1. Kehamilan

Bagaimana Cara Hamil Bayi Kembar? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Memiliki bayi kembar merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak pasangan di dunia. Namun, cara hamil bayi kembar ini tentunya tak mudah dan perlu perawatan yang lebih ekstra. Banyak tips mendapatkan bayi kembar yang bisa Bunda lakukan bila memang menginginkan hamil bayi kembar.

Program untuk mendapatkan bayi kembar pun bisa dilakukan dengan cara alami maupun cara medis, lho. Bunda adalah salah satu yang menginginkan bayi kembar? Yuk, cari tahu berbagai tips hamil bayi kembar yang bisa langsung bunda terapkan. Jangan lupa dicatat!

Faktor Pendukung Hamil Bayi Kembar

Faktor Pendukung Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)
Faktor Pendukung Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)

Sebelum mengetahui bagaimana cara hamil bayi kembar, ketahui dulu beberapa faktor yang memungkinkan Bunda untuk bisa mengandung bayi kembar. Cek di bawah ini!

1. Postur Tubuh

Siapa sangka bahwa postur tubuh Bunda menjadi salah satu faktor pendukung untuk hamil bayi kembar. Beberapa penelitian menyatakan bahwa wanita dengan postur besar lebih berpeluang untuk hamil anak kembar. Wanita dengan postur besar diduga mampu menyerap nutrisi lebih banyak, sehingga hal ini akan mempengaruhi kesehatan organ reproduksi. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan terkait hal ini.

2. Usia Bunda

Tahukah Bunda bahwa semakin tua usia Bunda, maka semakin besar pula peluang untuk hamil anak kembar? Bunda yang mengandung di akhir usia 30 an berpeluang lebih besar untuk mengandung janin bayi kembar dikarenakan Bunda bisa jadi melepas lebih dari satu sel telur ketika masa ovulasi. Namun, Bunda juga perlu tahu bahwa hamil di usia sekian merupakan sesuatu yang berisiko, sehingga lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Riwayat Keturunan

Bunda yang memiliki riwayat keturunan yang memiliki anak kembar berpeluang sedikit lebih besar untuk mengandung bayi kembar. Adanya riwayat kembar di pihak Ibu lebih memungkinkan Bunda untuk memiliki anak kembar, dibanding riwayat kembar dari Ayah. Menurut sebuah penelitian, wanita yang kembar non-identik memiliki peluang sebesar 1:60 untuk melahirkan anak kembar.

Tips Cara Hamil Bayi Kembar

Tips Cara Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)
Tips Cara Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)

Sudah penasaran banget sama tips cara hamil bayi kembar, Bund? Yuk, intip bagaimana cara hamil bayi kembar dalam beberapa penjelasan berikut ini!

1. Mencari Tahu Riwayat Keturunan

Keturunan kembar identik laki-laki cenderung mendapatkan bayi kembar identik pula, dan mencari tahu riwayat keturunan merupakan salah satu tips mengandung bayi kembar identik. Gen kembar dari keluarga memungkinkan Bunda untuk berpeluang lebih besar mendapatkan bayi kembar. Namun, jika Bunda tak memiliki riwayat keturunan kembar, Bunda tentu masih bisa melakukan program hamil bayi kembar dengan usaha yang lebih ekstra.

2. Memperbanyak Konsumsi Asam Folat

Cara hamil bayi kembar yang selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena mampu meningkatkan hormon yang bisa membantu perkembangan sel telur supaya menjadi lebih sehat. Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat, antara lain: alpukat, brokoli, bayam, dan asparagus. 

3. Mengatur Berat Badan Bunda

Beberapa penelitian mengatakan bahwa wanita yang memiliki postur besar cenderung lebih mudah untuk mendapatkan keturunan bayi kembar. Maka dari itu, bila Bunda menginginkan keturunan kembar, Bunda dapat melakukan program menaikkan berat badan. Cara hamil bayi kembar yang satu ini terdengar tidak biasa, namun pada kenyataannya, wanita dengan postur besar memiliki potensi untuk melepaskan 2 sel telur pada masa ovulasi.

4. Melakukan Program Bayi Tabung

Cara hamil bayi kembar yang selanjutnya adalah menggunakan metode In Vitro Fertilization, atau bayi tabung. Pada umumnya, cara ini ditempuh oleh pasangan yang sama sekali tak memiliki garis keturunan kembar. Saat melakukan program ini, rahim Bunda akan ditanami dengan lebih dari satu embrio, sehingga memungkinkan Bunda untuk memperoleh keturunan kembar, dengan kemungkinan 1:5.

5. Mengatur Posisi Saat Berhubungan Badan

Bagi Bunda yang menginginkan anak kembar, mengatur posisi saat berhubungan badan itu ternyata cukup penting, lho. Siapa sangka bahwa beberapa posisi saat berhubungan badan mampu membantu Bunda menaikkan kemungkinan untuk mengandung anak kembar. Adapun beberapa posisi yang dimaksud adalah: standing position, side by side, doggy style, dan posisi misionaris. 

Anjuran Konsumsi Herbal untuk Hamil Bayi Kembar

Konsumsi Herbal untuk Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)
Konsumsi Herbal untuk Hamil Bayi Kembar (sumber: Pexels)

Setelah mengetahui bagaimana tips hamil bayi kembar, berikut ini adalah beberapa konsumsi herbal yang dianjurkan untuk Bunda, bila menginginkan anak kembar. Cek di bawah ini!

1. Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan yang disukai banyak wanita. Saat melakukan program hamil bayi kembar, hendaknya Bunda memperbanyak konsumsi ubi, sebab makanan yang satu ini dapat membantu menyuburkan area reproduksi. Bunda dapat mengonsumsi ubi dalam berbagai macam olahan, namun akan lebih baik jika Bunda mengonsumsinya dengan dikukus, kemudian dimakan bersama kulitnya. 

2. Singkong Thailand

Mengonsumsi singkong thailand mampu membantu Bunda dalam melakukan program hamil bayi kembar. Bukan tanpa alasan, singkong thailand memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesuburan, termasuk mengatur hormon-hormon dalam tubuh wanita. Fitoestrogen yang terkandung dalam singkong thailand ini memiliki banyak manfaat lain yang membantu menjaga kesehatan tubuh wanita.

3. Minyak Evening Primrose

Minyak Evening Primrose memang sudah terkenal sebagai peningkat kesuburan sejak berabad-abad yang lalu. Minyak yang satu ini mampu membuat lendir serviks menjadi lebih sehat dan mengalir di saluran reproduksi. Lendir serviks yang sehat mampu membuat sperma bertahan lebih lama di ovarium, sehingga hal ini mampu meningkatkan peluang kehamilan bagi Bunda.

Baca juga: 15 Cara Cepat Hamil Untuk Pasangan Baru, Bunda Wajib Tahu!

Itulah tadi beberapa tips mendapatkan bayi kembar yang bisa Bunda Times sajikan kali ini. Bila Bunda tertarik untuk melakukan program bayi kembar, maka Bunda harus melakukan setiap langkah dalam programnya dengan sungguh-sungguh. Selain itu, jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa pada Tuhan, sebagai bentuk ikhtiar supaya dapat diberikan keturunan kembar!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bagaimana Cara Hamil Bayi Kembar? Yuk, Cari Tahu di Sini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]