1. Bayi

Ini 7 Cara Menurunkan Panas pada Bayi dengan Alami

Orangtua umumnya sudah punya tips mengatasi demam pada bayi, salah satunya dengan menggunakan obat pereda demam karena mudah didapatkan di apotik. Tetapi ingat ya Bunda, obat kimia memiliki beberapa efek samping dan harus menggunakan resep dokter. 

Jika gejalanya ringan, menurunkan panas pada bayi tidak melulu harus dengan obat lho, Bund. Lalu, bagaimana cara menurunkan panas pada bayi dengan alami? Berikut Bunda Times telah merangkum informasi tentang cara menurunkan panas pada bayi beserta penyebabnya. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Penyebab Panas pada Bayi

Panas pada Bayi (Sumber: Pexels)
Panas pada Bayi (Sumber: Pexels)

Sebelum mengetahui cara menurunkan panas pada bayi, ada baiknya Bunda tahu apa saja penyebab panas pada bayi. Penyebab panas pada bayi bisa jadi karena beberapa hal. Penting untuk diingat, bahwa demam itu sendiri bukanlah penyakit, namun mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan infeksi.

Nah, berikut rangkuman beberapa penyebab panas yang paling umum:

1. Infeksi Bakteri

Demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat menjadi infeksi yang jauh lebih serius. Infeksi bakteri umumnya terjadi infeksi di telinga dan tenggorokan, infeksi saluran kemih, pneumonia, atau meningitis yang memerlukan antibiotik untuk mencegah komplikasi kesehatan tambahan. Segera konsultasikan dengan dokter jika adik bayi mengalami gejala serius.

2. Infeksi Virus

Infeksi umum yang disebabkan oleh virus adalah flu dan cacar air.  Karena virus bukan termasuk golongan bakteri, obat golongan antibiotik tidak akan berpengaruh. Jadi penanganannya pun berbeda sesuai dengan resep dokter.

3. Imunisasi

Kalau buah hati baru melakukan vaksinasi dalam 24 jam terakhir, bisa jadi ia mengalami demam ringan. Tidak perlu khawatir karena hal ini lumrah, tetapi jika demam tidak turun selama 48 jam sejak vaksin, disarankan berkonsultasi dengan dokter.

4. Tumbuh Gigi

Bayi umumnya mengalami kenaikan suhu tubuh karena tumbuhnya gigi. Jika panas pada badan bayi mencapai temperatur 38 derajat celcius, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara menurunkan panas pada bayi supaya Bunda mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Memakai Pakaian Tebal

Pakaian tebal di suhu panas juga menyebabkan bayi tidak nyaman loh, Bunda. Pastikan bayi tidak dibungkus dengan selimut atau memakai pakaian tebal, yang bisa menyebabkan kenaikan suhu tubuh. Dan jangan lupa untuk memeriksa suhu ruangan yang nyaman, apakah terlalu panas atau dingin sehingga panas pada bayi bisa diatasi.

7 Cara Menurunkan Panas pada Bayi dengan Alami

Jika bayi masih bertingkah normal, masih bermain dan tidak terlihat lemas maupun rewel, maka bisa jadi demamnya masih ringan. Berikut ini beberapa cara menurunkan panas pada bayi secara tradisional dan alami yang dapat Bunda lakukan di rumah. Yuk, mari kita tengok Bunda!

1. Lap Badan Bayi dengan Handuk Basah

Lap Badan Bayi dengan Handuk Basah (Sumber: Pexels)
Lap Badan Bayi dengan Handuk Basah (Sumber: Pexels)

Cara menurunkan panas pada bayi yang pertama bisa Bunda coba dengan mengelap badan bayi. Bisa menggunakan waslap atau handuk yang diberi air hangat. Cara ini dapat membantu mendinginkan badan bayi untuk sementara waktu. Hindari mengelap atau memandikan anak dengan air dingin ya Bunda, karena air dingin semakin menaikkan suhu tubuhnya.

