapan oleh nelayan. Film ini sangat bagus dan lucu untuk anak. Ada juga nilai-nilai yang mengajarkan tentang seberapa berharganya keluarga, teman, dan bagaimana usaha untuk selalu menjaga keduanya.

9. Zootopia

Menceritakan tentang seekor kelinci yang memiliki keinginan menjadi polisi di kota Zootopia, Judy sangat bersikeras mewujudkan mimpinya. Bunda dapat menemani si kecil menonton kegigihan Judy dalam menjadi hewan non-predator pertama yang menjadi polisi.

10. How to Train Your Dragon

How to Train Your Dragon
Film How to Train Your Dragon (Sumber: IMDb)

Rekomendasi film kartun anak yang mendidik terakhir adalah How to Train Your Dragon. Film ini menceritakan tentang pemuda bernama Hiccup yang berusaha mengikuti tradisi di kampungnya dengan membunuh seekor naga. Namun, ketika ia sudah menangkap naga tersebut, ia tiba-tiba berubah pikiran dan kemudian menjadi teman naga tersebut yang bernama Toothless. Kisah persahabatan di antara keduanya cocok sekali untuk ditonton bersama nak di rumah, Bunda.

11. Kung Fu Panda

Jika anak Bunda sangat menyukai panda maka rekomendasi film kartun anak yang mendidik selanjutnya adalah Kungfu Panda. Film ini menceritakan tentang seekor panda yang ingin memiliki kekuatan menjadi pendekar yang hebat. Banyak sekali yang mencemooh dan menjelaskan mimpinya namun ia tetap berusaha keras dan menjadikan dia pendekar yang tidak terkalahkan.

12. Cars

Film kartun yang mendidik selanjutnya adalah Cars. Menceritakan tentang pertemanan antara sesama mobil balap di kota Radiator Springs. Sangat cocok untuk anak laki-laki yang sering bermain mobil-mobilan. Bukan hanya itu, melalui film ini, anak juga dapat belajar untuk lebih menghargai setiap hal kecil dan berjuang untuk sesuatu yang ia inginkan.

13. Ratatouille

Ratatouille
Salah satu adegan di film Ratatouille (Sumber: Disney Movies)

Bagaimana jika seekor tikus bermimpi ingin menjadi koki? Yuk lihat petualangan Remy, tikus kecil yang mencoba meraih mimpinya dengan berteman dengan tukang sampah repotan di Paris bernama Alfredo Linguini. Dari film ini anak bisa belajar tentang betapa pentingnya usaha dan kejujuran, lho.

14.  Coco

Film Coco
Film Coco (Sumber: IMDb)

Film kartun yang satu ini lebih cocok ditonton bersama keluarga ketimbang hanya anak sendiri. Coco menceritakan mengenai betapa pentingnya keluarga. Melihat petualangan Coco yang bersikeras untuk menyanyi dan mengabaikan keluarganya. Selain lucu, visual animasi dari film Coco benar-benar sangat menakjubkan. Bunda wajib menontonnya bersama si kecil.

15. Toy Story

Anak kecil yang tidak tumbuh dengan mainan? Film Toy Story menceritakan mengenai mainan-mainan yang ternyata hidup namun berpura-pura mati ketika ada manusia. Menceritakan petualangan para mainan tampaknya sangat menyenangkan. Film ini sangat direkomendasikan sebagai film kartun yang mendidik dan syarat akan nilai persahabatan.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Anak Penuh Doa & Makna

Nah itu tadi berbagai rekomendasi film kartun anak yang mendidik. Semoga dapat menjadi referensi Bunda untuk tontonan keluarga bersama si kecil ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Rekomendasi Film Kartun Anak yang Mendidik & Penuh Pelajaran

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]