1. Bayi

Tak Perlu Panik! Ini 5 Cara Menghilangkan Cegukan Bayi

Cegukan memang umum dialami oleh setiap orang dari berbagai rentang usia. Tak terkecuali bagi bayi dan anak-anak. Cegukan apabila tidak kunjung reda memang akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagi bayi, cegukan juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan rewel.

Ketika si kecil mengalami cegukan, Bunda tak perlu panik terlebih dahulu. Ada beberapa cara alami tanpa perlu ke dokter untuk meredakan cegukan pada bayi. Inilah informasi tentang beberapa cara menghilangkan cegukan untuk bayi yang dapat Bunda lakukan beserta tindakan preventifnya. 

Apakah Cegukan Berbahaya Bagi Bayi?

cara menghilangkan cegukan untuk bayi
(Sumber: Pixabay)

Cegukan bukanlah tanda terjadinya sesuatu yang tidak normal pada bayi. Justru sebaliknya. terjadinya cegukan menandakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan otak serta sistem pernafasan pada bayi berjalan dengan normal. 

Sejatinya, baik orang dewasa, anak-anak, maupun bayi tidak bisa mengontrol alias mengendalikan cegukan mereka. Cegukan adalah refleks yang terjadi ketika diafragma tengah membuka dan mengalami spasme, yang kemudian menyebabkan pita suara menutup, menciptakan suara “hik!” yang khas itu. Hal ini biasa terjadi saat makan dan minum dengan tergesa-gesa. Bahkan, cegukan bisa timbul ketika tengah menghadapi peristiwa yang menimbulkan stres dan tekanan.

Cegukan normal terjadi pada bayi. Selain itu, bayi dapat mengalami cegukan selama beberapa kali dalam sehari. Biasanya, cegukan berlangsung selama 10 menit, bisa kurang atau lebih. Perlu Bunda amati apabila si Kecil nampak tidak terganggu dengan cegukan yang tengah terjadi, maka hal ini tidak perlu diambil pusing. Cegukan juga dapat berhenti dengan sendirinya. 

Bila cegukan sering terjadi dan membuat si Kecil tidak nyaman, cegukan bisa saja menjadi tanda dan disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, salah satunya seperti gastroesophageal reflux (GER). GER ini bisa terjadi ketika makanan belum dicerna secara menyeluruh dan diikuti asam lambung yang naik kembali melalui kerongkongan.  Saat cairan ini melewati diafragma, inilah yang dapat memicu spasme dan iritasi.

Cara Menghilangkan Cegukan Untuk Bayi

Tak perlu panik, inilah deretan cara menghilangkan cegukan untuk bayi yang mudah dilakukan. 

1. Tegakkan Bayi

cara menghilangkan cegukan untuk bayi
Tegakkan bayi ketika sedang menyusui (Sumber: Pixabay)

Posisi menyusui yang salah merupakan salah satu mengapa cegukan dapat timbul. Saat proses menyusui, pastikan area puting dan areola dapat masuk seluruhnya ke perut bayi, sehingga kemungkinan udara yang ikut masuk menjadi berkurang. 

Apabila cegukan terlanjur terjadi, Bunda dapat menegakkan bayi terlebih dahulu. Gendong si Kecil dengan posisi tegak untuk membantu meredakan cegukan. Ayun-ayunkan bayi sembari menggendong agar bayi menjadi rileks.

2. Beri Jeda Saat Menyusui si Kecil

cara menghilangkan cegukan untuk bayi
Ketika cegukan muncul, berikan jeda ketika sedang menyusui (Sumber: Pixabay)

Cara menghilangkan cegukan untuk bayi yang selanjutnya adalah dengan memberikan jeda sejenak kepada bayi saat menyusui. Dengan terus-menerus memberikan jeda, si Kecil menjadi tidak terburu-buru saat menelan.

Proses terburu-buru saat tengah menelan ASI memungkinkan otot diafragma untuk mengalami spasme alias menegang. Tak hanya itu, memberikan jeda juga bisa mampu mengurangi risiko bayi tersedak. 

3. Biarkan Bayi Sendawa

Posisi bayi yang pas ketika mereka cegukan (Sumber: Pixabay)

Beristirahat sejenak saat proses menyusui untuk menyendawakan bayi dapat membantu menghilangkan cegukan yang terjadi, karena bersendawa dapat menghilangkan kelebihan gas yang mungkin menjadi penyebab cegukan.  Bersendawa akan lebih mudah dilakukan saat si kecil dalam posisi tegak.

Cara mudah menyendawakan bayi adalah dengan memegangi kepala dan leher bayi di Kecil, lalu pastikan posisi perut dan punggungnya sejajar dan lurus (tidak menekuk), dan tepuk-tepuk punggungnya dengan perlahan. Sebenarnya, Bunda tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk menyendawakan bayi, beberapa menit saja sudah cukup.

