1. Kehamilan
  2. Kesehatan Bunda

9 Cemilan Ibu Hamil yang Aman, Sehat, dan Kaya Nutrisi

Dalam trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami craving jenis makanan tertentu alias ngidam, tak terkecuali ngidam camilan. Asupan nutrisi pada ibu hamil harus selalu diperhatikan demi terjaganya kesehatan ibu dan bayi dan dikandung. Oleh karena itu, memilih camilan pun tidak boleh asal, apalagi sembarangan. 

Terdapat berbagai macam pilihan cemilan ibu hamil yang beredar di pasaran. Hal ini tak jarang membuat para calon ibu bingung mengenai cemilan yang sehat untuk ibu hamil. Lantas, apa cemilan yang bagus untuk ibu hamil? Berikut informasinya. 

Rekomendasi Cemilan yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Bunda Times telah merangkum rekomendasi cemilan ibu hamil yang sehat dan aman dikonsumsi. Berikut adalah macam-macamnya. 

1. Yogurt

Cemilan Ibu Hamil Yogurt (Sumber: Pixabay)
Cemilan Ibu Hamil Yogurt (Sumber: Pixabay)

Rekomendasi cemilan ibu hamil yang pertama adalah yogurt. Yogurt adalah sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil dan diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi janin, serta bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan fungsi jantung, saraf, dan otot.

Yogurt yang sebaiknya dikonsumsi pun bukan yogurt-yogurt yang tinggi akan gula buatan. Greek yogurt adalah pilihan yang terbaik selain karena tidak menggunakan pemanis tambahan, juga memiliki kandungan probiotik luar biasa yang membantu meningkatkan kesehatan usus. 

2. Beri-Berian Kering

Cemilan ibu hamil beri-berian
Berbagai beri-berian (Sumber: Pixabay)

Cemilan ibu hamil yang bisa Bunda konsumsi salah satunya adalah beri-berian kering. Selain sebagai variasi cemilan sehari-hari, mengonsumsi buah-buahan kering dan kacang-kacangan selama kehamilan dapat mengurangi resiko si kecil terkena asma atau masalah pernapasan di kemudian hari. 

Dalam beberapa penelitian buah-buahan kering terbukti mengandung banyak vitamin E dan bermanfaat dalam proses perkembangan sel-sel paru-paru pada janin. Rekomendasi buah-buahan kering yang sehat dan baik untuk kehamilan salah satunya adalah beri-berian.

3. Biskuit Rendah Gula

Berbagai jenis biskuit rendah gula untuk ibu hamil
Berbagai jenis biskuit rendah gula untuk ibu hamil (Sumber: Pixabay)

Pada saat masa kehamilan, Bunda sebaiknya menghindari cemilan yang kaya akan gula, terutama gula buatan karena akan berdampak pada meningkatnya nafsu makan akan makanan yang kurang bernutrisi. Bunda bisa melakukannya secara bertahap, termasuk dengan mengganti cemilan favorit dengan versi rendah gula. Biskuit atau crackers rendah gula adalah salah satu pilihan yang bagus.

4. Kacang Almond

Kacang almon sebagai cemilan ibu hamil (Sumber: Pixabay)
Kacang almon sebagai cemilan ibu hamil (Sumber: Pixabay)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, konsumsi kacang-kacangan pada saat kehamilan dapat membantu mengurangi besarnya resiko terkena penyakit pernapasan bagi anak. Rekomendasi cemilan ibu hamil yang keempat adalah kacang almond. 

Almond aman dikonsumsi bagi ibu hamil yang tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan dan tidak akan memicu alergi pada si Kecil kelak. Jenis kacang-kacangan yang satu ini kaya akan serat, protein, dan kalsium yang bermanfaat baik untuk ibu dan janin yang dikandungnya.  

5. Telur Rebus

Telur rebus dengan matang yang sempurna sangat baik bagi Ibu hamil
Telur rebus dengan matang yang sempurna sangat baik bagi Ibu hamil (Sumber: Pixabay)

Bagi Bunda yang gemar mengkonsumsi telur setengah matang, hindari dahulu selama kehamilan berlangsung. Telur setengah matang dapat membawa organisme penyebab penyakit seperti bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan. Kehamilan membuat kondisi imun Bunda lebih rentan daripada biasanya. Akan sangat berbahaya jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak bakteri.

Salah satu cara untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada pada makanan adalah memasaknya hingga matang sempurna. Tak terkecuali telur. Bunda bisa merebus telur sampai putih dan kuningnya benar-benar matang. 

6. Granola Bars

Granola Bars
Granola Bars

Bunda yang memiliki banyak kesibukan dan tengah mencari cemilan ibu hamil yang sehat dan praktis bisa memilih jenis cemilan yang satu ini. Granola bars adalah on-the-go snack yang populer karena padat nutrisi. 

Granola juga tinggi serat dan membantu memperbaiki kondisi pencernaan serta sebagai pencegahan sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil. Tak hanya itu, granola juga akan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium, yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil. Mineral-mineral tersebut membantu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan imunitas, dan membantu pembentukan gigi pada janin.

7. Overnight Oats

Overnight Oats
Overnight Oats (Sumber: Pixabay)

Cemilan ibu hamil disarankan memiliki kandungan protein yang tinggi karena ibu hamil membutuhkan paling tidak 60 gram protein dalam sehari. Cemilan yang sehat untuk ibu hamil salah satu diantaranya adalah oatmeal. Oat adalah makanan yang sangat bagus untuk masa awal kehamilan. 

Oatmeal yang kaya akan kandungan seratnya dapat membantu mencegah sembelit dan wasir, dan bermanfaat pada perkembangan sistem kardiovaskular janin yang sehat. Bunda dapat mengkreasikan oatmeal menjadi overnights oatmeal agar cita rasanya lebih lezat dan tentunya lebih mengenyangkan.  

8. Popcorn

Popcorn
Popcorn (Sumber: Pixabay)

Saat menonton bioskop, cemilan yang bisa dinikmati adalah popcorn. Bagi Bunda yang akan menikmati waktu luang dengan menonton film, jangan khawatir, popcorn masih aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Popcorn mempunyai lebih banyak nutrisi daripada beberapa makanan ringan lainnya. Asalkan, Bunda tidak menambahkan topping yang dapat memperkaya rasa popcorn. Selain itu, popcorn juga mengandung zinc, serat, selenium, dan beberapa jenis protein yang bermanfaat bagi kesehatan Bunda dan janin.

9. Edamame

Edamame (Sumber: Pixabay)
Edamame (Sumber: Pixabay)

Rekomendasi cemilan ibu hamil yang aman dikonsumsi adalah edamame. Sejatinya Edamame merupakan kedelai yang belum benar-benar matang. Kedelai ini dipanen saat bijinya belum mencapai kematangan yang penuh. Edamame sangat populer di Jepang dan baru-baru ini menjadi makanan ringan bernutrisi yang populer di banyak negara, termasuk Indonesia.

Edamame aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Pilihlah produk edamame organik selama kehamilan. Meski penelitian tentang manfaat dari edamame masih berlangsung, edamame telah terbukti baik untuk kesehatan jantung, kesehatan tulang, perkembangan fungsi kognitif, dan memori visual pada bayi.

Inilah deretan cemilan ibu hamil yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Selamat mencoba cemilan tersebut ya, Bunda!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Cemilan Ibu Hamil yang Aman, Sehat, dan Kaya Nutrisi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]