1. Balita & Anak

12 Aplikasi Belajar Mengaji Anak yang Menarik Bagi Si Kecil

Tahukah bunda, bahwa belajar mengaji untuk anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter anak? Namun, mengajarkan anak-anak untuk mengaji di usia dini tentu banyak tantangannya seperti anak yang cepat bosan, atau terlalu sulit untuk dimengerti. 

Seiring perkembangan teknologi, kini kegiatan belajar mengaji anak-anak semakin mudah untuk diakses dan diaplikasikan pada anak. Contohnya seperti aplikasi interaktif, dan lain sebagainya. Yuk, bunda, simak beberapa aplikasi belajar mengaji anak yang telah kami rangkum berikut ini.  

Membentuk Karakter Islami Anak dengan Belajar Mengaji

Bunda tentu menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Banyak sekali kegiatan yang bisa diasah oleh anak usia dini dalam membentuk karakter islami, salah satunya dengan belajar mengaji. 

Menanamkan nilai-nilai islami dengan mengaji merupakan salah satu cara paling menyenangkan dalam membentuk karakter anak. Kita dapat mengenalkan dasar-dasar huruf hijaiyah kepada anak dengan Iqro, hingga nanti mereka lancar dalam membaca al Quran dan mengamalkan isinya untuk bekal masa depan. 

Manfaat Belajar Mengaji Anak-Anak

Manfaat Belajar Mengaji (sumber: Pexels)
Manfaat Belajar Mengaji (sumber: Pexels)

Kira-kira, apa saja sih, manfaat belajar mengaji bagi anak usia din? Simak faktanya berikut ini. 

1. Melatih Kreativitas

Siapa bilang belajar mengaji menghambat kreativitas anak? Justru dengan belajar mengaji, anak-anak dapat mengembangkan kreativitasnya dengan membuat kaligrafi huruf hijaiyah, melantunkan tilawati, dan jenis kreativitas lainnya. 

2. Berpotensi Menghafal Al-Qur’an Sejak Dini

Jika seorang anak telah mengikuti kegiatan belajar mengaji sejak dini, maka anak tersebut berpotensi untuk menjadi penghafal al-Quran. Namun, hal tersebut juga harus didukung oleh lingkungan di sekitarnya agar kegiatan belajar mengaji lebih mendukung dan mengasyikkan. Dengan begitu, anak-anak akan lebih senang dalam belajar mengaji. 

3. Membentuk Anak di Lingkungan yang Baik

Selain kedua hal di atas, manfaat dari belajar mengaji tentu saja anak-anak akan berada di lingkungan yang baik. Seperti misalnya di Taman Pendidikan al-Quran (TPA). Dengan menanamkan nilai-nilai yang baik di lingkungan yang tepat, maka karakter anak akan menyesuaikan dengan lingkungan tersebut. 

12 Aplikasi Belajar Mengaji Anak yang Menyenangkan

Aplikasi Belajar Mengaji Anak (sumber: Pexels)
Aplikasi Belajar Mengaji Anak (sumber: Pexels)

Berikut ini adalah 12 aplikasi untuk belajar mengaji bagi anak bunda agar lebih menyenangkan. 

1. Moeslem Kids Puzzle

Aplikasi yang satu ini tentu akan diminati oleh anak-anak karena mengusung konsep belajar interaktif melalui game. Dengan mengenal huruf hijaiyah melalui game, anak bunda pasti akan lebih mudah memahami huruf hijaiyah. Selain mengajarkan anak untuk mengaji, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur game lainnya. 

2. Rumah Amalia

Aplikasi karya pengembang Yayasan Rumah Amalia ini bertema mengajak anak-anak untuk berlomba dalam kebaikan. Aplikasi Rumah Amalia dapat melatih anak-anak untuk melakukan kebiasaan baik seperti berdoa, dan hal-hal baik lainnya. 

3. Marbel Muslim Kids

Salah satu aplikasi belajar mengaji anak-anak yang paling populer adalah Marbel Muslim Kids. Selain sebagai media pembelajaran, aplikasi ini juga menghadirkan game interaktif dalam menunjang pembelajaran mengaji anak. 