2. Menggunakan Pakaian Nyaman

Menggunakan Pakaian Nyaman (Sumber: Pexels)
Menggunakan Pakaian Nyaman (Sumber: Pexels)

Menggunakan pakaian yang nyaman dan ringan cukup penting sebagai cara menurunkan panas pada bayi. Seringkali beberapa Bunda menggunakan pakaian berlapis dan tebal pada bayi, padahal cara ini semakin menaikkan suhu tubuhnya. Satu lapis pakaian sudah cukup dan Bunda bisa menambahkan selimut jika terlihat menggigil kedinginan.

3. Banyak Minum Air

Bayar Minum Air (Sumber: Pexels)
Bayar Minum Air (Sumber: Pexels)

Ketika bayi demam, jagalah agar buah hati senantiasa terhidrasi dengan ASI, susu formula, dan air putih jika usianya sudah mencukupi. Bahkan jika diperlukan, Bunda dapat memberikan ASI, susu formula, atau air putih yang lebih banyak daripada biasanya sebagai cara menurunkan panas pada bayi yang efektif.

4. Angkat Kaki Bayi

Angkat Kaki Bayi (Sumber: Pexels)
Angkat Kaki Bayi (Sumber: Pexels)

Mengangkat kaki bayi terbukti sebagai cara menurunkan panas pada bayi yang efektif. Bunda bisa mencoba dengan meletakkan bayi yang berbaring telentang, dengan kaki sedikit ditinggikan untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya.

5. Pastikan Suhu Ruangan Terjaga

Pastikan Suhu Ruang Terjaga (Sumber: Pexels)
Pastikan Suhu Ruang Terjaga (Sumber: Pexels)

Pastikan ruangan bayi tetap pada suhu yang nyaman dan tidak terlalu panas, karena suhu ruangan yang dingin adalah salah cara menurunkan panas pada bayi. Selain itu, jangan membawa anak Bunda ke luar dan jagalah si kecil agar tetap berada di ruangan yang teduh.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup (Sumber: Pexels)
Istirahat yang Cukup (Sumber: Pexels)

Pastikan buah hati Bunda mendapatkan istirahat yang cukup di ruangan nyaman dan tenang. Buat ruangan dalam kondisi lampu yang mati atau redup, dan hindari membawa bayi demam keluar dari rumah. Istirahat yang cukup adalah hal penting, karena tidur adalah waktu terbaik bagi bayi untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

7. Jangan Menutupi Kepala Bayi

Jangan Menutupi Kepala Bayi (Sumber: Pexels)
Jangan Menutupi Kepala Bayi (Sumber: Pexels)

Topi yang dikenakan bayi mungkin menjadi penyebab si kecil kepanasan, karena panas tubuh disimpan di kepalanya. Melepas topi atau penutup kepala lainnya memungkinkan bayi untuk mendinginkan suhu tubuhnya, sehingga melepas topi adalah cara menurunkan panas pada bayi yang sederhana.

Itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan panas pada bayi. Tidak lupa, berikan juga kasih sayang dan pelukan hangat saat bayi demam, sehingga membantunya lebih tenang dan merasa terjaga. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: Ini 7 Cara Menurunkan Panas pada Bayi dengan Alami
  • 15 Agustus 2023

    Halo! Postingan blog ini tidak bisa ditulis dengan lebih baik lagi! Membaca tulisan ini mengingatkan saya pada teman sekamar saya sebelumnya! Dia terus-menerus membicarakan hal ini. Saya akan meneruskan postingan ini kepadanya. Saya yakin dia akan membacanya dengan baik. Terima kasih telah berbagi!

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]

Trending

Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]
Buat Bunda dan Ayah yang sudah fix calon anaknya nanti, berjenis kelamin perempuan dan masih mencari nama. Barangkali, Mikayla bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi, di Indonesia masih termasuk unik, karena belum banyak orang tua yang memberikan. Sudah tertarik dan berencana untuk menggunakannya, tapi masih bingung bagaimana cara merangkainya hingga menjadi susunan nama cantik, hingga terkandung […]
Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]