4. Hangatkan si Kecil

cara menghilangkan cegukan untuk bayi adalah dengan menghangatkan bayi
Hangatkan bayi ketika mereka cegukan (Sumber: Pixabay)

Perubahan temperatur yang terjadi tiba-tiba saat proses pencernaan pada bayi juga termasuk pemicu terjadinya cegukan. Contohnya adalah ketika Bunda memberikan air dingin kemudian langsung memberikan bubur bayi yang notabene bertemperatur lebih hangat. Pemberian tanpa jeda inilah yang berakibat cegukan muncul.

Cara menghilangkan cegukan untuk bayi yang keempat adalah dengan menghangatkan si Kecil. Suhu sekitar yang hangat dapat membantu meredakan ketegangan atau spasme pada diafragma. Sederhananya, bunda dapat memeluk atau menyelimuti si kecil, serta mematikan AC untuk mencegah ruangan menjadi terlalu dingin.

5. Gosok Punggung si Kecil

Posisi memegang punggung bayi ketika mereka cegukan (Sumber: Pixabay)
Posisi memegang punggung bayi ketika mereka cegukan (Sumber: Pixabay)

Percaya tidak percaya, meski terlihat sepele, menggosok punggung si kecil termasuk cara menghilangkan cegukan untuk bayi. 

Bunda dapat mencoba menggosok punggung bayi dengan gerakan melingkar dan memberikan tepukan ringan untuk membantu melepaskan udara berlebih yang ada dan menghentikan cegukan. Bahkan jika diteruskan setelah cegukan reda, gerakan ini dapat menenangkan si kecil.

Pencegahan Cegukan Pada Bayi

Setelah mengetahui cara menghilangkan cegukan pada bayi, Bunda pasti sedikit bertanya-tanya. Apakah ada cara tertentu untuk mencegah terjadinya cegukan pada bayi? 

Cara-cara ini bisa dilakukan agar kedepannya bayi tidak sering cegukan. Bunda dapat menyusui si kecil saat belum benar-benar lapar agar si kecil tidak tergesa-gesa saat minum ASI. Bila si kecil telah berada pada tahap MPASI, berikan makanan dalam porsi yang kecil sehingga tidak kekenyangan dan menghindarkan bayi dari kemungkinan cegukan.

Selesailah informasi mengenai cara menghilangkan cegukan untuk bayi. Mudah dan aman dilakukan, kan, Bunda? Jangan lupa, bila cegukan sering terjadi dan tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tak Perlu Panik! Ini 5 Cara Menghilangkan Cegukan Bayi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Anak muntah dan mencret, yang umumnya dikenal sebagai muntah dan diare pada anak, merupakan masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh orangtua dan pengasuh. Meskipun gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, penting untuk segera mengatasinya guna memastikan kesehatan anak. Artikel ini akan memberikan wawasan mengenai penyebab, tindakan pencegahan, dan cara merawat anak yang mengalami anak […]

    Trending

    Ingin mengatur jadwal kegiatan harian anak di rumah tapi bingung bagaimana caranya? Sebetulnya, untuk membuat jadwal kegiatan harian anak di rumah, Bunda perlu menyesuaikan kondisi dan aktivitas si kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika si kecil masih belum bersekolah, Bunda bisa membuat jadwal hariannya dengan membagi waktu bermain permainan dan membantu pekerjaan rumah. Yuk, simak contoh […]
    Saat sedang menyusui bayi, Bunda mungkin pernah menemukan ASI berwarna kuning dan berminyak. Sebetulnya, apa penyebab ASI berwarna kuning dan berminyak? Apakah hal tersebut berbahaya? Supaya nggak penasaran, Bunda bisa menyimak penjelasan mengenai penyebab ASI berwarna kuning dan berminyak pada artikel Bunda Times kali ini! Kenapa ASI Berwarna Kuning dan Berminyak? ASI berwarna kuning dan […]
    Saat memasuki masa kehamilan, Bunda tentu akan merasakan berbagai perubahan pada tubuh, baik secara fisik maupun psikis. Salah satu perubahan yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah munculnya bintik-bintik di sekitar areola payudara. Sebenarnya, areola ada bintik apakah tanda hamil? Pada kesempatan kali ini, Bunda Times akan mengupas tuntas fakta mengenai kemunculan bintik-bintik pada areola […]
    Daun miana adalah daun yang memiliki kombinasi warna merah dan hijau. Namun, tak hanya terlihat indah tampilannya, ternyata ada berbagai manfaat daun miana bagi kesehatan cukup beragam. Daun miana sebenarnya sudah dikenal sebagai tanaman herbal dengan segudang khasiat sejak zaman dahulu. Namun, beberapa dari Bunda mungkin masih asing dengan nama daun ini. Pasalnya, di Indonesia […]