1. Kehamilan

8 Cara Ampuh Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda

Selama masa kehamilan, Bunda pasti akan mengalami mual dan muntah atau yang sering disebut sebagai morning sickness. Walau sebutannya morning, rasa mual dan muntah ini tak hanya terjadi di pagi hari, namun juga terjadi pada siang atau malam hari.

Morning sickness yang Bunda alami adalah hal yang normal dan tidak mempengaruhi kondisi janin. Namun jika disertai dengan muntah hebat hingga alami lemas (hyperemesis gravidarum), dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa menjadi masalah serius. Segera konsultasikan pada dokter jika Bunda mengalami hal ini. Untuk menghindari dan meringankan mual yang Bunda alami, Bunda Times dapat menjawab pertanyaan bagaimana cara menghilangkan mual saat hamil muda. 

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda

1. Makan dengan Porsi Sedikit

Cara menghilangkan mual saat hamil yang pertama adalah makan dengan porsi sedikit tapi sering dapat menghindarkan Bunda dari rasa mual. Cara ini lebih baik daripada makan berat 3 kali dengan porsi besar. Ketika gejala mual datang, Bunda pasti tidak ingin makan, apalagi sampai yang terlalu kenyang, namun perut yang kosong bisa memperparah mual yang Bunda alami.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat dan Protein

Berbagai makanan tinggi protein
Berbagai makanan tinggi protein dan karbohidrat (sumber: Pixabay)

Pilihlah makanan sehat yang tinggi karbohidrat serta kaya protein, rendah lemak, dan mudah dicerna, seperti roti gandum, nasi, cracker, kentang, pasta, kacang-kacangan, keju, telur, ikan, hingga daging. Hindari makanan yang berminyak, pedas, dan berlemak untuk mencegah timbulnya rasa mual.

3. Hirup Udara Segar Ketika Merasa Mual

menghirup udara segar agar menghilangkan mual
Menghirup udara segar agar menghilangkan mual (sumber: Pixabay)

Udara segar selain dapat menjernihkan pikiran dan membuat Bunda menjadi lebih relaks, juga dapat meminimalisir rasa mual. Cara menghilangkan mual saat hamil yang satu ini biasanya sangat ampuh untuk membuat mood membaik. 

Baik atau buruknya kualitas udara ternyata sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Cara menghilangkan mual saat hamil yang satu ini dapat Bunda lakukan dengan beraktivitas ringan seperti jalan kaki sebentar di pagi hari untuk mendapatkan udara yang bersih dan segar. 

4. Antisipasi Mual dengan Camilan

Untuk mencegah morning sickness di pagi hari, setelah bangun tidur, cobalah untuk duduk sejenak dan berdiri perlahan-lahan. Bunda juga bisa makan cemilan yang kering seperti roti panggang atau plain biskuit sebelum bangkit dari tempat tidur. Bunda bisa menyetok persediaan snack kering di samping tempat tidur pada malam hari, sehingga ketika tidak kesulitan ketika ngemil di pagi hari.

5. Minum Minuman yang Hangat

Mual dan muntah selama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga Bunda disarankan untuk minum banyak cairan. Minumlah air putih, air jahe murni atau teh jahe yang dapat menghangatkan tubuh. Jahe dikenal mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual, kembung, hingga nyeri menstruasi.

6. Menjaga Kebersihan Mulut Setelah Muntah

Cara menghilangkan mual pada saat hamil muda
Cara menghilangkan mual  saat hamil muda (sumber: Pexel)

Cara menghilangkan mual saat hamil selanjutnya adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Setelah muntah, asam yang keluar dari perut Bunda dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk menyikat gigi dan berkumur usai muntah guna menjaga kebersihan mulut. Selain itu, bau asam dari perut yang masih terasa di mulut bisa memicu Bunda alami mual kembali. 

Jika memungkinkan, Bunda bisa berkumur dengan segelas air yang dicampur dengan satu sendok teh baking soda, tips ini mampu bantu jaga kesehatan gigi Bunda.

7. Makan Cemilan Kesukaan

Cemilan bergizi untuk ibu hamil
Cemilan bergizi untuk ibu hamil (sumber: Pexel)

Selama hamil, wajar jika Bunda bawaannya sering merasa lapar dan ingin ngemil. Ada banyak cemilan yang bisa Bunda pilih seperti: smoothies buah dan sayur, yogurt, oats, salad buah, bubur kacang hijau, granola, coklat, snack gandum, biskuit plan, atau cookies bebas gula bisa jadi opsi makan untuk Bunda.

Memakan cemilan juga bisa mencegah Bunda mengalami mual dan muntah. Namun perlu diperhatikan untuk mencari cemilan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kondisi kehamilan Bunda, tidak berlebihan, dan selalu memastikan bahwa asupan gizi saat kehamilan telah terpenuhi dengan baik.

8. Hindari Pemicu Mual

Cara menghilangkan mual saat hamil muda yang terakhir adalah menghindari makanan atau bau pemicu mual. Hal ini sangat penting agar Bunda tetap merasa nyaman dan terhindar dari rasa tidak enak mual. Jauhkan makanan yang berbau, dan usahakan tetap mencium bau yang membuat relaks.

Baca juga: 13 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Bunda Ketahui!

Jika tips-tips di atas telah dilakukan untuk mencegah dan mengatasi morning sickness, namun mual dan muntah tersebut tak kunjung membaik atau justru menjadi lebih parah. Maka Bunda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan guna diberikan  pengobatan yang tepat. Semoga artikel cara menghilangkan mual saat hamil ini dapat membantu Bunda ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Cara Ampuh Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]