4. Mengaji Bersama Sikembar

Aplikasi karya pengembang Tac Tic Tuc Studio ini dapat membantu anak-anak lebih enjoy dalam belajar ngaji karena dilengkapi dengan fitur game. Aplikasi ini cocok untuk dimainkan oleh anak usia balita yang tentunya harus dalam pengawasan orang tua, ya. 

5. Tajwid Petualangan

Agar belajar mengaji lebih afdol, jangan lupa ajak si buah hati untuk belajar tajwid. Aplikasi Tajwid Petualangan ini dapat membantu mereka memperdalam ilmu tajwid dalam al Quran. Didesain secara menyenangkan, aplikasi ini dijamin bikin anak bunda betah belajar tajwid. 

6. Game Edukasi Belajar Iqro’

Belajar Iqro sambil bermain game, kenapa tidak? Aplikasi ini cocok untuk anak-anak yang mudah bosan belajar Iqro. Aplikasi game ini didesain khusus agar menyenangkan dalam belajar Iqro. Selain dilengkapi dengan warna pada tiap huruf hijaiyah, aplikasi ini juga menyediakan fitur audio. 

7. Belajar Ngaji Yuk!

Aplikasi ini cocok untuk anak bunda yang telah siap untuk belajar membaca al Quran. Tidak lepas dari fitur menariknya, aplikasi ini masih kids friendly untuk menemani anak bunda belajar membaca al Quran. 

8. Belajar Iqro’ dengan Audio

Aplikasi belajar mengaji anak selanjutnya adalah “Belajar Iqro dengan Audio”. Ini dapat memudahkan si kecil belajar Iqro dengan bantuan audio atau suara. Dengan tambahan warna-warna yang menarik, pasti anak bunda tidak akan cepat bosan untuk belajar Iqro. Tertarik untuk mencoba? Bunda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store. 

9. Juz Amma untuk Anak

Salah satu aplikasi yang berbeda dari kebanyakan aplikasi yang telah disebutkan, aplikasi Juz Amma untuk Anak ini menyediakan kumpulan surat-surat al Quran juz 30 dengan desain yang ceria dan menyenangkan agar si kecil senang dalam menghafal surat-surat dalam Juz Amma. Tak hanya berupa bacaan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan murotal atau suara.  

10. Secil Hijaiyah, Belajar Hijaiyah + Suara

Agar lebih mudah memahami pelafalan huruf hijaiyah, Bunda dapat mengunduh aplikasi yang satu ini. Selain dilengkapi dengan huruf dan gambar yang menyenangkan, aplikasi ini memberikan efek suara dan video untuk pelafalan huruf. 

11. Iqro’ Digital Lengkap

Bunda tidak sempat pergi ke toko buku untuk membeli Iqro? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi bernama “Iqro Digital Lengkap” yang dapat diunduh lewat Google Play Store. 

Tidak jauh beda dengan Iqro pada umumnya, aplikasi ini juga menyajikan huruf hijaiyah lengkap dengan cara pelafalannya. 

Apabila telah menyelesaikan keenam Iqro, aplikasi ini juga menyediakan Juz Amma agar si kecil makin lancar dalam membaca al Quran.  

12. Belajar Menulis Huruf Hijaiyah

Aplikasi terakhir yang dapat bunda berikan kepada buah hati adalah “Belajar Menulis Huruf Hijaiyah” aplikasi ini cocok untuk anak usia 4-6 tahun, di mana mereka sedang aktif-aktifnya untuk belajar menulis. 

Baca juga: 7 Doa untuk Keluarga Tercinta yang Mudah untuk Diikuti

Aplikasi ini dapat membantu sang anak dalam menulis huruf hijaiyah yang tergolong susah. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan sang anak tidak hanya mampu menghafal huruf namun juga mampu menulis huruf hijaiyah.
Jadi, bunda bakal pilih aplikasi yang mana nih, untuk mengajarkan si kecil mengaji? Yuk, mulai ajari anak bunda mengaji sejak dini. Jangan lupa, ikuti terus artikel parenting lainnya hanya di laman Diary Bunda.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Aplikasi Belajar Mengaji Anak yang Menarik Bagi Si Kecil

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]