1. Parenting
  2. Tak Berkategori

7 Doa untuk Keluarga Tercinta yang Mudah untuk Diikuti

Bagi umat beragama, doa merupakan salah satu senjata agar permintaan dapat dikabulkan. Permintaan tersebut tidak hanya berupa materi, tapi bisa juga berupa rezeki lainnya seperti kesehatan dan keselamatan. Ayah dan bunda tentunya menginginkan keluarga yang harmonis. Setiap hari, doa untuk keluarga selalu dipanjatkan untuk keselamatan keluarganya. 

Keluarga yang selalu dilimpahkan rezeki dan keselamatan tentunya menjadi dambaan setiap orang. Dengan mempercayai kuasa Tuhan, tentu kita akan merasakan kekuatan dari doa yang kita panjatkan. Kali ini, Diary Bunda akan memberikan 7 doa untuk keluarga bagi keluarga Muslim dan Katolik. 

Doa untuk Keluarga Tercinta yang Islami

Doa untuk Keluarga Tercinta yang Islami. (Sumber: iStock)

Berikut ini adalah lima doa untuk keluarga muslim, agar keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah serta doa lainnya untuk keselamatan keluarga. 

1.Doa untuk Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warohmah

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (Q.s. Al Furqan:74).

2. Doa untuk Keluarga dan Saudara Sesama Muslim

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (Q.s. Ibrahim:14)

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang“. (Q.s. Al-Hasyr:10) 

3. Doa untuk Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (Q.s. Al-Baqarah: 201)

4. Doa untuk Keluarga Agar Dijauhkan dari Malapetaka

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudarat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

5. Doa untuk Keluarga yang Sudah Meninggal

Untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggal, doanya yang dibacakan sama dengan doa pada umumnya. Selain itu kita juga bisa mendoakan dengan memanjatkan surat Al-Fatihah. Doa untuk keluarga yang sudah meninggal dapat terbagi ke dalam dua jenis, yaitu untuk laki-laki dan untuk perempuan. Berikut ini doanya. 

Doa untuk yang sudah meninggal (laki-laki):

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Serta muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

Doa untuk yang sudah meninggal (perempuan):

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

Doa untuk Keluarga Tercinta Non Muslim

Doa untuk Keluarga Tercinta Non Muslim (Sumber: iStock)

Berikut ini adalah tiga doa keselamatan keluarga untuk agama Katolik. Bunda dapat mengikuti beberapa doa berikut ini. 

1. Doa untuk Keluarga Katolik Agar Diberi Keselamatan

Ya Allah, Bapa sekalian insan, Engkau telah menciptakan manusia dan menghimpun mereka menjadi satu keluarga, yakni keluargaMu sendiri. Engkau pun telah memberi kami keluarga teladan, yakni keluarga kudus Nazaret, yang anggota-anggotanya sangat takwa kepada-Mu dan penuh kasih satu sama lain. Terima kasih, Bapa, atas teladan yang indah ini.

“Semoga keluarga kami selalu Kau dorong untuk meneladan keluarga kudus Nazaret. Semoga keluarga kami tumbuh menjadi keluarga yang sejati yang dibangun atas dasar iman dan kasih: kasih akan Dikau dan kasih antar semua anggota keluarga. Ajarlah kami hidup menurut Injil, yaitu rukun, ramah, bijaksana, sederhana, saling menyayangi, saling menghormati, dan saling membantu dengan ikhlas hati. Hindarkanlah keluarga kami dari marabahaya dan malapetaka; sertailah kami dalam suka dan duka; tabahkanlah kami bila kami sekeluarga menghadapi masalah-masalah. Bantulah kami agar tetap bersatu padu dan sehati sejiwa; hindarkan kami dari perpecahan dan percekcokan.”

2. Doa untuk Keluarga Katolik Saat Mengucap Rasa Syukur

Dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Ya Bapa, izinkanlah kami beserta seluruh keluarga untuk bersyukur kepada-Mu, bersyukur atas karunia kasih-Mu melalui detakan nafas hidup kami, bersyukur atas rahmat dan berkat kesehatan, rahmat dan berkat dalam bentuk rezeki setiap hari sampai saat ini. Kami juga ingin bersyukur melalui segala ciptaan-Mu di dunia ini yang memberi kehidupan kepada kami, itu semua karena kemurahan hati-Mu kepada kami.”

“Kami juga mau bersyukur melalui segala ciptaan-Mu di dunia ini yang memberi kehidupan kepada kami. Biarkanlah rasa syukur kami melambung ke hadirat-Mu yang Mahakudus ya Tuhan, dan terimalah rasa syukur kami dari anak-Mu yang penuh debu dosa ini. Namun karena kerahiman-Mu, engkau tidak melihat dosa dan kesalahan kami. Hati-Mu berkobar karena menyaksikan seorang umatmu bertobat, engkau tidak memandang seberapa besar doa kami. Engkau akan melupakan dosa kami sekiranya hatiku bertaubat dan kembali kepada-Mu. Engkau mengasihi kami seperti anak domba yang tersesat, hati-Mu bersorak-sorai bersama para kudus-Mu di surga, karena salah seorang di antara kami kembali kepada-Mu. Ini semua ya Tuhan karena kasih-Mu dengan perantaraan Yesus Tuhan kami yang hidup dan berkuasa sepanjang masa. Amin.”

3. Doa untuk Keluarga Kristen Agar Selalu Diberkati

Dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Ya Bapa yang penuh kebaikan dan belas kasihan, kami menyerahkan keluarga kami dan semua yang ada pada kami kepada-Mu. Kami berkomitmen untuk cinta dan penyertaan-Mu. Sudilah Engkau mengisi rumah kami dengan berkat-Mu seperti Engkau mengisi Rumah Suci Nazaret dengan kasih sayang dan berkat-Mu yang melimpah. Bapa, jauhkanlah kami dari noda dosa. Izinkanlah kami untuk mengasihi Engkau. Ajari kami untuk meneladani Bunda Maria, Bunda yang paling pengasih, dan Yang Tak Bercela. Lindungilah keluarga kami dari segala kejahatan dan kemalangan. Berikan kami kekuatan untuk tidak menjauhkan diri dari kehendak ilahi-Mu, baik dalam suasana sedih maupun senang. Amin.”

Baca juga: 45 Inspirasi Nama Panjang Bayi Laki-Laki, Bunda Pasti Suka!

Nah Bunda, Itu tadi ketujuh doa Muslim dan Katolik untuk keselamatan keluarga serta agar keluarga Bunda selalu dilimpahkan rezeki. Jangan lupa berdoa hari ini, ya, Bunda! Ikuti terus artikel parenting lainnya hanya di laman Diary Bunda. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Doa untuk Keluarga Tercinta yang Mudah untuk Diikuti

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]