1. Bayi
  2. Parenting

Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Ya?

Bayi 5 bulan bisa apa ya? Pertanyaan ini mungkin sering Bunda pertanyakan agar dapat memantau perkembangan bayi. Di bulan kelima Bunda dapat membayangkan si kecil mengucapkan kata pertamanya. Bayi juga sudah bersiap untuk merangkak, sehingga Bunda harus selalu siap dengan setiap pergerakan baru si kecil. 

Dilansir panduan bulan-per-bulan WebMD menjabarkan beberapa pencapaian bayi yang bisa Bunda harapkan si kecil bisa capai di usia 5 bulannya. Berikut informasi lengkap perkembangan bayi 5 bulan bisa apa aja.

Mengintip Perkembangan Bayi Umur 5 Bulan Bisa Apa Aja, Ya?

1. Kemampuan Motorik Bayi Mulai Meningkat

bayi 5 bulan bisa apa
Perkembangan bayi umur 5 bulan (sumber: Pexel)

Jawaban pertama atas pertanyaan bayi 5 bulan bisa apa adalah bayi sudah bisa duduk dengan tegak. Ketika memasuki usia ini, biasanya bayi sudah dapat duduk tegak untuk rentang waktu yang lama meskipun belum stabil dan masih perlu dibantu dengan bantal atau penopang lain di kanan dan kirinya. Namun untuk beberapa detik si kecil juga bisa duduk sendiri tanpa bantuan penopang.

Beberapa anak di usia ini juga sudah mampu berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap, begitupun sebaliknya. Ketika si kecil berguling, Bunda mungkin melihat gerakan kakinya dan mengayun. Bayi juga mulai belajar untuk merangkak. Penting untung Bunda selalu memperhatikan area tempat si kecil berguling, pastikan Bunda tidak meletakkan bayi pada kasur atau tempat tinggi tanpa pengaman karena dapat membahayakan si kecil.

Peningkatan motorik lainnya yang bisa Bunda lihat di usia 5 bulannya adalah genggaman bayi menjadi lebih kuat. Si kecil sudah dapat menarik benda di sekitar tangannya dan memindahkannya dari tangan yang satu ke tangan yang lain. Si Kecil juga sudah mulai bisa memegang botol atau gelas minumnya sendiri, lho.

2. Bayi Mulai bersosialisasi

Bayi 5 bulan sudah mulai merangkak (sumber: Pexel)
Bayi 5 bulan sudah mulai merangkak (sumber: Pexel)

Ketika memasuki 5 bulan, bayi belum memahami kata-kata, namun si Kecil sudah mulai menengokkan kepala dan sadar jika mendengar suara Bunda atau orang yang sering mengasuhnya memanggil nama si kecil.

Ini jawaban menyenangkan dari pertanyaan bayi 5 bulan bisa apa yakni bayi juga menjadi lebih ekspresif. Ia akan mudah tersenyum, tertawa, menangis, menjerit, menirukan suara, dan bersuara dengan nada yang berbeda-beda sesuai dengan suasana hatinya, seperti rasa senang, puas, kecewa, atau sedih.

Bayi juga mudah tertawa ketika melihat sesuatu yang ia anggap lucu dan akan menangis jika berada di lingkungan atau orang baru yang belum ia kenal. Bunda hanya perlu membiasakan si kecil belajar mengenali lingkungan disekitarnya.

3. Kemampuan Bicara Bayi

Bayi yang sudah mulai aktif
Bayi yang sudah mulai aktif (sumber: Pexel)

Jika Bunda bertanya bayi 5 bulan bisa apa aja ya? Salah satu yang bisa dilakukan bayi usia 5 bulan adalah mengoceh. Biasanya bayi sudah mulai mengoceh ketika diajak bermain, mengucapkan “ba-ba”, “ma-ma” atau “da-da”. Namun agaknya Bunda masih harus bersabar lagi karena  ocehan ini belum memberi arti sebuah kata. Beberapa bulan kedepan, ocehan seperti  “ma-mas” atau “da-das”  akan ditujukan untuk Bunda.

Selain itu, si kecil juga mulai memahami suara-suara yang mereka sering dengar di sekitarnya, seperti bunyi mainan, suara motor dihidupkan, suara binatang peliharaan atau suara Televisi. 

Cara Mengasuh Bayi Umur 5 Bulan Agar Cepat Berkembang

bayi 5 bulan bisa apa aja
Memantau perkembangan bayi 5 bulan (sumber: Pexel)

Jika Bunda ingin melatih dan meningkatkan kemampuan bayi umur 5 bulan agar cepat berkembang berikut cara beserta tipsnya:

  • Bayi menyukai musik dan suara. Putar semua jenis lagu untuk si kecil, dari klasik hingga pop. Ia akan bertepuk tangan, tersenyum, bahkan mengoceh ketika diputarkan musik.
  • Bayi sudah dapat tidur dengan pulas di sepanjang malam. Jika memungkinkan, biasakan untuk meletakkan sii Kecil di tempat tidurnya dalam keadaan masih mengantuk, bukan saat sudah tertidur pulas, agar ia belajar menenangkan diri sendiri untuk tidur.
  • Berikan si kecil mainan sederhana dan berwarna-warni seperti balok lembut atau mainan kerincingan untuk dimainkan. Beri arahan ketika Bunda Menyerahkan setiap item kepada si kecil, misalnya ‘”Ini balok”, “Itu mainan” untuk mengajari si kecil kata-kata baru.
  • Berikan pengalaman baru pada si kecil, misalnya dengan mengajaknya bermain di halaman rumah. Ia akan senang memperhatikan benda-benda baru yang beraneka warna dan tempat-tempat yang baru dikunjungi.

Setiap bayi memiliki perkembangan yang unik dan berbeda-beda. Namun, indikator bayi ketika mencapai usia 5 bulan adalah berat tubuh yang telah mencapai dua kali lipat dari saat dilahirkan. Rata-rata pertumbuhan bayi setelah lahir adalah sekitar 0,5 kilogram untuk berat dan 2 sentimeter untuk panjangnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Salep Biang Keringat Bayi Di Apotik Terampuh

Nah itu tadi informasi mengenai bayi 5 bulan bisa apa aja. Semoga artikel ini bisa membantu Bunda untuk memantau perkembangan bayi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Ya?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Luqman, sebuah nama yang memancarkan aura kebijaksanaan dan kecerdasan. Berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam artikel ini, mari kita selami arti nama Luqman dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. Makna dan Asal Usul Nama Luqman (لُقْمَان) memiliki arti “bijaksana”, “cerdas”, atau “berakal budi”. Kata ini berakar dari kata “al-luqmān” (اللُّقْمَان) […]

    Trending

    Elshanum mungkin masih termasuk salah satu nama yang masih terhitung jarang dipakai. Bahkan saking jarangnya ketika kamu search pada  pencarian hampir tidak menemukan sosok terkenal yang bernama Elshanum. Justru kebanyakan terdapat pada nama usaha, seperti online shop, kost-kostan dan produk pakaian. Nah, berhubung masih jarang, bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk memberikan nama Elshanum […]
    Sekilas kelihatannya pemberian nama pada anak, hanya sekadar mencari dan lalu asal memakainya saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak mudah, lantaran dalam memberikan sebuah nama harus memperhatikan beberapa hal, seperti arti dan menyangkut harapan orang tua dimasa depannya kelak. Tapi, tenang sekarang ini tentu sudah banyak terdapat pilihan. Kali ini bakal membahas beberapa kombinasi dari […]